Bisnis

6 Jenis Software Unggulan yang Dibutuhkan untuk Mengembangkan Bisnis Perusahaan

Software merupakan sebuah perangkat lunak dalam sistem komputer yang dapat menunjang pekerjaan dengan mudah dan efektif. Saat ini software tak hanya digunakan untuk mengerjakan sesuatu di komputer saja, namun juga membantu menjalankan bisnis perusahaan dalam skala besar, menengah, maupun kecil. Software yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk membantu mengembangkan dan meningkatkan produktivitas bisnis yang sedang digelutinya tersebut disebut sebagai software bisnis.

Dalam bisnis berskala besar, software yang digunakan lebih disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dengan sistem software telah terdistribusi. Dalam bisnis berskala menengah, perusahaan menggunakan software yang tidak sekompleks berbisnis skala besar, seperti software CRM (Customer Relationship Management), software backoffice, software payroll, dan software human resource. Sedangkan bisnis berskala kecil, perusahaan biasanya menggunakan software akuntansi dan software pengolah data (invoice) yang tidak sekompleks berbisnis skala menengah.

Berikut 6 jenis software unggulan yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis perusahaan yang harus Anda ketahui, di antaranya:

Software Jaringan Data

Software jaringan data merupakan salah satu jenis software yang paling sering digunakan. Software ini bisa diakses di perangkat apapun seperti pc dan hp, dan bisa diakses di manapun selama jangkauan akses jaringan data tersebut masih terjangkau. Software jaringan data lebih difungsikan untuk membuat jaringan akses antara perusahaan dengan para karyawannya agar dapat saling mengedit atau mengubah data satu sama lain secara bebas tanpa batasan ruang dan waktu. Hal inilah yang membuat kinerja perusahaan selalu terkontrol berkat adanya software jaringan data, sehingga bisnis perusahaan akan lebih mudah untuk dikembangkan.

Software Jaringan Komunikasi

Selain memerlukan software jaringan data, perusahaan yang mengembangkan bisnis juga membutuhkan software jaringan komunikasi karena komunikasi merupakan hal yang penting yang harus dibangun dengan baik di dalam perusahaan. Software jaringan komunikasi ini menghubungkan komunikasi antar perusahaan dengan perusahaan yang lain, dan antara perusahaan dengan karyawannya. Dengan adanya software jaringan komunikasi, maka proses komunikasi dan jalinan informasi pun akan lebih mudah tanpa adanya halangan (jarak dan waktu). Software ini sangat berguna bagi seseorang yang bekerja secara freelance di suatu perusahaan. Fungsinya adalah untuk mengorganisir tugas, melakukan beberapa pencatatan penting dari para karyawan secara virtual, hingga menyelenggarakan pertemuan rapat secara online.

Software Pengatur Jadwal

Software pengatur jadwal merupakan software yang berhubungan dengan pengaturan jadwal perusahaan maupun karyawan dalam sehari yang disusun secara teratur. Fungsinya untuk menjamin pebisnis melakukan pekerjaannya secara tepat waktu. Biasanya di dalam software ini, pebisnis akan dipandu oleh asisten virtual dalam mengelola jadwal harian, mengorganisir setiap pekerjaan yang sudah selesai dengan baik, serta mengingtakan beberapa jadwal ke depannya.

Software Akuntansi

Perusahaan bisnis pasti memerlukan perangkat lunak (software) akuntansi. Software akuntansi merupakan software yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan suatu perusahaan yang efektif, cepat, akurat, tepat waktu dan efisien. Laporan keuangan pun bisa dengan mudah Anda kelola, yang meliputi pengelolaan utang dan piutang, membuat dan mengirim invoice atau pengolah data, pengelolaan gaji tenaga kerja, mengelola kas, membuat pajak perusahaan, dan sebagainya. Hanya dengan menginput seluruh transaksi bisnis, maka jurnal akan membantu Anda memperbarui laporan keuangan secara instan dan realtime. Sehingga tidak mengganggu waktu Anda dalam mengembangkan bisnis.

Software Stok Barang

Software stok barang merupakan software yang digunakan untuk mempermudah pihak perusahaan mengetahui jumlah barang yang masuk dan keluar dan sisa stok barang yang masih tersimpan di dalam gudang. Software ini membuat perusahaan terhindar dari kesalahan pencatatan stok yang menyebabkan kekurangan maupun kelebihan stok suatu barang. Fitur-fitur yang tersedia dalam software ini meliputi input data stok, hapus data, edit data stok, dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang berhubungan dengan stok barang. Dengan begitu, Anda bisa memonitor stok barang di perusahaan kapanpun dan di manapun tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda.

Software Penjualan

Software penjualan merupakan satu-satunya perangkat lunak untuk bisnis perusahaan yang memudahkan dalam pencatatan data penjualan. Software ini banyak digunakan di pada bisnis retail di mana pimpinan  bisa melihat stok barang secara realtime, serta melihat laporan penjualan secara mudah mulai dari laporan harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Demikian pembahasan mengenai 6 jenis software unggulan yang dibutuhkan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan adanya software-software tersebut, diharapkan perusahaan dapat memaksimalkan pengembangan bisnis yang sedang digelutinya tanpa adanya hambatan. Karena bagian penjualan, pembelian, persediaan, akuntansi, hingga jaringan komunikasi telah terintegrasi dalam software yang terpasang di perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *