Religi

12 Tips Memilih Biro Umroh yang Amanah

Umroh merupakan serangkaian ibadah yang dilakukan oleh umat Islam di Tanah Suci yang memiliki kemiripan dengan ibadah haji. Ibadah umroh ini sangat diminati oleh umat muslim sedunia karena bisa dilakukan dengan waktu yang fleksibel dan tak perlu menunggu lama seperti haji.

Untuk bisa beribadah umroh, tentunya memerlukan biaya untuk berangkat ke Makkah dan Madinah. Namun biaya umroh ini jauh lebih murah dibandingkan dengan ibadah haji. Saat ini sudah banyak sekali biro tour and travel yang menawarkan paket umroh dan haji.

Akan tetapi, Anda harus lebih hati-hati dalam memilih biro umroh yang amanah. Tujuannya  agar perjalanan ibadah Anda bisa berjalan dengan lancar, tenang, khusyuk dan penuh keberkahan.

Ada beberapa tips yang harus Anda cermati dalam memilih biro umroh yang amanah yang bisa mengantarkan Anda untuk beribadah umroh di Tanah Suci. Beberapa tips tersebut di antaranya:

1. Pilih Biro Umroh Resmi yang Terdaftar di Kemenag

Dalam memilih travel umroh yang resmi, Anda harus memperhatikan apakah biro tersebut telah terdaftar di Kementrian Agama atau belum. Hal ini sangat penting karena akan menjamin keamanan dan kenyamanan Anda dalam melangsungkan ibadah haji dan umroh. Serta menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan dan bisa saja Anda complain dengan pihak hukum.

Anda bisa melihat info travel umroh resmi yang terdaftar di Kementerian Agama dengan cara mengakses link berikut https://simpu.kemenag.go.id/. Kemudian ketik nama biro umroh di kolom pencarian PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh).

2. Periksa Terlebih Dahulu Alamat Kantor Travel Umroh

Biro umroh yang amanah pasti memiliki alamat kantor yang jelas dan terpercaya. Alamat kantor tersebut harus sebuah kantor yang permanen, di mana alamatnya tercantum dalam surat resmi yang mereka miliki. Alamat kantor ini suatu saat bisa berfungsi sebagai tempat untuk meminta pertanggungjawaban jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Perhatikan Rekam Jejak Biro Umroh

Biro umroh yang amanah dan profesional, tentu memiliki rekam jejak yang sangat bagus. Rekam jejaknya dapat Anda lihat dengan cara mengecek beberapa hal, seperti memperhatikan tanggal pengoperasian awal travel umroh dan haji yang bersangkutan, memperhatikan sistem pelayanan yang tersedia, memperhatikan testimonial dari para jamaah yang pernah berangkat umroh dan haji bersama travel tersebut, serta mencari informasi yang akurat terkait berapa kali biro tersebut menyelenggarakan ibadah umroh, dan lain sebagainya.

4. Jangan Pernah Tergiur dengan Harga Murah

Inilah yang sering jamaah lakukan ketika ingin berangkat umroh. Sebagian besar dari mereka tergiur dengan harga yang murah yang ditawarkan oleh suatu biroumroh. Sebaiknya, Anda pilih paket travel umroh yang masuk akal sesuai dengan fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan. Hal ini untuk menghindari modus penipuan yang belum lama ini terjadi di Indonesia.

5. Perhatikan Fasilitas yang Diberikan

Pilihlah paket travel umroh yang ditawarkan dengan harga yang wajar dan sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Pada umumnya, biro umroh yang amanah menyediakan fasilitas berikut yang sudah termasuk dalam paket umroh, meliputi:

  • Tiket pesawat PP, dengan menyebutkan maskapai penerbangan yang akan diguanakan.
  • Hotel lengkap, meliputi nama hotel dan bintangnya.
  • Sarana transportasi selama di Tanah Suci.
  • Makan 3 kali sehari.
  • Tax dan handling.
  • Bagasi pesawat seberat 3 kg.
  • Air zam-zam sebanyak 5 liter.
  • Muthawif atau ustadz pembimbing.
  • Visa umroh, yang biasanya diurus oleh biro maupun pihak lain.
  • Ibadah manasik.

6. Cek Cara Pembayarannya

Anda juga harus mengecek cara pembayaran yang meliputi transaksi dan jasa perbankan yang aman. Pastikan biro umroh yang Anda pilih menggunakan rekening tabungan atas nama persero, bukan milik pribadi. Karena biro umroh yang amanah tidak mungkin menggunakan rekening atas nama pribadi untuk keperluan pembayaran para jamaahnya.

7. Tanyakan kepada Kerabat yang Pernah Umroh

Bertanya kepada teman atau kerabat merupakan sesuatu yang bisa menjadi referensi bagi Anda sebelum memantapkan diri untuk berangkat umroh. Tentunya akan ada banyak hal yang harus Anda tanyakan kepada mereka yang telah berpengalaman. Mulai dari jasa travel yang mereka gunakan hingga pengalaman selama beribadah di Tanah Suci. Dengan bertanya, Anda pun akan semakin yakin dan percaya untuk menjalankan ibadah umroh maupun haji dengan nyaman, tenang, dan khusyuk.

8. Pilih Travel dengan Pembimbing yang Profesional dan Berpengalaman

Selain memilih biro umroh yang amanah, Anda juga harus memilih pembimbing yang profesional dan berpengalaman. Biasanya biro tersebut telah menyedikan pembimbing yang akan membimbing para jamaah selama perjalanan ibadah di Makkah dan Madinah.

Pastikan pembimbing tersebut jujur dan amanah. Sebab, fungsi dari pembimbing ini sangat penting, karena tidak semua jamaah mengerti tentang tata cara melakukan ibadah haji dan umroh.

9. Keberangkatan Harus Jelas

Jangan pernah memilih travel umroh dan haji yang menjanjikan keberangkatan dalam jangka waktu tidak tentu. Biasanya, biro umroh yang amanah sudah memiliki jadwal tertentu yang jelas untuk keberangkatan para jamaah. Sebab umroh termasuk ibadah di Tanah Suci yang tidak perlu mengantri, dan bisa dilakukan kapan saja di luar tanggal ibadah haji.

10. Cek Kembali Status VISA

Anda perlu mengecek kembali status VISA yang akan Anda dapatkan dari kerajaan Saudi Arabia. Pastikan status VISA tersebut sesuai dengan keperluan Anda untuk beribadah umroh atau haji di Tanah Suci. Anda juga perlu memastikan telah mendapatkan bukti keluarnya VISA melalui fotokopi maupun foto via handphone yang menyatakan bahwa VISA Anda telah berhasil dikeluarkan oleh Arab Saudi sebelum berangkat ke tempat tujuan. Biro umroh yang amanah selalu menyediakan VISA yang benar dan asli untuk para jamaahnya.

11. Hindari Travel Umroh dengan Sistem MLM

Banyak perdebatan di antara para ulama yang mengkritik sistem MLM. Sebagian besar dari mereka mengharamkan sistem ini dalam hal perdagangan. Dalam sistem ini, pelanggan biasanya diminta untuk membayar sejumlah uang muka. Tujuannya agar terdaftar menjadi anggota. Namun saat Anda telah bergabung, Anda diminta untuk mengajak orang sebanyak mungkin hingga sesuai dengan yang ditargetkan, kemudian barulah Anda dapat berangkat ibadah umroh.

Jika ditinjau dari segi agama, sistem sangat dilarang karena hanya mementingkan golongan tertentu saja, tanpa mementingkan pelayanan kepada para jamaah. Jadi, tidak mungkin ada biro umroh yang amanah yang menggunakan sistem MLM untuk menawarkan jasanya.

12. Pastikan Perlengkapan Memiliki Atribut Travel Berijin

Atribut atau logo yang tersematkan di perlengkapan Anda sangatlah penting untuk mengetahui travel yang Anda gunakan telah berizin PPIU. Atribut tersebut juga mempermudah pembimbing dan pihak travel untuk mencari jamaahnya, bila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Di samping itu, muasasah di Arab Saudi hanya bisa mengenali logo travel-travel yang berizin saja.

Demikian 12 tips memilih biro umroh yang amanah yang memenuhi semua kriteria yang dipersayaratkan oleh Kementrian Agama. Anda harus memperhatikan beberapa timp tersebut untuk menghindari kecurangan dan menjamin keamanan Anda dalam beribadah umroh dan haji. Dengan begitu, ibadah Anda di Tanah Suci pun akan berjalan dengan lancar, nyaman, tenang, khusyuk, dan penuh dengan keberkahan.

Salah satu agen tour and travel di Indonesia yang menawarkan paket travel umroh dan haji yang telah terpercaya dan berpengalaman adalah travel umroh Jogja, Asamulia.

Asamulia umroh dan haji khusus ini merupakan salah satu biro umroh yang amanah dari Jakarta yang memiliki cabang di Jogja, yang telah memenuhi semua kriteria yang disyaratkan oleh Kemenag.

Oleh karena itu, Anda tak perlu ragu untuk bergabung menjadi jamaah umroh di Asamulia, karena biro ini merupakan penyedia layanan travel ibadah umroh Jogja terpercaya, yang insyaallah amanah, profesional dan jujur melayani para jamaah.

Asamulia ini menyediakan Paket Umroh Reguler, Umroh VIP, Umroh Plus, dan masih banyak lagi paket-paket yang lainnya. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa mengecek ke website www.azkamuslim.com.

Alamat Kantor Pusat

PT Asamulia Express Cabang Jogja

Jalan Kebun Raya Nomor 3B (Sebelah Timur Gembira Loka),

Rejowinangung, Kotagede, DIY

Telp. (0274) 4285478

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *