Kuliner

4 Jenis Oleh-oleh Khas Medan Serba Durian

Medan merupakan nama daerah yang ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Utara. Kota medan yang dinobatkan sebagai kota terbesar di Indonesia dan kota terbesar di luar Pulau Jawa ini menyimpan banyak sekali marga suku Batak yang dimiliki oleh warganya.

Tak hanya itu saja, pintu gerbang wilayah Indonesia bagian Barat ini juga memiliki tempat wisata dan makanan khas Medan yang melegenda. Bagi para pecinta kuliner, Medan adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk berburu berbagai macam oleh-oleh khas Medan.

Perlu Anda ketahui, daerah ini sangat terkenal dengan buah duriannya yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Medan. Meskipun panen durian berlangsung pada bulan Juli hingga Agustus, namun hampir setiap hari daerah ini tak pernah absen dari stok buah durian. Rasa dagingnya yang manis, ditambah aromanya yang tajam selalu menarik perhatian para wisatawan luar Kota Medan untuk mampir menikmati kelezatan buah yang satu ini.

Mungkin jika Anda memakan daging durian langsung dari buahnya akan terasa biasa-biasa saja. Saat ini sudah banyak pebisnis makanan yang sangat kreatif dalam mengolah buah durian menjadi berbagai macam olahan makanan. Sehingga bisa mereka jadikan sebagai oleh-oleh khas Medan serba durian.

Oleh-Oleh Khas Medan Serba Durian

Jika Anda jalan-jalan ke Medan, ada 4 jenis oleh-oleh khas Medan serba durian yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang sebagai buah tangan, di antaranya:

1. Pancake Durian

Pancake durian adalah jenis kudapan yang dibungkus dengan kulit tepung yang tipis yang berisi daging buah durian asli. Hampir mirip dadar gulung. Pancake ini memiliki rasa yang sangat khas, karena saat Anda menggigitnya akan terasa daging durian yang sangat padat dan dominan.

Pancake durian yang enak terbuat dari daging durian Sidikalang Sumatera Utara yang manis dan legit, Bahkan sudah dikenal dan dinikmati oleh jutaan pecinta durian Medan di seluruh Indonesia. Anda bisa menikmati oleh-oleh Medan ini dengan berbagai varian rasa, seperti pancake durian original (durian), pandan, coklat, dan stroberi. Di mana semua varian rasa tersebut membuat pancake ini lumer di mulut dan pecah di lidah.

Pancake tanpa pengawet yang diletakkan di dalam wadah pembeku (ice pack) dapat bertahan hingga 7 hari. Namun pancake yang disimpan dalam suhu ruangan hanya dapat bertahan selama 8 jam.

2. Daging Durian Beku

Bagi Anda yang tak suka mengupas buah durian, Anda bisa langsung membeli daging durian beku yang telah dikemas dalam keadaan tertutup menggunakan plastik klip. Daging durian beku ini tentunya bisa Anda jadikan sebagai pengganti buah durian khas Medan.

Bahan baku buah durian yang digunakan berasal dari beberapa daerah penghasil durian terbaik dari Sumatera Utara seperti Sidikalang, Nias, Sibolga, dan Pahae.

Daging durian beku ini bisa dijadikan sebagai minuman jus durian, sop buah durian, es santan durian, dan berbagai macam minuman lainnya.

Dengan membeli daging durian beku sebagai oleh-oleh khas Medan mengurangi risiko mendapatkan buah durian yang kurang manis, kurang legit, dan kurang lezat. Selain itu, membawanya pun sangat mudah karena tak perlu lagi takut terkena kulit durian yang berat dan berduri.

3. Durian Goreng

Dalam menikmati buah durian tak hanya dengan memakan langsung dagingnya saja, namun ada banyak cara seperti diolah menjadi durian goreng. Durian goreng biasanya diolah setengah masak dan dalam keadaan beku sehingga para penikmat durian goreng ini bisa menggorengnya terlebih dahulu sebelum dihidangkan.

Cara menggorengnya pun jangan asal-asalan. Anda harus menyiapkan minyak goreng di dalam wajan agar olahan durian tersebut tenggelam di dalam minyak. Setelah minyak tersebut sudah sangat panas dan mengeluarkan uap, kini saatnya Anda memasukkan durian goreng ke dalam minyak tersebut.

Ingat, untuk waktu penggorengan maksimal 10 detik, lalu angkat dan hidangkan. Hal ini bertujuan untuk membuat durian goreng menjadi chruncy di luar dan cool di dalam.

Durian goreng setengah matang ini bisa Anda bawa ke rumah sebagai oleh-oleh khas Medan yang dikemas dengan baik sehingga tidak mengeluarkan bau durian yang sangat menyengat.

4. Dimsum Durian

Dimsum merupakan makanan camilan khas Hongkong. Biasanya dimsum terbuat dari olahan tepung dan ikan, udang, kepiting, dan ayam. Namun kali ini dimsum terbuat dari bahan utama yakni durian. Bisa terbayang bagaimana rasanya. Dimsum ini merupakan pilihan tepat bagi para pecinta dimsum dan durian yang bisa dinikmati dalam sekali gigit.

Dimsum durian ini tanpa menggunakan bahan pengawet dan penyedap rasa sehingga hanya bisa bertahan dalam waktu 1 bulan pada suhu beku di dalam freezer. Sehingga dapat digunakan sebagai oleh-oleh khas Medan yang bisa dimakan kapan saja. Selain itu, dimsum durian ini bisa dikirim ke luar Kota Medan / luar Pulau Sumatera dengan selamat dan masih enak.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Medan Serba Durian

Membeli buah durian dalam keadaan utuh memang sangat merepotkan karena sulit dibawa menggunakan kendaraan umum seperti pesawat, bus, kereta, dan lain-lain. Belum lagi harus membelahnya, dan tak menjamin dagingnya terasa manis legit. Membelah durian dapat berisiko tertusuk durinya yang tajam dan tangan menjadi terluka.

Saat ini Anda tak perlu repot-repot lagi untuk bisa menikmati durian Medan sebagai oleh-oleh khas Medan karena Maidanii Pancake Durian telah mengolah makanan serba durian dengan kemasan yang sangat aman dan tidak membuat olahan tersebut cepat basi meski tanpa bahan pengawet.

Oleh-oleh khas Medan serba durian ini dijual dengan harga cukup terjangkau daripada Anda harus membelah buah durian sendiri dalam keadaan utuh yang mana biji dan kulitnya tidak ikut dimakan.

Olahan durian tersebut dikemas menggunakan free packing tebal dengan ice pack (wadah pembeku). Sehingga bisa dibawa ke daerah manapun di seluruh Indonesia dengan selamat, dan sampai alamat tujuan dengan nikmat. Hal ini membuat olahan durian khas Medan ini sangat cocok dijadikan buah tangan sebagai untuk keluarga Anda yang di rumah. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan, Anda bisa menghubungi:

Outlet Maidanii Pancake Durian

Jalan HM Yamin No. 121 Medan

Buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai dengan 22.00 WIB

WhatsApp 082274270883

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *