Kesehatan

Atasi Nyeri Menstruasi akibat Hiperplasia Endometrium

Nyeri haid atau nyeri menstruasi biasa disebut dengan istilah dismenore. Dismenore ini merupakan rasa nyeri pada bagian perut bawah yang muncul sebelum dan atau saat haid berlangsung. Nyeri ini biasanya muncul 1 sampai 2 hari sebelum atau saat haid berlangsung.

Rasa nyeri ini biasanya didominasi oleh kram berdenyut pada perut dan menyebar pada punggung hingga paha. Untuk intensitas nyerinya dapat bervariasi pada setiap perempuan dan waktunya pun juga berbeda-beda. Terkadang rasa nyeri tak begitu kuat dan hanya berlangsung singkat. Namun ada pula rasa nyeri ringan yang berlangsung dalam waktu yang relatif lama.

Nyeri menstruasi ini tentunya dapat mempengaruhi aktivitas harian Anda. Karena pada saat haid, perempuan terkena Premenstrual Syndrome atau PMS. PMS sendiri identik dengan depresi, kecemasan, melankolis, perasaan yang sensitif, marah, bahkan insecure pada diri sendiri.

Penyebab Nyeri Menstruasi dan Penebalan Dinding Rahim

Salah satu penyebab nyeri menstruasi adalah hiper endometrium atau penebalan dinding rahim. Pada dasarnya penebalan dinding rahim adalah siklus yang normal. Sebagai perempuan di usia subur, penebalan dinding rahim merupakan hal wajar. Namun jika penebalan dinding rahim terjadi abnormal maka hal ini perlu diwaspadai.

Sementara itu, penebalan dinding rahim dapat disebabkan oleh produksi jumlah hormon estrogen dan progesteron yang tidak seimbang, misalnya terlalu tinggi. Hal inilah yang menyebabkan penebalan pada dinding rahim.

Jika Anda mengalaminya janganlah panik, karena Anda dapat mengkonsumsi obat apotek penebalan dinding rahim. Sudah banyak obat penebalan dinding rahim yang dijual bebas di apotek. Sebaiknya, pilihlah obat dengan kandungan bahan alami dan herbal. Misalnya obat berbahan dari ekstrak teripang emas dan atau ekstrak daun sirsak, yang dipercaya mengatasi penebalan dinding rahim.

Sebenarnya nyeri pada saat periode haid adalah hal yang tidak membahayakan. Namun ada kalanya Anda harus berhati-hati jika merasakan rasa sakit yang teramat sangat dan tidak tertahankan dan disertai dengan pendarahan yang melebihi normal.

Hal di atas merupakan kondisi yang bisa saja terjadi pada organ reproduksi Anda. Untuk itu jangan sungkan berkonsultasi dengan dokter saat rasa sakit yang dirasa tidak wajar lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *