Gaya Hidup

Tidak Santai-santai Saja, Berikut Tugas Bridesmaids dan Groomsmen yang Sebenarnya

Apa yang kamu ketahui tentang bridesmaids? Zaman now, kehadiran bridesmaids menjadi suatu hal yang menjadi sorotan di acara pernikahan seseorang. Jadi, bukan hanya sepasang pengantin saja yang menjadi sorotan, bridesmaids pun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu yang diundang oleh Sang Tuan Rumah.

Sesuai dengan namanya, bridesmaids merupakan anggota dari para wanita cantik dan anggun yang mengenakan gaun dengan warna yang sama, namun terkadang modelnya berbeda-beda. Sebagian besar dari mereka merupakan sahabat sang pengantin wanita atau bisa saja merupakan saudara dari pengantin wanita.

Bridesmaids memang tampak cantik-cantik dan menarik, tapi jangan ngalah-ngalahin pengantinnya ya. Sebab, kalau ada bridesmaids yang berpenampilan lebih menarik daripada pengantin wanita, bisa-bisa orang ketuker mengira bridesmaids adalah pengantin wanita.

Terlepas dari hal itu, perlu diketahui pula bahwa persiapan bridesmaids susah-susah gampang lho. Karena mereka juga memerlukan waktu untuk merancang gaun yang akan mereka pakai di hari pernikahan sahabatnya ataupun saudaranya. Tak sembarangan seseorang merancang model gaunnya. Apalagi jika kain yang mereka punyai ukurannya sempit aias pas-pasan di badan. Maka perlu keahlian khusus untuk bisa membagi kain per bagian-bagian sisi gaunnya.

Namun, taukah kamu kalau pengiring pengantin pria juga ada? Ya, namanya groomsmen. Groomsmen juga tampil gagah yang sama-sama mengerti tentang sang pengantin, sama halnya dengan bridesmaids.

Selain mengurus gaun yang mereka (groomsmen dan bridesmaids) kenakan, beberapa tanggung jawab lain juga harus mereka kerjakan demi mendukung kelancaran acara pernikahan sahabat ataupun saudaranya, di antaranya:

Ikut menemani atau memberikan saran dan masukan kepada calon pengantin dalam membeli keperluan persiapan pernikahan.

Membantu memilih gaun pengantin wanita maupun pria.

Senantiasa menjadi pendengar yang baik saat calon pengantin curhat guna menenangkannya dalam menghadapi acara pernikahannya.

Meredam wedding drama seputar perdebatan antara keluarga calon pasangan pengantin, vendor pernikahan, hingga konflik lainnya.

Turut merencanakan dan membantu pada acara siraman dan midodareni.

Turut mendekorasi ruang / gedung resepsi.

Mengikuti latihan atau gladi bersih sebelum acara untuk mematangkan resepsi pernikahan di hari-H.

Menerima maupun menyambut tamu di hari-H.

Mengiringi pasangan pengantin berjalan menuju pelaminan atau altar pernikahan, misalnya dengan memegang gaun pengantin wanita yang amat panjang.

Senantiasa menjaga barang-barang berharga milik pengantin.

Memastikan pengantin untuk makan.

Mengoreksi make-up pengantin.

Senantiasa hadir di setiap runtutan acara pernikahan, dari awal hingga akhir.

Dengan penampilan menarik dan serasi satu sama lain, sebaiknya groomsmen dan bridesmaids senantiasa menebarkan senyum selama resepsi pernikahan berlangsung.

 

So, sebenarnya menjadi groomsmen dan bridesmaids itu tidak santai-santai saja ya… Kamu juga harus turun tangan untuk membantu menyukseskan acara pernikahan sahabatmu ataupun saudaramu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *