Kesehatan

10 Penyebab Asam Lambung Naik yang Harus Anda Waspadai

Pernahkah Anda mengalami nyeri di bagian ulu hati Anda? Gejala ini merupakan salah satu reaksi dari naiknya asam lambung. Naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan disebut sebagai penyakit asam lambung. Kondisi demikian sering terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Banyak penyebab asam lambung naik yang mungkin hal ini dianggap biasa oleh orang yang baru menderita penyakit asam lambung. Namun, Anda tetap harus waspada karena penyakit asam lambung bisa membuat saluran pencernaan Anda menjadi terganggu.

Mungkin sebelumnya Anda menganggap penyakit asam lambung itu identik dengan penyakit maag. Padahal, ada banyak penyebab asam lambung naik yang umumnya ditandai dengan perut terasa kembung dan panas, sering bersendawa, diare, sembelit, muntah, mual, nafsu makan berkurang, rasa tidak nyaman saat makan, dan lemas. Jika tubuh sudah mengalami kondisi seperti itu, maka besar kemungkinannya untuk mudah terserang penyakit.

Fungsi Asam Lambung

Fungsi asam lambung ini berperan penting dalam sistem metabolisme tubuh, di antaranya:

  • Membantu tubuh mengolah protein.
  • Memproduksi enzim khusus yang bekerja melawan bakteri yang masuk ke sistem pencernaan.
  • Membantu proses penyerapan vitamin B12 (asam folat) yang bekerja dalam membantu sistem produksi darah merah serta menjaga sistem otak dan saraf manusia.

Penyebab Asam Lambung Naik

Jika Anda mendiagnosis penyakit Anda ke rumah sakit atau klinik kesehatan, pasti ada penyebabnya yang membuat Anda merasakan sakit. Sama halnya dengan penyakit asam lambung yang juga memiliki penyebab yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Sepuluh penyebab asam lambung naik, di antaranya adalah:

  1. Usia

Usia mempengaruhi kenaikan asam lambung, semakin bertambahnya usia, maka risiko kenaikan asam lambung menjadi semakin tinggi. Hal ini karena sistem organ tubuh tidak bisa memproduksi kadar asam dengan seimbang.

  1. Konsumsi Makanan dan Minuman

Makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung adalah gorengan, daging yang berlemak tinggi, bawah merah, bawang putih, dan bawang bombay. Sementara minuman yang menyebabkan asam lambung naik adalah kafein, soda, alkohol, dan susu tinggi lemak.

  1. Waktu Makan yang tidak Teratur

Waktu makan yang tidak teratur juga menjadi pemicu naiknya asam lambung, karena jarang waktu kerja sistem pencernaan terlalu jauh.

  1. Merokok

Merokok tidak hanya berbahaya untuk kesehatan jantung dan paru-paru Anda, namun merokok juga dapat meningkatkan sekresi asam, mengganggu fungsi LES, dan mengurangi produksi air ludah yang mampu menetralkan efek asam di mulut.

  1. Stres

Ketika Anda mengalami stres, maka akan merangsang area tertentu pada otak Anda, sehingga sensitifitas pada rasa nyeri bisa meningkat. Termasuk nyeri pada ulu hati (lambung). Stres juga dapat menurunkan kadar hormon protaglandin yang berperan dalam melindungi lapisan lambung dari asam lambung.

  1. Efek Samping Obat-obatan

Hati-hati, mengonsumsi obat tertentu juga dapat memicu kenaikan asam lambung. Obat-obatan tersebut di antaranya obat untuk penyakit asma, pereda nyeri, dan darah tinggi.

  1. Defisiensi Magnesium

Kadar magnesium yang rendah bisa menimbulkan produksi LES. LES adalah otot yang mampu mencegah aliran balik makanan dan asam perut ke dalam esofagus tidak berfungsi maksimal.

  1. Defisiensi vitamin

Selain defisiensi magnesium dan mineral lain, jika tubuh Anda kekurangan vitamin, maka bisa mengganggu keseimbangan asam lambung. Itulah mengapa penting mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral demi kesehatan tubuh Anda.

  1. Masalah Kesehatan

Penyebab asam lambung naik yang selanjutnya adalah karena masalah kesehatan. Contohnya, hiatus hernia dan gastroparesis. Hiatus hernia ini membuat bagian atas lambung berpindah ke atas diafragma, sehingga melemahkan LES. Sedangkan gastroparesis membuat otot perut tidak bekerja secara optimal sehingga lambung membutuhkan waktu yang lama untuk mengosongkan isinya.

  1. Indeks Massa Tubuh Tinggi

Menurut studi yang diterbitkan oleh Annals of Internal Medicine, seseorang dengan indeks massa tubuh tinggi bisa memicu melambatnya sistem pencernaan. Ini mengakibatkan tekanan abdomen lebih besar, kinerja otot berkurang, sehingga membuat isi perut naik ke kerogkongan.

Cara Mengatasi Kenaikan Asam Lambung

Anda tak perlu khawatir, kenaikan asam lambung dapat diatasi dengan cara efektif dan efisien, salah satunya dengan menerapkan pola gaya hidup yang sehat, dan menghindari makanan dan minuman yang memicu gejala naiknya asam lambung.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Makan makanan dengan porsi lebih sedikit, namun dengan rentang waktu yang dekat, dan sebaiknya Anda juga perlu menvariasikan jenis makanan yang Anda makan.
  • Makan 2 atau 3 jam sebelum berbaring atau tertidur.
  • Saat berbaring, letakkan bantalan tambahan di bawah kepala untuk menaikkan posisi kepala Anda 10 hingga 15 centimeter.
  • Rutin melakukan tidur siang.
  • Hindari penggunaan sabuk dan pakaian yang ketat.
  • Berhenti merokok.
  • Jika mengalami obesitas, sebaiknya rajin berolahraga dan diet agar berat badan turun.

Demikian beberapa penyebab asam lambung naik yang harus Anda waspadai. Segera periksakan ke dokter jika asam lambung tidak kunjung turun untuk menghindari risiko yang bisa memicu gangguan organ tubuh lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *