Gaya Hidup

Inilah Kriteria dan Ukuran Meja Kantor Ideal di Indonesia

Salah satu perabotan yang mendukung aktivitas pekerjaan adalah meja kantor. Meja biasanya berbentuk datar dan disokong oleh empat buah kaki meja. Setiap meja yang disediakan pasti dipasangkan dengan kursi yang sesuai. Dikarenakan perannya yang penting untuk mempermudah dan membantu pekerjaan karyawan, maka penting bagi perusahaan memilih jenis dan ukuran meja kantor ideal yang tepat untuk pekerja Indonesia pada umumnya. 

Setiap perlengkapan kantor diperlukan untuk membantu karyawan bekerja supaya produktif. Oleh sebab itu, pemenuhan kebutuhan kantor seperti meja kerja harus selektif dan disesuaikan kebutuhan. Misalnya saja, untuk meja kerja bagi desainer berbeda dengan meja kerja yang berprofesi sebagai sekretaris. Mengapa? Sebab kebutuhan dan jenis pekerjaannya berbeda. Selengkapnya, mari pelajari jenis dan ukuran meja kantor berikut ini.

Jenis Meja Kerja Berdasarkan Fungsi dan Ukurannya

Sebelum membeli meja kerja yang tepat, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa jenis meja kerja berdasarkan fungsi dan ukurannya berikut ini.

Pertama, meja kerja besar yang biasa digunakan oleh para pimpinan atau direktur perusahaan. Bentuk meja ini umumnya tertutup pada bagian depannya. Ukuran meja kantor ini memiliki panjang 121.5 cm, tinggi 74 cm, dan lebar 71 hingga 80 cm. 

Realistic office interior with work desk chair and bookshelf 3d vector illustration

Selanjutnya, meja sedang yang biasa digunakan oleh kepala bagian atau personalia. Ukuran meja kantor standar ini memiliki panjang 96.5 cm, tinggi 74 cm, dan lebar 71 cm.

 

Meja kerja yang ketiga yaitu meja biasa yang digunakan oleh karyawan atau pegawai. Meja ini memiliki ukuran panjang 120 cm, tinggi 75 cm, dan lebar 70-72 cm.

Selain meja kerja di atas, ada lagi jenis meja kerja yang didesain sesuai kebutuhannya, yaitu meja khusus dan meja rapat. Untuk meja khusus ini didesain dengan ukuran dan model yang disesuaikan oleh kebutuhan dan fungsinya. Misalnya, meja desainer yang memiliki ukuran lebih lebar dan bagian depan yang diberi alas dengan posisi agak miring ke depan. Tujuan dari desain ini untuk membantu proses menggambar atau menyimpan desain yang telah dibuat.

Sementara itu, meja rapat adalah meja yang didesain sesuai kebutuhan untuk rapat. Maka, ukurannya harus disesuaikan dengan luas ruangan dan jumlah orang yang akan mengikuti rapat. Meja rapat ini pun masih dikategorikan lagi menjadi meja khusus untuk rapat pertemuan kecil dan meja untuk rapat pertemuan besar.

Kriteria Ukuran Meja Kantor Ideal

Seperti yang telah kita bahas pada ulasan di atas, keberadaan meja kerja adalah untuk menunjang pekerjaan karyawan. Oleh karena itu, pemilihan kriteria meja kerja yang tepat adalah persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti apakah persyaratannya?

Syarat meja kantor ideal adalah memiliki permukaan atau alas meja yang tidak mengkilat. Mengapa? Sebab, alas meja yang mengkilat akan mengganggu pandangan karyawan yang hendak menggunakannya. Hal ini bisa terjadi karena pantulan cahaya akan muncul dari permukaan meja yang mengkilat. Cahaya tersebut bisa berasal dari sinar matahari atau bahkan sinar lampu. Jadi, hindarilah jenis meja ini ya!

Kriteria meja kerja kedua adalah ukuran meja kantor minimalis. Artinya, pastikan memilih ukuran meja kantor yang lazim di Indonesia. Sesuaikan ukuran meja dengan ruangan kantor di mana meja tersebut akan diletakkan. Berbeda dengan luas meja untuk rapat dan berbentuk U, usahakan untuk memilih meja kerja karyawan yang luasnya tidak berlebihan.

Ketiga, carilah model meja kantor yang memiliki desain bagian bawah yang terbuka. Mengapa? Tentu saja supaya membantu sirkulasi udara untuk keluar masuk dengan baik. Dengan demikian, ruangan di sekitar area kaki Anda tidak akan pengap. 

Selain itu, sebaiknya pilih meja kerja yang memiliki laci penyimpanan. Sebab, setiap karyawan pasti memiliki berkas atau dokumen penting yang harus disimpan dan memastikan ruang kerja tetap rapi. Dengan adanya laci meja, akan menghemat tempat untuk menyimpan dokumen berupa lemari khusus misalnya.

Nah, itulah beberapa kriteria jenis dan ukuran meja kantor ideal yang tepat bagi karyawan untuk bekerja. Jangan asal pilih dan pertimbangkan faktor-faktor penting seperti luas ruangan, kegunaan, serta budget ya! Untuk referensi harga dan modelnya, silakan kunjungi Meja Kantor Terbaru Bhinneka. Situs ini melayani pembelian berbagai produk furniture lengkap dan terjamin aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *