5 Tips Teraman Naik Pesawat Saat Pandemi
Kesehatan

5 Tips Teraman Naik Pesawat Saat Pandemi

Bepergian saat pandemi Covid-19 membuat kita harus selalu waspada menjaga keamanan dan keselamatan diri sendiri. Apalagi jika bepergian menggunakan sarana transportasi umum seperti pesawat, maka Anda perlu memiliki cara untuk tetap bisa aman sampai di tempat tujuan dan terhindar dari virus Corona. Dengan naik pesawat saat pandemi, maka Anda perlu memikirkan langkah dan pergerakan Anda selama berada di perjalanan menuju bandara, bandara, ruang di dalam pesawat, hingga sampai di tempat tujuan.

Tips Teraman Naik Pesawat Saat Pandemi

Bagi Anda yang harus banget bepergian dengan naik pesawat saat pandemi ini, jangan khawatir, berikut Kibar Kabar berikan tips teraman yang wajib Anda patuhi, di antaranya:

1. Bawa Perlengkapan Kesehatan

Perlengkapan kesehatan yang wajib Anda bawa ketika naik pesawat saat pandemi meliputi masker, tisu antiseptic, hand sanitizer, dan face shield. Masker harus selalu Anda gunakan maksimal selama 4 jam. Jadi, sebaiknya Anda bawa lebih dari satu masker.

Jika Anda merasa kurang aman naik pesawat saat pandemi hanya dengan menggunakan masker, Anda bisa gunakan perlengkapan lainnya seperti face shield. Face shield ini menjadi pilihan perlengkapan teraman saat bepergian jauh.

Untuk hand sanitizer dan tisu antiseptic, ini juga wajib Anda bawa karena tangan Anda rentan menyentuh sesuatu selama di luar rumah. Tidak hanya untuk meng-sanitize tangan saja agar selalu terjaga kebersihannya, Anda juga bisa menggunakan kedua perlengkapan ini untuk mensterilkan benda-benda yang akan Anda sentuh.

2. Patuhi Protokol Kesehatan dan Keamanan Maskapai

Setiap maskapai telah memiliki prosedur khusus selama pandemi Covid-19. Dari peraturan dan prosedur yang diberlakukan, Anda perlu mematuhi segalanya. Karena peraturan tersebut diberlakukan tak lain hanya demi keamanan dan kenyamanan para penumpang.

Seperti halnya Garuda Indonesia, sebagai maskapai penerbangan di Indonesia sudah memberlakukan prosedur khusus maskapai seperti:

  • Pembatasan jumlah penumpang dalam satu pesawat.
  • Seluruh penumpang wajib mematuhi protocol kesehatan selama di bandara, di dalam pesawat, hingga keluar dari bandara.
  • Mendownload berbagai aplikasi yang bisa terintegrasi dengan data penumpang yang berkaitan dengan kondisi kesehatan dan informasi lainnya.
  • Melakukan tes kesehatan tertentu, seperti Rapid-test, Swab, PCR, dan tes lainnya.
  • Calon penumpang wajib menunjukkan surat keterangan sehat dan bebas virus corona dari hasil tes yang telah dilakukannya.
3. Sering Mencuci Tangan

Hand sanitizer saja tidak cukup, Anda juga perlu mencuci tangan sesering mungkin selama berada di bandara sampai keluar dari bandara. Langkah mencuci tangan ini bisa dilakukan ketika masuk ke kabin pesawat, sebelum mengganti masker, setelah memegang tiket pesawat, sebelum makan, sampai keluar dari pesawat.

4. Makan yang Bergizi, Minum Vitamin, dan Sering Minum Air Putih

Pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan yang fit dan jaga selalu tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi. Sebaiknya pilih makanan yang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin, yang mendukung imun tubuh. Anda juga perlu minum multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh selama bepergian.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Karena orang yang kekurangan cairan akan lebih rentan terkena virus dan bakteri. Terlebih udara dalam pesawat bisa membuat selaput lendir dalam hidung mengering.

5. Melapor ke Petugas Medis, Jika Anda atau Penumpang Lain Terindikasi Terjangkit Covid-19

Selama pandemi, setiap dari kita yang berada pada ruang publik termasuk transportasi umum seperti pesawat, tentu akan diperiksa kondisi kesehatannya.

Biasanya saat kita naik pesawat saat pandemi akan diukur suhu tubuh dan menyerahkan bukti keterangan sehat dari surat yang resmi.

Namun, terkadang tidak semua penumpang memiliki kondisi tubuh yang sehat. Oleh karenanya, Anda perlu melapor ke petugas apabila ada penumpang yang merasa sakit atau terindikasi terinfeksi virus Corona. Anda juga bisa melapor ke petugas medis, jika Anda pernah melakukan kontak langsung dengan pengidap virus corona.

Demikian beberapa tips teraman ketika naik pesawat saat pandemi Covid-19. Jangan remehkan protocol kesehatan yang sudah diberlakukan oleh pihak bandara maupun pihak maskapai. Karena kita tidak pernah tahu apakah di sekitar kita ada penumpang yang terindikasi terjangkit virus Corona, atau bahkan bisa saja kita sebagai pembawa virus tersebut.

Jadi, tetap waspada, jaga imunitas dan kesehatan tubuh Anda, dan jangan lupa gunakan masker dan peralatan medis yang wajib Anda bawa, agar terhindar dari virus Covid-19.

Nur Atinal Khusna
a full time digital marketer, a freelance copywriter and content writer. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *