Gadget

5 Hal yang Harus Anda Perhatikan sebelum Tukar Tambah Hp

Sebelum Anda memutuskan untuk menjual handphone, pasti terlebih dahulu Anda melakukan back up data yang ada di dalam handphone tersebut. Adapun cara lain yang mungkin Anda lakukan adalah membeli handphone baru lebih dulu, baru Anda menjualnya. Atau bisa saja Anda melakukan cara yang berbeda yaitu dengan tukar tambah hp (handphone). Terlepas dari semua cara tersebut, yang perlu Anda perhatikan adalah cara ketiga, tukar tambah hp.

Pertanyaannya berangkat dari, sudahkah Anda mempersiapkan handphone lama untuk diserahkan ke orang lain (counter). Pasalnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan tukar tambah hp. Dan hal yang paling dasar adalah factory reset.

Factory reset adalah mengembalikan kondisi smartphone ke setingan pabrik (sama seperti kondisi saat pertama kali Anda membeli smartphone baru) tanpa menggunakan kombinasi tombol. Untuk melakukan factory reset ini, sesuaikan dengan merk handphone yang Anda gunakan.

Namun, perlu Anda ketahui, sebelum Anda melakukan factory reset, Anda harus memperhatikan dan melakukan kelima hal berikut:

1. Perhatikan akun yang Anda gunakan

Sejumlah akun yang harus Anda perhatikan tersebut tentunya yang yang pernah Anda aktifkan di dalam perangkat handphone, seperti email, akun media sosial, serta akun utama (untuk menyimpan kotak, foto, video, dan lain-lain. Serta memungkinkan pula jika Anda mengatur password yang berbeda di setiap akun tersebut.

Untuk itu, Anda perlu melakukan pencatatan semua data pribadi Anda yang ada di dalam handphone. Jadi, meskipun kemungkinan bisa dipulihkan dengan “Forget your password“, proses ini terbilang cukup melelahkan.

2. Backup data

Proses back up data bisa meliputi daftar kontak, dokumen, foto, video, dan lain-lain. Hal ini bisa Anda lakukan secara berkala ke layanan cloud seperti Google Drive, iCloud, OneDrive, atau Dropbox. Bahkan masing-masing platform memiliki prosedur untuk menyimpan catatan telfon (call logs) dan sms (Text Messages).

3. Keluar dari program beta platform

Sebelum tukar tambah hp Anda, cek terlebih dahulu apakah sebelumnya Anda pernah ikut dan menggunakan program beta untuk platform? Program ini bisa berupa Android Beta, Apple iOS Beta Program, atau Windows Insider Program.

Jika iya, maka program yang Anda gunakan tersebut terikat dengan perangkat, bukan dengan akun Anda saja. Jadi, kalau Anda belum keluar dari program tersebut dan langsung menjual handphone yang Anda miliki, maka kemungkinan pemilik baru harus melakukan prosedur roll back yang dianggap cukup merepotkan.

4. Enkripsi data

Ada kalanya Anda menyimpan data-data yang dianggap sensitif di dalam handphone, maka tidak ada salahnya jika Anda melakukan enkripsi data. Prosedur ini berlangsung cukup lama, dan setelah dienkripsi, handphone akan bekerja sedikit lebih lambat dari biasanya.

5. Factory Reset

Setelah Anda selesai melakukan keempat cara tersebut sebelum melakukan tukar tambah hp, maka yang terakhir adalah factory reset. Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, factory reset akan menghapus semua data yang ada di dalam handphone Anda, kemudian akan mengembalikannya seperti pada saat keadaan awal. Namun, prosedur factory reset berbeda-beda untuk setiap merk dan platform, yang biasanya ada di bagian Setting (pengaturan).

Jadi, jika kelima hal tersebut benar-benar Anda lakukan dengan baik, maka kini saatnya Anda menggosok handphone sampai mengkilat. Lalu menata kelengkapan handphone dan siap menjualnya di counter.

Sebagai informasi tambahan, saat ini Blibli tengah mengadakan event tukar tambah hp. Adapun langkah-lakahnya adalah sebegai berikut:

  • Pilih terlebih dahulu opsi tukar tambah produk para fitur layanan.
  • Lakukan diagnose dan dapatkan ekstra potongan harga, yang mana potongan harga berlaku jika melakukan tes diagnose melalui aplikasi blibli.com.
  • Tungku kedatangan tim Blibli secara langsung untuk melakukan penukaran barang.

Dengan melakukan tukar tambah hp di Blibli, Anda juga akan mendapatkan keuntungan:

  • Cicilan 0%.
  • 100% orisinil (asli).
  • Tersedia pilihan yang lengkap.
  • Mendapatkan ekstra potongan harga.
  • Gratis antar jemput barang sehingga tidak merepotkan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *