Gaya Hidup

Tips Memilih Rumah Kontrakan atau Kost di Kota Besar

Rumah kontrakan atau kost merupakan tempat tinggal atau hunian sementara yang digunakan sebagai tempat istirahat untuk melepas lelah yang jauh dari tempat tinggal (rumah) aslinya. Saat Anda harus hidup di kota-kota besar seperti di Jakarta, pasti Anda langsung berpikir mengenai tempat tinggal atau sewa rumah di sana. Pasalnya untuk menjadi tempat tinggal di kota seperti Jakarta tidaklah mudah. Banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan untuk mendapatkan hunian yang nyaman dan aman meski itu bukan milik Anda sendiri. Itu semua demi kelangsungan hidup Anda agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan selama hidup di kota besar.

Foto oleh paramount-land.com

Sebelum menentukan pilihan rumah kontrakan maupun kost, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan, seperti:

  1. Teliti isi rumah secara keseluruhan

Anda harus meneliti isi rumah secara keseluruhan dengan memperhatikan jumlah kamar, kamar mandi, instalasi listrik, instalasi air, dan lain-lain. Semua fasilitas tersebut apakah sudah sesuai dengan kebutuhan Anda atau belum. Jika Anda akan tinggal dengan keluarga, hal ini sangat penting Anda perhatikan. Kemudian sesuaikan pula isi rumah jika ada keluarga Anda yang ingin menjenguk. Selain itu, perhatikan juga fasilitas rumah yang membahayakan dan mintalah untuk dilakukan perbaikan seperti kusen yang rapuh, lantai yang pecah-pecah, instalasi listrik yang terbuka, cat rumah yang kusam, dan lain-lain.

Foto oleh simpledesigninterior.files.wordpress.com
  1. Survei lingkungan sekitar rumah

Survei ini dilakukan dengan melihat kondisi sekitar rumah yang akan Anda kontrak atau kost seperti bebas dari banjir, aman dari kejahatan (perampokan dan pencurian) atau kemanan terjamin, dan usahakan dekat dengan pihak kepolisian atau satpam.

  1. Lokasi strategis

Siapa yang tidak ingin tempat kontrakannya dekat dengan tempat-tempat yang penting yang akan dan harus dikunjunginya seperti tempat kerja, pasar, mall, mini market, klinik atau rumah sakit, jalur angkutan umum, bank, atm, sekolah anak-anak, dan berbagai tempat lainnya. Anda pasti menginginkannya bukan? Untuk itu, segera ketahui beberapa tempat di sekitar kontrakan yang akan Anda huni dengan bantuan Google Maps misalnya. Dengan begitu, Anda pun bisa mendapatkan lokasi kontrakan yang strategis.

  1. Mintalah kontak sewa rumah

Kontak sewa rumah ini sangat diperlukan apabila Anda ingin menanyakan atau membicarakan tentang hak dan kewajiban kedua belah pihak (penyewa dan pemilik kontrakan), kepastian harga sewa, jangka waktu sewa, penanggung jawab bila terjadi kerusakan, pengembalian uang sewa secara proporsional apabila terjadi masalah dengan rumah, dan sebagainya. Sehingga Anda bisa menempati rumah atau kosan dengan aman dan nyaman hingga masa kontrak / sewa berakhir.

  1. Pertimbangan harga

Sesuaikan harga mengontrak rumah atau kost dengan budget yang akan Anda keluarkan. Jangan sampai rumah yang Anda pilih malah memberatkan diri Anda sendiri, karena itu bukan rumah yang akan Anda huni selama Anda hidup. Dengan mematok budget standar, maka Anda pun bisa sambil menabung untuk masa depan rumah milik Anda sendiri. Anda juga bisa mensurvei terlebih dahulu harga normal untuk mengontrak rumah dan kost di kota-kota besar.

Foto oleh 1.bp.blogspot.com

Setelah beberapa tips tersebut Anda ketahui, dan Anda pun mantap dengan pilihan rumah sewa maupun rumah kost. Jangan lupa untuk mengenal dan bersosialisasi dengan tetangga terdekat di kontrakan Anda. Agar jika suatu saat nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada diri Anda, Anda pun bisa meminta bantuan kepada mereka tanpa merasa segan. Semoga beberapa tips tersebut bisa bermanfaat bagi Anda sehingga akan memberikan rasa aman dan nyaman tinggal di rumah kontrakan atau kost seperti tinggal di rumah sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *