Pendidikan

MU, Universitas di Bandung dengan Lulusan Siap Kerja

Bandung termasuk salah satu dari sekian banyak kota-kota besar yang tersebar di seluruh Indonesia. Tak hanya keramaian kotanya saja yang terkenal serta sejuknya udara di Kota Kembang ini, Bandung juga terkenal dengan sejuta perguruan tinggi yang memberikan pendidikan bermutu kepada para mahasiswanya.

Salah satu universitas di Bandung yang didirikan oleh sebuah yayasan yang saat ini terkenal di kalangan marjinal adalah Ma’soem University (MU). Di bawah naungan Yayasan Al Ma’soem, universitas ini telah diresmikan oleh Menristek Dikti, Mohamad Nasir, pada Selasa (9/4/2019).

Universitas yang berlokasi di Jalan Raya Cipacing No.22, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat ini termasuk universitas di Bandung Timur yang berdiri sejak tahun 1996. Namun dari 1996 sampai 2019, nama perguruan tinggi di Yayasan Al Ma’soem selalu mengalami perubahan. Hingga pada akhirnya di tahun ini seluruh program studi disatukan di dalam MU.

Fakultasi dan Program Studi di Ma’soem University

Adapun fakultas dan program studi yang tersedia meliputi:

  1. Fakultas Komputer, yang terdiri dari: Sistem Informasi (S1), Manajemen Informatika (D3), dan Komputerisasi Akuntansi (D3).
  2. Fakultas Pertanian, yang terdiri dari: Teknologi Pangan (S1), dan Agribisnis (S1).
  3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yang terdiri dari: Bimbingan dan Konseling (S1), dan Pendidikan Bahasa Inggris (S1).
  4. Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, yang terdiri dari: Perbankan Syariah (S1).
Potret Ma’soem University

Alumni Kompeten dan Siap Kerja

Meski tergolong masih baru, Universitas Al Ma’soem mampu bersaing dengan universitas-universitas lain yang ada di Bandung. Hal ini ditandai dari beberapa alumni Ma’soem University yang berhasil meraih kesuksesan dalam karirnya. Contohnya adalah:

  • Asep Hadian Saputra berprofesi sebagai MIS Specialist PT. Rifa Bestari Consultant,
  • Nenden Siti Mariah berprofesi sebagai Manajer Koperasi IPDN,
  • Sri Novi Fitriyani berprofesi sebagai Konsultan IT PT Metajasa Indosolusin, serta
  • Iwan Setiawan yang bekerja di perusahaan terbesar di dunia yakni PT Coca Cola Amatile Indonesia.

Biaya Kuliah dan Beasiswa

Terkait biaya kuliah, Anda tak perlu khawatir, pasalnya universitas di Bandung Timur ini akan kembali menerima calon mahasiswanya melalui jalur beasiswa Bidikmisi untuk Program Diploma III Komputerisasi Akuntansi. Kesuksesan program beasiswa tersebut telah dirasakan pada tahun lalu, dan semoga di tahun ini jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa Bidikmisi mengalami peningkatan.

Selain beasiswa bidikmisi, ada juga beasiswa pendidikan lainnya, di antaranya Beasiswa Gelombang, Beasiswa Tambahan 10%, Beasiswa Tambahan 15%, Beasiswa Alumni Al Ma’soem, Beasiswa Alumni Siswa Al Ma’soem ke STKOM & STIBANKS Al Ma’soem, serta Beasiswa calon mahasiswa berprestasi bidang olah raga, seni dan teknologi. Anda pun bisa mendapatkan slaah satu dari sejumlah beasiswa tersebut.

Sementara itu, untuk biaya perkuliahannya sangat terjangkau. MU hanya memberlakukan biaya per fakultas yang hanya dibayar sekali di tahun pertama saja yang sekitar 3 jutaan, yang terdiri dari Kelas Reguler dan Kelas Reguler Sore / Karyawan.

Tentunya biaya tersebut sudah termasuk SKS, biaya modul, biaya ujian, biaya praktikum, dan lain sebagainya. Sehingga Anda tak perlu khawatir dengan tambahan biaya fasilitas lainnya, sebab MU menggratiskan biaya-biaya tersebut.

Untuk itu, bagi Anda yang menginginkan menempuh ilmu di Universitas di Bandung, Anda tak perlu risau lagi karena banyak sekali pilihan perguruan tinggi yang tersedia di sana. Salah satunya adalah MU yang telah melahirkan kaum intelektual yang unggul, Islami, berjiwa entrepreneur, serta berkarakter cageur, bageur, pinter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *