Teknologi

Eco Racing, Rahasia Menghemat BBM Kendaraan

Benarkah eco racing mampu menghemat penggunaan BBM mesin kendaraan Anda?

Indonesia termasuk negara yang merupakan konsumen kendaraan yang tergolong cukup banyak di dunia. Di tahun 2017, tercatat jumlah penduduk Indonesia sebasar 264 juta jiwa, rupanya memiliki jumlah kendaraan bermotor sebesar 138.556.669.

Data tersebut dilansir dari Badan Pusat Statistik dengan total jumlah kendaraan bermotor menurut jenisnya, yang meliputi mobil penumpang, mobil bus, mobil barang, dan sepeda motor. Dari data tersebut menunjukkan bahwa jumlah sepeda motor menduduki peringkat tertinggi yakni sebesar 113.030.793.

Berdasarkan data tersebut, artinya hampir setengahnya dari penduduk Indonesia aktif menggunakan transportasi kendaraan bermotor. Dengan demikian jumlah penggunaan bahan bakar minyak pun juga akan semakin meningkat, jika setiap tahun diimbangi dengan kenaikan jumlah kendaraan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada banyak cara dalam menghemat BBM meski jumlah alat trasportasi semakin meningkat penggunaannya. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan eco racing di dalam komponen kendaraan Anda.

Lantas, Apa itu Eco Racing?

Eco racing merupakan pil / tablet terbuat dari bahan organik yang dirancang khusus untuk meningkatkan nilai oktan BBM yang aman untuk kendaraan dan manusia. Jika nilai oktan BBM naik, maka penggunaannya pun lebih hemat.

Produk penghemat BBM ini digunakan sebagai bahan aditif untuk jenis BBM premium, pertalite dan pertamax. Di mana nilai oktan dari masing-masing jenis bahan bakar tersebut berbeda-beda. Dengan penggunaan zat aditif ini nilai oktan premium akan meningkat menjadi 93 dari 88, pertalite meningkat menjadi 95 dari 90, dan pertamax meningkat menjadi 97 dari 92.

Manfaat Zat Aditif Penghemat BBM

Berdasarkan kenaikan nilai oktan tersebut, penggunaan zat aditif ini dapat menghemat bahan bakar minyak 30-50%. Hal ini membuat penggunaan eco racing semakin populer di karangan para pengendara. Selain menghemat BBM, produk ini juga memiliki 11 manfaat lain di antaranya:

  1. Menggunakan teknologi nano, sehingga mampu melindungi mesin dari kerusakan dan membersihkan kerak di mesin, tangki, selang bensin, dan karburator melalui udara pembuangan.
  2. Mampu mengurangi emisi gas CO dan abu knalpot, sehingga meminimalisir pencemaran udara.
  3. Dapat menutup pori-pori blok mesin yang terkikis lantaran kinerja piston yang tak stabil.
  4. Dirancang khusus untuk menghilangkan knocking.
  5. Dapat menciptakan lapisan flin di blok mesin dan piston.
  6. Mampu meningkatkan 5-10 RON (Racing) dan 2-5 CN (Diesel).
  7. Meningkatkan tenaga dan akselerasi kinerja mesin kendaraan.
  8. Dapat memperhalus suara mesin.
  9. Memperpanjang usia mesin kendaraan.
  10. Proses pembakaran mesin menjadi lebih sempurna, artinya semua bensin (termasuk dalam bentuk uap) akan terbakar seluruhnya.
  11. Dapat menghemat biaya perawatan kendaraan secara signifikan.

Keunggulan Eco Racing

Selain memiliki beberapa manfaat untuk mesin kendaraan bermotor, eco racing juga dirancang dengan berbagai macam keunggulan, seperti:

  • Termasuk produk premium berkelas dunia yang lolos dari uji penelitian selama lebih dari 10 tahun yang meliputi uji kehandalan, uji emisi, uji performa kendaraan, uji dynotest, dan pengujian lain menggunakan standar yang cukup ketat.
  • Telah diteliti langsung oleh sarjana ITB selama lebih dari 10 tahun.
  • Lulus uji lab LEMIGAS dan PETROLAB yang memberikan hasil marketable.
  • Telah teruji langsung oleh Tabloid Motorplus.
  • Lolos uji emisi yang dilakukan oleh DISHUB dan beberapa perusahaan otomotif ternama yakni Astra Internasional, Auto 2000, dan Tunas Daihatsu.
  • Dapat digunakan untuk jenis kendaraan seperti motor, mobil, truk, bus, genset, dan semua jenis mesin yang menggunakan bahan bakar bensin maupun solar.
  • Mengandung zat kimia yang aman bagi manusia, kendaraan, dan tentunya ramah lingkungan.

Zat kimia yang dimasukkan ke dalam pembuatan eco racing tersebut meliputi:

  1. Detergent Chemical Organic Function

Zat ini berguna untuk menyempurnakan pembakaran pada mesin kendaraan dan mempertahankan kinerja mesin agar tetap prima.

  1. Corrosion Inhibitor

Sesuai dengan namanya, inhibitor korosi ini mampu mencegah segala bentuk korosi atau perkaratan yang sering terjadi pada saluran bensin, mesin pembakaran, karburator, dan tangki. Selain itu, zat ini juga berfungsi untuk membuang sisa karat.

  1. De Emulsion

De Emulsion merupakan pemisah antara zat murni BBM dengan emulsi pengotor (misal air hujan), sehingga tidak mempengaruhi kinerja / proses pembakaran.

Simpulan

Dengan menggunakan produk penghemat BBM ini, Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat dan keuntungan dalam penggunaan kendaraan Anda. Mulai dari penghematan bahan bakar hingga penghematan perawatan kendaraan bermotor.

Tak dapat dipungkiri, kenaikan bahan bahak minyak yang selalu menghantui para pengendara alat transportasi pun dapat diatasi dengan mudah dan aman melalui penggunaan pil aditif ini.

Selain dapat digunakan untuk kendaraan sendiri, Anda juga bisa mengembangkan bisnis eco racing dengan hasil yang sangat menjanjikan. Pasalnya, seiring meningkatnya penggunakan kendaraan bermesin dengan bahan bakar bensin maupun solar, seseorang pasti memikirkan bagaimana cara menghemat biaya bahan bakar minyak dan perawatannya.

Untuk itu, solusi terbaik dari masalah tersebut adalah penggunaan eco racing pada mesin otomotif yang aman, terjangkau, teruji dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *