Bisnis

9 Tips Memilih Bank Syariah Terbaik

Mungkin Anda dilema dengan pemilihan bank untuk keperluan menabung, mau ke bank konvensional, bank umum, atau bank syariah. Sudah jelas keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, di mana orang-orang saat ini cenderung memilih bank syariah terbaik untuk keperluan menyimpan uang yang mereka miliki.

Pastinya bank tersebut selalu dioperasikan berdasarkan syariat Islam. Alasan utama pemilihan bank syariah tersebut karena terbebas dari riba, jaminan halal, dan memberikan banyak kemudahan serta manfaat kepada nasabahnya.

Tips Memilih Bank Syariah Terbaik

Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali perbankan syariah yang berlokasi di beberapa daerah, dari Sabang sampai Merauke. Apabila Anda tertarik dengan bank syariah tersebut, Anda harus mempertimbangkan untuk memilih bank syariah yang aman, terbaik dan terpercaya untuk memudahkan Anda bertransaksi.

Berikut 9 tips memilih bank syariah terbaik yang harus Anda ketahui:

1. Mudah diakses

Bank syariah terbaik adalah bank yang mudah diakses sehingga proses transaksi dapat berjalan dengan lancar dan cepat. Jika Anda adalah seorang pebisnis, Anda dapat menggunakan fitur cash management system (CMS) yang berguna untuk pelaku bisnis dan perusahaan karena memudahkan transaksi di mana pun dan kapan pun.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan fasilitas user friendly, contohnya sms banking, mobile banking, dan internet banking.

2. Memiliki kantor cabang yang tersebar luas di dalam negeri

Apabila bank syariah yang Anda pilih memiliki kantor cabang yang tersebar luas di dalam negeri (misal Indonesia), maka Anda pun akan lebih mudah dalam bertransaksi. Sebagai pengusaha, Anda juga bisa melakukan transaksi bisnis dengan pelanggan secara mudah dan cepat. Terlebih jika client Anda sama-sama menggunakan rekening bank syariah yang sama.

Kemudian, bagi Anda yang sering bepergian ke luar kota, Anda tak perlu bingung untuk mencari letak kantor cabangnya jika Anda keperluan yang mendadak. Jika kantor cabang bank syariah Anda terlebar luas di beberapa daerah, otomatis atm bank pun ada di seluruh Indonesia.

3. Memberikan Pelayanan yang Terbaik dan Berkualitas

Bank syariah terbaik adalah perbankan yang senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas bagi para nasabahnya. Pelayanan terbaik tersebut adalah pelayanan yang cepat, aman, baik, ramah, dan memenuhi semua kebutuhan nasabahnya. Dengan begitu akan membuat nasabah puas dengan pelayanan yang diberikan.

Di Indonesia sendiri, pelayanan bank yang demikian telah diatur dalam standar pelayanan perbankan. Mulai dari pelayanan customer service, pelayanan satpam, hingga sistem keamanan nasabah.

4. Usahakan memilih produk bank yang bebas biaya administrasi

Untuk meminimalisir pengeluaran Anda saat bertransaksi, pilihlah bank syariah yang menawarkan produk bebas dari biaya administrasi. Hal ini bertujuan untuk mencegah berkurangnya tabungan Anda. Karena biasanya para nasabah cenderung mengeluh jika tabungan mereka semakin berkurang, bukannya semakin bertambah.

Produk bank yang bebas dai biaya tersebut meliputi:

  • Produk yang bebas biaya adminitrasi per bulan.
  • Bebas biaya RTGS untuk transaksi dalam jumlah besar.
  • Bebad biaya pencairan cek di kota yang berbeda.
  • Bebas biaya transfer antar rekening tabungan.

Dengan demikian, transaksi bisnis, tabungan dan aset Anda pun akan tetap mendapat keuntungan.

5. Pilih bank syariah yang memberikan hasil terbaik

Bank syariah terbaik selalu memberikan bagi hasil yang terbaik, yang biasa disebut dengan nisbah. Contohnya nasabah mendapatkan hasil 55%, sementara bank syariah hanya mendapatkan 45%. Namun, bagi hasil ini tergantung pada kinerja bank. Kinerja bank yang baik akan memberikan keuntungan yang besar kepada para nasabahnya.

6. Memiliki manajemen bagus

Bank syariah yang memiliki manajemen yang bagus, maka kredibilitasnya juga akan bagus. Kinerja bank pun akan baik sehingga para nasabah merasa aman dan nyaman menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan oleh pegawai bank.

7. Visi dan misi bank syariah

Visi dan misi yang tertulis pada bank tersebut dapat Anda jadikan patokan mengenai bagaimana kinerja bank. Apakah bank beroperasi secara sehat atau tidak.

8. Memiliki reputasi yang baik

Bank syariah terbaik memiliki reputasi yang baik pula untuk mencegah risiko terburuk yang kemungkinan terjadi, misal penipuan terhadap nasabah.

9. Dilengkapi lembaga pengawas syariah

Lembaga pengawas syariah bertugas untuk mengatur regulasi yang mengikat bank tersebut. dengan adanya lembaga ini, bank dapat menjamin keamanan bagi para nasabahnya.

Sembilan tips memilih perbankan syariah terbaik tersebut dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih bank syariah sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain berdasarkan kebutuhan, Anda juga harus mengutamakan sistem pelayanan dan keamanannya.

Pilihlah bank syariah terbaik sesuai dengan tips-tips tersebut, dan pastikan Anda yakin dengan pilihan Anda. Tujuannya agar transaksi yang Anda lakukan berjalan lancar, memperoleh keuntungan yang lebih, serta jumlah tabungan semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *