Gaya Hidup

Mengapa Asuransi Begitu Penting untuk Diberikan oleh Perusahaan kepada Karyawannya?

Mayoritas perusahaan memberikan berbagai fasilitas dan paket tunjangan selain kompensasi gaji kepada para karyawannya. Salah satu paket tunjangan tersebut diberikan dalam bentuk asuransi. Akan tetapi, mengapa asuransi dirasa begitu penting untuk para karyawan? Berikut ini beberapa alasannya.

Meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja

Setiap perusahaan tentu ingin karyawannya bekerja secara produktif demi kelangsungan bisnis perusahaan tersebut. Produktivitas kerja dan kinerja karyawan dapat ditentukan oleh berbagai faktor mulai dari kenyamanan tempat bekerja hingga faktor kesehatan.

Produktivitas karyawan saat ini tengah menjadi tantangan serius bagi banyak perusahaan di Indonesia. Tuntutan pekerjaan yang begitu besar membuat kesehatan mental para karyawan seringkali tertekan.

Berdasarkan informasi dari Mercer Marsh Benefits tentang Top International Health Predictions for 2019, pada tahun 2018 terdapat peningkatan kesadaran secara global atas kesehatan mental dimana masyarakat dan pemerintah semakin menyadari pentingnya pencegahan dan perawatan.

Untuk itu, memberikan fasilitas berupa tunjangan kesehatan bisa menjadi dampak positif bagi psikologis seorang karyawan. Hal ini dilakukan agar karyawan dapat lebih tenang dan fokus bekerja tanpa harus memikirkan permasalahan yang mungkin terjadi seperti tanggungan biaya kesehatan.

Meningkatkan loyalitas karyawan

Ketika seorang karyawan mendapatkan tunjangan dari perusahaan tempatnya bekerja, maka loyalitas terhadap perusahaan juga akan meningkat. Hal ini disebabkan karena fasilitas tersebut bisa membuat karyawan merasa nyaman untuk bekerja di perusahaan Anda karena segala macam risiko kecelakaan kerja ataupun kesehatan keluarganya telah dijamin oleh perusahaan.

Menghemat biaya

Menurut informasi dari Mercer Marsh Benefits, Medical Trends Around the World 2018, inflasi biaya medis secara global rata-rata meningkat hingga 9,1% di tahun 2018 lalu dengan dampak terbesar pada biaya pengobatan penyakit migrain, kanker dan autoimun; dan pada tahun 2019 ini, diprediksi biaya medis akan meningkat lebih tinggi.

Dengan memberikan tunjangan ke seluruh karyawan, hal ini akan meringankan beban yang ditanggung oleh perusahaan. Terutama apabila karyawan jatuh sakit dan/atau apabila terjadi sesuatu pada karyawan. Biaya premi untuk perusahaan bisa lebih rendah dari tunjangan sejenis untuk individu.

Untuk memilih produk tunjangan yang tepat dan menguntungkan bagi karyawan perusahaan, Anda dapat menggunakan jasa broker asuransi yang bisa membantu untuk merancang asuransi terbaik, seperti Marsh Indonesia. Marsh telah berpengalaman dalam memberikan solusi asuransi terbaik kepada banyak perusahaan ternama di seluruh dunia termasuk Indonesia. Anda pun dapat menghemat waktu dan biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *