Fashion

Mengenal Jaket Kulit Asli: Tozca Leather

Jaket kulit merupakan pakaian luar wanita maupun pria atau baju rangkap yang terbuat dari kulit binatang. Berbeda dari jaket-jaket yang lain, jaket kulit berbahan tebal karena terbuat dari kulit binatang asli. Kulit binatangnya berasal dari kulit (leather) sapi yang terbagi menjadi beberapa kategori bergantung dari tekstur dan kualitas. Namun kulit sapi ini cukup tahan lama, tahan terhadap air dan kotoran, mudah dalam perawatannya, harganya terjangkau, fungsional dan stylish. Bahan lainnya adalah kulit domba, yang memiliki tekstur sangat lembut, mewah, sedikit perawatan, wearable, dan cukup awet.

Bagian depan jaket memiliki bukaan dari bagian leher ke bawah. Alat yang digunakan untuk membuka dan menutup jaket kulit adalah resleting, kancing, atau sabuk. Sedangkan pada bagian belakang jaket tertutup rapat oleh bahan dari jaket kulit itu sendiri.

Jaket kulit tak hanya terbuat dari bahan kulit binatang yang diolah menjadi pakaian, namun di dalamnya juga terdapat kain halus sebagai pelapis. Tujuannya agar sang pemakai tidak gerah namun tetap hangat memakai jaket kulit tersebut. Jaket kulit selalu memiliki kerah yang bentuknya bermacam-macam, ada yang pendek, panjang, sedang, hingga ada yang menutupi semua bagian leher. Panjang lengannya juga bervariasi, ada yang pendek dan panjang hingga pergelangan tangan. Untuk panjang badan ada yang sampai pinggang dan ada pula yang sampai pinggul.

Uniknya, fashion terkait jenis jaket ini tak pernah tergerus oleh zaman dan cenderung bertahan. Biasanya yang berubah hanya model jaketnya saja yang mengikuti perkembangan fashion terkini. Model jaket cenderung sederhana dengan sedikit ornamen lebih berkualitas. Hanya saja, jaket ini memerlukan lembaran kulit binatang asli yang sangat lebar.

Sejarah Jaket Kulit

Sejarah jaket kulit berawal pada tahun 1900-an. Saat itu sedang berlangsung perang dunia kedua, jaket kulit pertama kali digunakan oleh penerbang dan anggota militer (awak pesawat bomber USA) sebagai pelindung yang sangat berharga untuk menghangatkan tubuh mereka.

Pemakai jaket kulit itu dikenal sebagai “jaket bomber”. Sebutan itu muncul karena jaket tersebut sering menjadi bagian dari sebuah ensemble seragam keseluruhan yang dimaksudkan untuk melindungi pilot bomber dari paparan kondisi iklim yang ekstrem yang terjadi pada suatu pada ketinggian tertentu saat sedang melakukan penerbangan. Bahkan jaket bomber tersebut belum dibentuk sebagaimana pakaian semestinya, mereka kadang-kadang memasukkan kulit domba yang masih mengandung bulu ke dalam jaket untuk menambah kehangatan. Kaum Bolshevik Rusia, Komisar serta anggota Cheka selama Perang Saudara Rusia juga mengenakan jaket ini sebagai pelindung.

Sementara itu, sumber lain menjelaskan bahwa pada zaman manusia purba, jaket kulit telah digunakan sebagai pelindung tubuh. Bahannya terbuat dari kulit binatang, namun untuk model jaketnya sendiri pasti belum se-fashionable seperti saat sekarang.

Fungsi Jaket Kulit

Fungsi jaket kulit sebagai pelindung tubuh dari cuaca dingin dan angin. Ketika pemakai mengenakan jaket ini pada musim dingin, akan terasa hangat. Namun ketika pemakai mengenakan jaket ini pada cuaca dan musim panas, jaket ini masih terasa sejuk di tubuh. Selain itu, jaket kulit sangat cocok dipakai oleh seseorang yang berada di daerah sejuk, dipakai oleh pengendara sepeda motor dengan jarak tempuh yang jauh, melindungi dari panas yang menyengat, melindungi suhu dingin saat bekerja di dalam ruang ber-AC, di pesawat dan di mobil, dan sangat cocok dipakai di acara kumpul-kumpul dengan teman ketika malam hari misalnya pentas seni.

Jika pada zaman dahulu jaket kulit hanya digunakan para pria, saat ini jaket ini juga digunakan oleh wanita. Fungsinya pun bergeser bukan hanya untuk penghangat atau pelindung tubuh. Melainkan sebagai kebutuhan fashion zaman now. Orang-orang tertentu terkadang menggunakan jaket kulit untuk aktifitas sehari-hari dengan model yang sangat bervariasi mulai dari gaya formal (jaz dan blazer) hingga kasual.

Ciri-ciri Jaket Kulit Asli

Ada beberapa cara untuk mengenali ciri-ciri jaket kulit asli, di antaranya:

  1. pola tekstur yang tidak pernah sama antara satu dengan yang lainnya;
  2. kulit sapi memiliki pori-pori yang lebih besar, lebih mencolok dan lebih terasa saat diraba, kulit domba memiliki pori yang lebih halus dan lembut saat diraba, sedangkan kulit kambing juga halus namun tak sehalus kulit domba;
Foto oleh 2.bp.blogspot.com
  1. beraroma bahan penyamakan seperti krom dan samak nabati;
  2. menggunakan aksesoris dengan kualitas tinggi, misalnya benang nilon yang mengkilap, resleting YKK original, furing jaket kulit asli dari Dormeuil England yang lembut dan halus;
  3. bergaransi 100 % kulit asli atau uang kembali dan garansi repair;
  4. jaket kulit asli lebih awet dari produk sintetis (imitasi), jika permukaan jaket mengelupas dan pecah-pecah dalam pemakaian wajar selama 3 bulan, maka sudah dapat dipastikan produk tersebut imitasi;
  5. lebih berat dibanding jaket kulit mitasi;
  6. ketebalan bahan jaket kulit biasa antara 0,6 mm – 0,7 mm, untuk jaket kulit motor dan jas/blazer sekitar 1 mm;
  7. memiliki kelenturan / elastisitas;
  8. terasa hangat ketika dipakai di cuaca dingin;
  9. terasa sejuk meski dipakai pada cuaca panas;
  10. bagian permukaan kulitnya berpori dengan pola tekstur yang tidak teratur;
  11. serat serabut menyerupai daging mengering;
  12. meskipun kulit domba lebih halus, namun tetap akan terasa sedikit kasar saat diraba karena adanya pori-pori tempat tumbuhnya rambut;
  13. terdapat kerutan di bagian sambungan, khususnya di area lengan;
  14. tahan dengan panas;
  15. permukaan kulit tidak akan mengelupas jika disulut api;
  16. bahan kulit asli akan menghasilkan debu di sisa pembakarannya bukan gumpalan plastik yang dibakar; dan
  17. harganya cukup mahal.

Cara Merawat Jaket Kulit

Cara merawat jaket kulit yang baik dan benar adalah yang tidak menyebabkan kerusakan permanen pada bagian kulitnya. Gunakan sikat yang bulunya lembut dan kain perca yang lembut untuk membersihkan permukaan jaket kulit. Gunakan juga pembersih kulit atau conditioner kulit yang bisa didapatkan di toko-toko jaket kulit terdekat. Adapun langkah-langkah untuk membersihkan jaket kulit adalah sebagai berikut:

  1. Sikat lembut seluruh permukaan jaket menggunakan sikat lembut, cara ini ditujukan untuk menghilangkan partikel kotoran yang besar yang menempel.
  2. Basahi kain perca dengan pembersih kulit atau kondisioner.
  3. Gosokkan ke permukaan jaket dengan gerakan melingkar kecil.
  4. Basahi kembali kain dengan kondisioner jika mulai terasa kering.
  5. Gosok permukaan jaket menggunakan kain perca yang masih bersih dengan gerakan kecil melingkar. Mulailah pada area yang pertama kali dibersihkan terlebih dahulu, dan selesaikan dengan bagian yang sama saat sudah selesai memberi kondisioner.
  6. Poles gesper logam yang menempel pada jaket dengan menggunakan kain yang lainnya lagi untuk membersihkan logam agar tidak kering dan berkarat.
  7. Gantungkan jaket pada gantungan yang empuk.
  8. Setelah mengering, masukkan ke dalam tas pakaian berbahan kain yang memiliki pori-pori agar ada sirkulasi udara.
  9. Gantung jaket yang telah dibungkus ke dalam lemari dengan temperatur yang terjaga.
  10. Hindari tempat penyimpanan jaket kulit di dalam plastik karena bisa menjadi lembab dan menyebabkan jaket berjamur.

Model Jaket Kulit Tozca Leather

Tozca Leather merupakan produsen jaket kulit asli asal Garut yang menyediakan beraneka macam pilihan model yang bisa customer pilih. Tozca Leather berdiri sejak tahun 2013, dan terletak di Sukaregang, Garut, Jawa Barat. Dengan ALPHA SUDIRMAN selaku ownernya. Brand Tozca Leather berasal dari nama saudara kandungnya, sementara leather berarti kulit binatang. Jaket jenis ini mulai di perkenalkan ke seluruh Indonesia hingga negara-negara tetangga melalui promosi penjualan online shop.

Dengan motto menjadikan dunia fashion jaket kulit asli terus berkembang dari masa kini ke masa yang akan datang, Tozca Leather merancang berbegai macam model jaket kulit di antaranya:

  • Jaket Kulit Bikers Motor
Foto oleh tozcaleather.id
  • Jaket Kulit Bomber
Foto oleh tozcaleather.id
  • Jaket Kulit Hoodie
Foto oleh tozcaleather.id
  • Jaket Kulit Jas Blazer
Foto oleh tozcaleather.id
  • Jaket Kulit Pria
Foto oleh tozcaleather.id
  • Jaket Kulit Rock n Roll
Foto oleh tozcaleather.id
  • Jaket Kulit Safari
Foto oleh tozcaleather.id

Dari ketujuh model tersebut, customer bisa memilih sesuai dengan kebutuhannya. Di mana harga jaket kulit dipatok mulai dari satu juta rupiah ke atas.

Kenali berbagai macam model jaket kulit asli mulai dari bentuk dan tekstur bahannya. Jangan sampai pelanggan salah membeli jaket kulit dan justru terjebak pada jaket kulit imitasi. Jaket ini sangat fungsional yakni bisa dipakai pada cuaca apa saja. Pemakai pun tak akan gerah jika memakai jaket kulit asli pada musim panas, dan tetap hangat ketika dipakai pada cuaca dingin. Di samping itu, pemilik jaket kulit harus mengetahui cara merawat jaketnya sesuai dengan prosedur perawatan jaket kulit asli yang baik dan benar. Agar jaket bisa awet dan tahan lama selama bertahun-tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *