Wisata

22 Objek Wisata di Cirebon yang sangat Recommended untuk Dikunjungi

Cirebon merupakan daerah yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa, tepatnya di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Penduduk Jawa biasanya kebingungan jika mengingat Cirebon, termasuk ke dalam provinsi Jawa Barat atau Jawa Tengah. Pasalnya daerah ini terletak pada perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Ditambah, penduduk yang menetap di Cirebon adalah para pendatang yang berasal dari beraneka macam suku dan bangsa seperti Sunda, Jawa, Tionghoa dan Arab.

Tidak hanya terkenal dengan hasil lautnya saja, Cirebon juga sangat popular dengan objek wisatanya yang ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Objek wisatanya pun bermacam-macam, mulai dari objek wisata pesisir yang menampilkan keindahan alam laut di Cirebon hingga objek wisata religi yang menampilkan budaya dan peninggalan sejarah dari para wali yang menyebarkan agama di daerah ini. Hal inilah yang membuat Cirebon mendapat banyak sekali julukan, di antaranya kota udang, kota petis dan kota wali.

Saat ini, pemerintah Cirebon tengah membangun beberapa objek wisata baru sebagai upaya untuk mengembangkan industri pariwisata Cirebon agar semakin diminati oleh para wisatawan. Sehingga dengan banyaknya destinasi wisata Cirebon yang bisa dikunjungi, para wisatawan pun bisa lebih leluasa menghabiskan waktu liburannya di daerah ini.

Mari simak 22 objek wisata di Cirebon yang sangat recommended untuk dikunjungi, di antaranya:

1. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Foto oleh cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Masjid yang diberi nama “Agung Sang Cipta Rasa” ini terletak di Jalan. Jagasatu, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Masjid yang juga dikenal sebagai Masjid Agung Kesepuhan ini dibangun sekitar tahun 1480. Konon, perancang bangunan masjid ini adalah Sunan Kalijaga dibantu Raden Sepat, arsitek dari Kerajaan Majapahit.

Jika dilihat dari segi bangunannya, Masjid Agung Kesepuhan cocok dijuluki sebagai masjid tertua yang berada di kompleks Keraton Kasepuhan Kota Cirebon. Masjid ini juga sekaligus merupakan masjid tertua di tanah Jawa.

Bentuk bangunan masjid sangat kental dengan unsur Jawa. Hal ini tampak pada desain atap berbentuk limasan tanpa menara masjid. Di dalamnya terdapat 9 pintu yang terletak sebelum ruang utama yang memiliki makna filosofi atau simbol dari wali yang berjumlah 9 orang. Pintu tersebut dirancang cukup pendek. Sehingga pengunjung yang datang pun harus membungkuk ketika melewatinya. Sikap tersebut memiliki makna tersendiri yakni di manapun dan siapapun harus menghormati Masjid Agung ini sebagai rumah Allah.

2. Keraton Kacirebonan

Foto oleh nusantaranews.co

Keraton Kacirebonan termasuk wisata keraton bersejarah, karena dibangun oleh Sultan Cirebon I pada tahun 1800. Bangunan keraton ini memadukan unsur budaya tradisional, China, dan Belanda yang sangat harmonis.

Di dalam keraton ini tersimpan berbagai macam koleksi benda bersejarah yang cukup lengkap dan menarik untuk dipelajari oleh para wisatawan. Seperti keris, wayang kulit, peralatan perang, gamelan, dan masih banyak lagi benda pusaka lainnya.

Sampai saat ini, Keraton Kacirebonan identik dengan unsur kebudayaan yang masih lestari dan telah berlangsung sejak berabad-abad silam, misalnya Upacara Adat Pajang Jimat.

Keraton kesultanan Cirebon ini berlokasi di Jalan Pulasaren, Desa Pekalipan, Kecamatan Pulasaren, Cirebon.

3. Keraton Kasepuhan Cirebon

Foto oleh 4.bp.blogspot.com

Wisata keraton kesultanan ini berada di Cirebon adalah Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton ini dibangun sejak tahun 1529 oleh cicit Sunan Gunung Jati, Pangeran Mas Mohammad Arifin.

Awalnya keraton ini bernama Keraton Pakungwati, yang pada akhirnya mengalami perubahan setelah kesultanan Cirebon dibagi menjadi dua, yakni Keraton Kasepuhan dibawah kepemimpinan Pangeran Mertawijaya ( Sultan Sepuh Mohammad Syamsudin Mertawijaya).

Di dalam Keraton Kasepuhan Cirebon, pengunjung bisa mengenal berbagai benda kuno, seperti rebana peninggalan Sunan Kalijaga, gamelan Degung, lukisan antik Prabu Siliwangi, kereta kuda, meriam mini dan benda bersejarah lainnya.

Untuk bisa masuk ke karaton ini, wisatawan cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp 15.000. Lokasinya berada di Jalan Kasepuhan Nomor 43, Desa Kanoman, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

4. Keraton Kanoman Cirebon

Foto oleh amusingconfusing.files.wordpress.com

Keraton Kanoman dibangun pada tahun 1678 oleh Pangeran Muhammad Badridin (Sultan Anom I). Selain sebagai tempat wisata, hingga kini, keraton ini masih digunakan sebagai tempat tinggal Sultan XII yakni Raja Muhammad Emirusin. Lokasi Keraton Kanoman berada di Jalan Winaon, Kampung Kanoman, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon.

Beberapa benda peninggalan sejarah masih tersimpan dengan aman di dalam keraton ini, yang meliputi kereta kencana Paksi Naga Liman yang sangat bersejarah, kereta Jempana yang pernah ditumpangi oleh Sunan Gunung Jati, hingga benda-benda pusaka yang sudah berusia ratusan tahun lamanya.

Harga tiket masuk Keraton Kanoman Cirebon sebesar Rp 5.000 per orang.

5. Makam Sunan Gunung Jati

Foto oleh ganaislamika.com

Wisata Masjid dan Keraton di Cirebon ternyata dilengkapi pula dengan wisata ziarah ke makam Sunan Gunung Jati Cirebon. Makam Sunan ini merupakan salah satu penyebar agama Islam di Pulau Jawa yang tidak pernah sepi dari pengunjung, apalagi saat bulan Muharram.

Selain berziarah, pengunjung bisa menikmati keindahan arsitektur bangunannya yang unik yang merupakan perpaduan unsur Jawa, Arab dan China. Wisata Makam Sunan Gunung Jati terletak di Jalan Sunan Gunung Jati, Desa Gunung Jati, Kecamatan Astana, Cirebon.

6. Taman Sari Goa Sunyaragi

Foto oleh evventure.com

Taman Sari Goa Sunyaragi masih menjadi objek wisata yang romantis yang masih ngehits di kalangan para kaum muda. Sebab beredar sebuah mitos yang menyebutkan bahwa siapapun yang datang ke tempat ini akan mendapatkan jodohnya.

Objek wisata Cirebon ini berupa situs cagar alam dengan luas kurang lebih 15 hektare. Menurut penduduk sekitar, dulunya lokasi ini digunakan sebagai tempat untuk meditasi ataupun olah kanuragan bagi para pembesar kerajaan dan prajurit keraton.

Di dalam wisata taman ini sangat cocok digunakan sebagai tempat berfoto. Tak hanya flora dan fauna saja yang tinggal di dalam cagar alam ini, Taman Sari Goa Sunyaragi juga dihiasi dengan taman air dan pemandangan alam yang mempesona yang sangat recommended untuk dikunjungi saat berlibur di Cirebon.

Lokasi Taman Sari Goa Sunyaragi berada di Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

7. Taman Wisata Situ Patok (Siwalk)

Foto oleh 1.bp.blogspot.com

Wisatawan yang berkunjung ke Taman Wisata Siwalk akan menemukan latar belakang pemandangan alam khas Cirebon, yaitu Gunung Ciremai. Pemandangan di situ ini akan semakin menggoda jika dinikmati dari atas bukit. Untuk mencapai bukit tersebut, wisatawan bisa menyewa boat yang telah disediakan oleh pengelola wisata dengan tarif cukup terjangkau.

Taman wisata berupa situ ini memiliki luas kurang lebih 30 hektare. Di dalamnya juga tersedia beberapa fasilitas yang cukup lengkap layaknya wisata situ seperti camping ground, arena outbound, lapangan golf, villa, pondok wisata, kolam renang, dan waterboom. Lokasi wisata ini berada di Setu Patok, Setupatok, Mundu, Cirebon, Jawa Barat.

8. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Foto oleh cdn.idntimes.com

Belum puas rasanya ke Cirebon jika belum berkunjung ke Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. Objek wisata ini termasuk destinasi hits dan paling favorit dikunjungi oleh wisatawan karena menyuguhkan nuansa pesisir yang merupakan ikon Cirebon.

Luas wisata waterland ini sekitar 3 hektare. Berisi 3 kolam utama dengan kedalaman air berbeda. Ada juga fasilitas wisata lainnya seperti playground, restoran, serta dilengkapi dengan 40 cottage dengan pemandangan yang menawan yang semakin menambah daya tarik waterland ini.

Harga sewa cottage per harinya bisa mencapai Rp 1 juta hingga Rp 2,5 Juta. Adapun untuk fasilitas cottage see view, pengunjung cukup membayar dengan harga Rp 1,7 juta, sedangkan untuk fasilitas cottage kelas full view sedikit lebih mahal. Ada juga fasilitas cottage kelas family sebesar Rp 2,5 juta.

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani memiliki harga tiket masuk Rp 50.000 pada hari biasa, dan Rp 65.000 di akhir pekan atau hari libur. Destinasi ini terletak di Jalan Yos Sudarso Nomor 1, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

9. Jempol Waterboom Cirebon

Foto oleh 1.bp.blogspot.com

Jempol waterboom adalah taman rekreasi keluarga yang cukup favorit di kalangan masyarakat Cirebon dan sekitarnya. Pasalnya di dalam waterboom ini, wisatawan bisa menikmati serunya berenang dan bermain air bersama keluarganya. Fasilitasnya pun cukup lengkap, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 25.000. Jempol Waterboom Cirebon teletak di Jalan Merdeka Utara, Cileduk, Cirebon

10. Wahana Bermain Apita Waterboom

Foto oleh www.jejakpiknik.com

Melimpahnya air bersih di daerah Cirebon yang diselimuti dengan hawa sejuk pengunungan membuat Cirebon menyimpan cukup banyak wahana wisata waterboom seperti Apita Waterboom ini. Wisata waterboom sangat cocok dijadikan tempat wisata bersama keluarga. Khususnya keluarga yang memiliki anak-anak yang ingin mengisi waktu liburannya dengan bermain air di alam terbuka.

Di dalamnya terdapat dua buah wahana seluncuran dengan ketinggian 15 meter untuk dewasa dan dua buah seluncuran lainnya yang lebih rendah untuk anak-anak. Ada juga kolam arus yang bisa digunakan untuk anak-anak dan dewasa, serta kolam hujan yang mengeluarkan semburan air seperti hujan.

Wahana wisata ini tak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan, karena harga tiketnya sangat murah yakni berkisar Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Lokasinya berada di Jalan Kedawung, samping Hotel Apita, Cirebon, Jawa Barat. Dengan luas area mencapai 10.000 meter persegi.

11. Bukit Gronggong Cirebon

Foto oleh 4.bp.blogspot.com

Bukit Gronggong merupakan tempat wisata yang mengeksplore pemandangan perbukitan yang sangat eksotis untuk dinikmati. Wisata alam ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin melepas penat selama bekerja. Selain itu, banyak kaum muda-mudi yang berkunjung ke wisata perbukitan ini karena memiliki nuansa romantisme yang kental. Apalagi waktu malam hari, suasana perbukitan akan dihiasi oleh indahnya lampu kota yang berkerlip.

Jika pengunjung naik ke atas bukit, maka akan dimanjakan dengan landscape perbukitan yang begitu indah, asri, serta menyejukkan mata. Pengunjung tak perlu takut kelaparan, sebab di bukit ini sudah tersedia tempat makan outdoor yang menambah keromantisan dengan pasangan maupun keluarga Anda. wisata ini juga menyediakan tempat penginapan bagi siapa saja yang belum puas menikmati pemandangan Bukit Gronggong Cirebon. Lokasinya berada di Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat.

12. Telaga Remis Cirebon

Foto oleh www.jejakpiknik.com

Telaga Remis termasuk ke dalam kategori telaga cantik di Jawa Barat. Wisata telaga ini banyak diburu oleh anak muda Cirebon.

Nama telaga ini berasal dari kerang air tawar yang tumbuh cantik di area sekitar telaga yang menjadi pemnadangan utama. Letaknya di kaki gunung Ciremai menjadikan suasana telaga ini sangat sejuk dan cocok buat pengunjung yang ingin memanjakan diri di akhir pekan maupun liburan.

Lokasinya terletak di Desa Kaduela, Kuningan, Cirebon, Jawa Barat. Dengan harga tiket masuk yang sangat murah meriah sebesar Rp 2.000.

13. Telaga Nilam Cirebon

Foto oleh lh3.googleusercontent.com

Pemandangan Telaga Nilam juga tidak kalah indahnya dengan Telaga Remis. Jaraknya tidak jauh dari Telaga Remis, yakni sekitar 500 m.

Telaga Nilam memiliki luas wilayah yang sempit. Namun tetap memberikan kesejukan alami pegunungan. Kawasan sekitar telaga ini dikelilingi pohon besar yang sangat menyegarkan mata. Terdapat gazebo yang cukup luas yang bisa digunakan sebagai tempat peristirahatan usai berenang di telaga. Lokasinya di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Jawa Barat.

14. Plangon atau Taman Kera Cirebon

Foto oleh assets-a2.kompasiana.com

Plangon berarti tempat untuk menenangkan diri. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini memang pantas digunakan sebagai tempat untuk menenangkan diri oleh para pengunjung. Alasannya karena suasana alam yang sangat segar, dengan ditemani dengan kera liar yang bisa menjadi hiburan unik.

Selain itu, di wisata Taman Kera ini terdapat dua makam yang disakralkan oleh masyarakat sekitar, yaitu makam Pangeran Kejaksan dan makam Pangeran Panjunan. Hal inilah yang membuat lokasi makam selalu ramai dikunjungi oleh peziarah dari berbagai tempat tiap tanggal 2 Syawal. Lokasinya berada di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Cirebon.

15. Kampung Batik Trusmi

Foto oleh content.shopback.com

Tak hanya di Pekalongan dan Yogyakarta, Cirebon juga terkenal dengan motif batiknya yang sangat khas yakni batik mega mendung.

Kampung Batik Trusmi sangat identik dengan industri kerajinan batik. Dimana lebih dari tiga ribu orang bermata pencaharian sebagai pembuat dan penjual batik di kampung tersebut.

Kampung ini terletak di Desa Weru Lor, Kecamatan Weru, Cirebon. Pengunjung bisa dengan leluasa menikmati indahnya motif batik dan bisa membelinya sesuai dengan keinginan motifnya. Selain berbelanja, pengunjung bisa belajar membatik karena terdapat beberapa toko batik menyediakan fasilitas workshop membatik. Wisata kampung batik ini pantas pengunjung abadikan sebagai warisan budaya Indonesia yng sudah mendunia.

Awalnya, kemampuan membatik warga di kampung ini tidak terlepas dari peran salah satu murid Sunan Gunung Jati yang bernama Ki Gede Trusmi. Ki Gede Trusmi lah yang telah mengajari penduduk untuk membatik. Sehingga membuat kampung wisata ini dinamai Kampung Batik Trusmi.

16. Pantai Kejawanan

Foto oleh www.pantainesia.com

Pantai Kejawanan merupakan objek wisata terapi sekaligus merupakan Tempat Pengelolaan Ikan (TPI Kejawanan). Pantai Kejawanan menawarkan suasana pantai yang sangat indah apabila dinikmati saat senja dan fajar. Pemandangan alam di pantai ini sangat memukau dengan latar belakang Gunung Ciremai yang berdiri kokoh dan gagah.

Pantai Kejawanan terletak di Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Tidak jauh dari Cirebon Waterland.

Pengelola wisata telah menyediakan penyewaan perahu nelayan yang bisa pengunjung sewa untuk menikmati keindahan Pantai Kejawenan. Tarif sewanya pun cukup terjangkau.

17. Desa Wisata Cikalahang

Foto oleh www.pegipegi.com

Desa Cikalahang menyuguhkan pemandangan alam yang masih sangat asri dan hawa pegunungan yang sejuk karena terletak di kaki Gunung Ciremai. Di desa wisata initerdapat banyak sekali kolam pemancingan ikan dengan berbagai jenis ikan air tawar di dalamnya. Pengunjung bisa memancing sepuasnya dan membawa pulang hasil tangkapan. Selain itu hasil tangkapan juga bisa dinaikmati dengan dimasak di rumah makan di desa wisata ini.

Di samping menyejukkan, pengunjung pun akan kenyang jika berkunjung ke Desa Wisata Cikalahany. Desa wisata ini terletak di Desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat.

18. Wisata Kura-kura Belawa

Foto oleh www.daftar.co

Dengan berkunjung ke Wisata Kura-kura Belawa, pengunjung bisa berlibur sambil belajar mengenal satwa kura-kura. Karena wisata ini juga termasuk Pusat Observasi Kura-kura Belawa yang bernama Cikuya.

Cikuya hidup di air tawar pegunungan hingga usianya bisa mencapai 150 tahun. Cikuya memiliki cangkang selebar kurang lebih 1 meter dengan berat hingga 80 kg.

Di tempat wisata ini, pengunjung akan diajarkan untuk lebih mencintai alam, termasuk kura-kura Belawa yang merupakan satwa langka yang sudah hampir punah. Lokasinya terletak di Belawa, Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat.

19. Situ Sedong

Foto oleh media.travelingyuk.com

Situ Sedong berupa sebuah waduk peninggalan zaman kolonial Belanda. Situ Sedong dibangun pada tahun 1918, yang kemudian dimanfaatkan untuk sistem irigasi pada tahun 1921.

Di situ ini, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Gunung Ciremai sebagai latarnya yang sangat jelas dan memukau. Pengunjung juga bisa bersantai sambil mengayuh bebek air berkeliling danau, atau memancing ikan sambil menikmati keindahan alam Situ Sedong. Kawasan wisata situ ini berada di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

20. Banyu Panas Palimanan

Foto oleh www.jejakpiknik.com

Banyu Panas Palimanan merupakan wisata dengan sumber air panas alami yang mengalir di kolam yang dipercaya mampu melancarkan peredaran darah, mengatasi pegal-pegal, serta membunuh kuman dan bakteri Lingkungan kolam sangat asri sehingga sangat nyaman untuk terapi air hangat yang menyehatkan tubuh. usai terapi, pengunjung pun akan merasakan pikiran rileks dan tubuh kembali bugar.

Harga tiket masuknya sebesar Rp 7.000 per orang, sekaligus pengunjung sudah bisa berendam di air kolam yang hangat sepuasnya. Lokasinya berada di dalam wilayah pabrik semen PT Indocement Tunggal Prakarsa, Jalan Raya Cirebon, Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol, Cirebon.

21. Wisata Kuliner Nasi Jamblang Khas Cirebon

Foto oleh metaonline.id

Nasi Jamblang (Sego Jamblang) disajikan dengan daun jati untuk mempertahankan cita rasa agar tetap enak dan tahan lama. Daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meski disimpan dalam waktu yang lama.

Ukuran nasi ini sekitar satu genggaman tangan orang dewasa. Dengan lauk yang beraneka macam yang menambah kenikmatan nasi Jamblang.
Lauk yang disediakan meliputi sambal goreng ati, sate kentang, ikan asin, tahu sayur, semur hati, paru, semur daging, perkedel, telur sambal goreng, telur dadar, tahu tempe goreng, serta blakutak (masakan cumi yang disertai tintanya).

22. Wisata Kuliner Empal Genthong Khas Cirebon

Foto oleh bisnisbandung.com

Empal genthong merupakan salah satu santapan khas yang wajib dicoba saat ke Cirebon. Di Cirebon ini sangat banyak sekali rumah makan yang menjual empal genthong. Jadi Anda harus mengenal dengan baik rumah makan mana yang menyajikan empal genthong yang sangat lezat dan nikmat untuk disantap.

Empal genthong adalah olahan daging sapi yang menyerupai gulai. Uniknya, kuliner ini dimasak di dalam genthong besar yang terbuat dari tanah liat. Namun, seiring berkembangnya teknologi, saat ini tidak semua rumah makan empal genthong masih menggunakan genthong.

Empal genthong sendiri biasanya dijual dengan harga Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per porsi.

Jadi, itu adalah 22 objek wisata di Cirebon yang sangat recommended untuk dikunjungi bersama keluarga, sahabat, pasangan, maupun kolega. Para pengunjung pun akan puas dengan liburannya ke Kota Udang ini karena menyimpan banyak sekali nuansa liburan mulai dari keagamaan hingga yang berhubungan dengan kuliner.

Untuk melengkapi fasilitas berlibur selama di Cirebon ini, wisatawan bisa menggunakan jasa rental mobil di Cirebon yang aman dan terpercaya. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa memilih jenis mobil yang diinginkan yang bisa disesuaikan dengan kapasitas penumpang. Jenis mobil yang tersedia meliputi Toyota Avanza, Kijang Innova, dan Isuzu Elf.

Selain rental mobil, tersedia juga rental hiace di Cirebon yakni menggunakan Toyota Hiace. Wisatawan yang memanfaatkan jasa rental mobil dan hiace ini dapat membayar harga sewa yang sudah termasuk dengan supir yang berpengalaman dalam berwisata kuliner ataupun belanja di sekitar Cirebon, yang akan mengantarkan sesuai dengan lokasi yang dituju. Silakan hubungi ke nomor telepon 08156407913 atau 081298476511 untuk mempermudah dalam menyewa mobil atau hiace sesuai pilihan.

Selamat berlibur di Cirebon, dan semoga selamat sampai tujuan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *