Properti

Pemasangan Roller Blind yang Praktis dan Indah untuk Interior Ruangan

Roller Blind merupakan tirai yang terpasang secara permanen di jendela ruangan, yang bahan dasarnya berasal dari kain seperti tirai-tirai pada umumnya, panel kayu ataupun alumunium. Namun roller blind memiliki keistimewaan tersendiri pada sistem atau cara kerjanya yang membedakan tirai lainnya, yakni Chain System, Spring System, dan Chain Self Release Victory.

Tiga sistem tersebut memiliki perbedaan pada mekanisme menaikkan dan menurunkan tirai. Chain System merupakan sistem yang bekerja secara manual, di mana tirai dibuka dan ditutup dengan cara menggerakkan rantai pada sisi roller blind. Spring System merupakan sistem yang menggunakan tali pengatur tirai untuk menaikkan tirai, sehingga tirai akan bergerak naik secara otomatis. Sedangkan Chain Self Release Victory merupakan sistem yang bekerja secara otomatis untuk menurunkan / menaikkan tirai dengan menggunakan rantai.

Dari ketiga sistem tersebut membuat roller blind berguna sebagai penutup jendela yang melindungi ruangan dari intensitas cahaya matahari yang berlebih dengan cara yang sangat praktis. Sebab jendela didesain untuk sarana keluar masuknya udara dan masuknya cahaya dari lingkungan luar. Untuk itu, tak ada waktu banyak untuk membuat ruangan selalu nyaman dengan mengatur penutup jendela ruangan.

Foto oleh vyboroved.ru

Selain untuk melindungi rumah dari paparan cahaya berlebih yang masuk melalui jendela, roller blind juga memiliki sejumlah fungsi seperti:

  • menjaga privasi penghuni bangunan, baik rumah maupun kantor,
  • sebagai bagian penting untuk interior ruangan,
  • untuk mmepercantik tampilan ruangan, dan
  • mengurangi udara panas dari luar bangunan.

Roller blind baik digunakan pada jendela kaca di rumah, kantor, apartemen, hingga bangunan-bangunan lainnya. Model roller blind secara umum ada dua, yaitu:

1. Model roller blind horizontal

Foto oleh media.rooang.com

Model roller blind horizontal digunakan dengan menarik tali atau rantai ke arah samping maupun arah vertikal. Bentuk bukaan tirainya bisa dibuka dan ditutup secara horizontal (mendatar). Horizontal blind ini cocok digunakan pada ruangan yang luas, misalnya ruang keluarga dan ruang santai.

2. Model roller blind vertikal

Foto oleh pagarbesi.com

Model roller blind vertikal cocok digunakan pada ruangan yang sempit, misalnya untuk kamar, ruang tamu, maupun jendela ventilasi. Bentuk bukaan tirainya dapat dibuka dan ditutup secara vertikal (tegak).

Di samping itu, ada pula jenis roller blind berdasarkan fungsinya untuk menghalangi cahaya yang masuk ke dalam ruangan terbagi menjadi 3, di antaranya sunscreen yang terbuat dari bahan tembus pandang, blackout untuk menghalangi cahaya secara total yang masuk ke ruangan dan tidak tembus pandang, dan translucent terbuat dari bahan yang transparan dengan sedikit cahaya yang masuk ke ruangan.

Roller blind banyak diminati oleh perancang ruangan maupun pemilik bangunan karena desainnya yang sangat praktis. Apabila Anda tertarik untuk memasang roller blind di rumah maupun kantor Anda, segera catat ukuran jendela ruangan untuk memastikan ukuran roller blind yang sesuai dan pas dengan lebar jendela, tidak kurang dan tidak lebih.

Foto oleh idezz.ru

Anda bisa memilih roller blind berdasarkan model, jenis, warna bahkan hingga cara kerjanya sesuai dengan jendela ruangan yang akan dipasangi roller blind. Motifnya pun sangat beragam, yang bisa Anda sesuaikan dengan motif bantal sofa ataupun aksesori ruangan lainnya. Untuk harga jualnya cukup terjangkau yang disesuaikan dengan ukuran dan desainnya. Jadi, roller blind ini memang menjadi alternatif yang tepat untuk memilih penutup jendela yang praktis dan dengan perawatan yang ringan. Segera kunjungi tempat jual roller blind di kota Anda untuk memberikan kesan manis pada interior rumah Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *