Bisnis

Tips-tips Investasi Online bagi Pemula agar Tidak Salah Langkah

Investasi online berasal dari kata investasi dan online. Investasi merupakan suatu istilah yang berhubungan dengan keuangan, ekonomi, maupun bisnis, dengan cara penanaman modal dengan harapan mendapat keuntungan atau profit di masa depan. Sementara online merupakan suatu istilah ketika Anda terhubung dengan internet atau dunia maya. Dari arti kedua kata tersebut, maka pengertian investasi online adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi dengan harapan dapat memberikan profit di masa depan dengan berbasis (bantuan) internet.

Pelakunya sendiri melibatkan banyak pihak, mulai dari perseorangan, kelompok, lembaga hingga perusahaan. Banyak sekali strategi pemasaran untuk investasi online guna meningkatkan keuntungan. Para investor online hanya menggunakan mata uang elektronik karena dianggap lebih nyaman, aman, dan cepat untuk transaksi. Tentunya dari uang elektronik yang terus mengalami peningkatan tersebut akan mendatangkan keuntungan finansial, terutama bagi investor yang berpengalaman.

Bagi Anda yang ingin mencoba berinvestasi secara online ini tak perlu khawatir. Sebab ada beberapa tips dan trik sukses dalam investasi online yang harus Anda lakukan. Tujuannya untuk mengarahkan Anda mencapai goal yang Anda impikan.

Lantas, apa saja yang harus Anda lakukan untuk menjemput kesuksesan Anda dalam berinvestasi online ini? Simak beberapa tips dan trik berikut ini:

  1. Mulai investasi online saat ini juga

Ingat dan peganglah kata pepatah yang menegaskan: “perjalanan berpuluh ribu mil dimulai dari satu langkah kecil”. Hal ini berhubungan dengan cara Anda memulai aktivitas bisnis termasuk investasi online ini.

Banyak orang yang memiliki niat berbisnis, namun berat untuk memulainya. Bahkan untuk menjalankannya pun terkadang masih mikir-mikir terlebih dahulu atau banyak pertimbangan. Ada pula yang hanya berencana namun tidak pernah terealisasikan. Sungguh menyedihkan bukan?

Jadi, dalam bisnis investasi online ini bisa Anda mulai sekarang juga. Tidak ada kata terlambat, atau perasaan takut untuk memulai terlalu dini untuk berbisnis. Sebaiknya Anda harus membuang jauh-jauh perasaan itu, karena hanya akan menghambat kesuksesan Anda. Tidak ada kata terlambat untuk berbisnis, yang terpenting Anda harus beraksi dan nikmatilah proses berbisnis hingga menemukan titik terang kesuksesan.

Selain itu, hilangkanlah perasaan takut rugi. Ganti perasaan itu dengan menanamkan pada diri Anda bahwa Anda ingin “merasakan untung”. Sehingga sugesti tersebut akan membuat Anda selalu bersemangat dalam berbisnis karena Anda tidak pernah tahu suatu hal yang akan terjadi di masa depan. Semuanya ada di tangan Anda, dan keluarlah dari zona nyaman Anda dengan segera.

  1. Mulai dengan apa yang sudah Anda tahu

Mulailah berinvestasi  dari arah manapun sesuai dengan pengalaman Anda. Bagi seorang pemula mungkin Anda tidak mengetahui secara detail tentang investasi online. Namun lakukanlah terlebih dahulu yang telah Anda ketahui.

Kemudian kembangkan ilmu pengetahuan yang Anda peroleh dengan cara memperkaya informasi dari internet maupun eferensi offline yang lain. Kumpulkan dan pelajari referensi penunjang saat ini juga. Lalu praktikkan mengenai hal-hal yang Anda dapatkan dari referensi tersebut sekarang juga.

  1. Bicara dengan ekspert

Selain menguasai hard skill seperti kemampuan berpikir kritis, Anda juga perlua menguasa soft skill seperti berbicara di depan umum. Kemampuan berbicara ini bisa Anda lakukan secara otodidak. Jika Anda merasa sudah ekspert dalam berinvestasi, segera gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai bisnis online dari pakar yang sudah berpengalaman. Trik tersebut merupakan jalan pintas yang bisa Anda tempuh sebagai modal awal maupun pelengkap dari proses pencarian referensi guna menunjang investasi online yang akan Anda geluti suatu saat nanti.

  1. Lakukan diversifikasi

Diversifikasi disebut juga sebagai proses penjajakan yang harus dilakukan agar Anda dapat mengetahui tingkat risiko investasi di masing-masing jenis saham. Sebaiknya, jangan fokus pada satu jenis investasi saja. Namun coba beberapa jenis investasi lain misalnya investasi properti, deposito, peer to peer dan lain sebagainya. Dari beberapa investasi yang Anda jalani, Anda pun bisa mengukur investasi mana yang memiliki risiko kerugian paling kecil. Sehingga Anda bisa memperbanyak investasi di jenis saham yang paling menguntungkan.

Foto oleh fispol.com
  1. Senantiasa memonitor perkembangan investasi yang Anda lakukan

Jangan lengah untuk bisa menjadi pebisnis atau investor yang sukses di masa depan. Anda harus senantiasa memonitor setiap jenis investasi yang tengah Anda geluti di dalamnya. Caranya dengan memaksimalkan jumlah atau tingkat untung rugi dari masing-masing investasi dan jenis sahamnya.

Pada dasarnya, dalam memulai investasi online, Anda harus yakin dengan apa yang Anda lakukan akan memperoleh keuntungan yang besar suatu saat nanti. Jangan takut gagal, karena kegagalan adalah awal dari kesuksesan.

Foto oleh sahabatpegadaian.com

Investasi online ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki banyak sekali kesibukan di luar namun ingin sekali meningkatkan pendapatan tambahan. Maka tips dan trik tersebut perlu Anda terapkan untuk mencapai keinginan Anda. Kendati demikian, Anda harus tetap selektif dalam memilih bisnis yang ingin digeluti serta harus selalu konsisten (berada pada jalan yang lurus) hingga mendapatkan keuntungan dari investasi online yang Anda jalankan. Kesuksesan tak akan pernah datang jika Anda tidak menjemputnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *