7 Tips Mencari Tempat Usaha atau Bisnis yang Strategis
Bisnis

7 Tips Mencari Tempat Usaha atau Bisnis yang Strategis

Berbicara mengenai tempat usaha atau bisnis yang strategis, tentu yang langsung terlintas di pikiran Anda adalah makanan dan kota besar yang ramai pengunjungnya. Kedua hal ini memang tidak lepas dari budaya orang Indonesia yang penasaran dengan cita rasa makanan yang baru. Bahkan hal ini bisa membuat tempat usaha tersebut viral karena makanan yang dijualnya.

Selain usaha kuliner atau usaha lainnya, bisnis perkantoran juga dengan mudah bisa tumbuh berkembang jika lokasinya strategis, yakni di kota-kota besar. Memang, diakui jika di kota-kota besar sarana transportasi dan akses jalan sangat mudah untuk ditempuh. Entah itu para klien, customer, maupun partner yang bekerjasama dengan bisnis tersebut.

Bagi Anda para pebisnis atau pengusaha pemula maupun yang ingin mengembangkan bisnisnya di kota lain (buka cabang), Anda bisa mempraktikkan tips berikut ini untuk mencari tempat usaha atau bisnis yang strategis sehingga bisa mendatangkan profit dengan cepat. Tips-tips tersebut di antaranya:

1. Dekat dengan Ibu Kota

Tips pertama yang menjadi pertimbangan bagi Anda untuk mencari tempat usaha atau bisnis yang strategis adalah dekat dengan kawasan Ibu Kota. Karena ibu kota Tanah Air kita ini memang dikelilingi oleh beragam jenis bisnis atau usaha yang sangat ramai aktivitasnya. Baik itu weekend maupun weekday.

Ditambah lagi, biasanya bisnis-bisnis yang dekat dengan Ibu Kota Jakarta ini berlokasi di Jabodetabek dan Bandung. Tapi, sebenarnya Anda juga bisa memilih sewa kantor di kota-kota besar lainnya, seperti Medan, Surabaya, Jogjakarta, dan masih banyak lagi kota besar lainnya. Yang jelas, kota Jakarta ini menjadi the center of business yang tak pernah lekang oleh zaman.

2. Dekat dengan Kawasan Perumahan

Jika Anda ingin mencari tempat sewa ruko yang strategis, pilihlah yang dekat dengan kawasan perumahan. Karena selain bisa dijadikan sebagai kantor, ruko ini juga bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk menjual makanan seperti café-café pada umumnya. Yang mana, saat ini yang masih trend di Indonesia adalah café yang menjual minuman serba kopi.

Tentu akan banyak para warga di perumahan tersebut yang akan berkunjung ke café Anda. Apalagi kalau café yang Anda miliki itu adalah satu-satunya yang baru ada di tempat tersebut.

3. Wilayah Kampus dan Mahasiswa

Mahasiswa tak akan pernah terlepas dari kegiatan kampus, hingga mereka lulus. Pastinya, selama mereka hidup di kampus sebagai mahasiswa, mereka perlu asupan gizi yang sehat.

Ini bisa menjadi pilihan Anda untuk sewa ruko sebagai tempat untuk menjual makanan berat hingga makanan ringan bagi mahasiswa yang kelaparan maupun mahasiswa yang ingin nongkrong bersama dengan teman-temannya. Dijamin, wilayah kampus dan mahasiswa ini merupakan tempat usaha atau bisnis yang strategis.

4. Dekat dengan Tempat Hiburan

Meskipun di tempat hiburan sama-sama menjual makanan, tidak ada salahnya jika Anda sewa ruko sebagai lapak untuk mengembangkan bisnis Anda di dekat tempat hiburan tersebut.

Ruko ini bisa dijadikan sebagai kantor atau café. Keduanya bisa Anda pilih sesuai dengan rencana Anda. Jika akan Anda jadikan café, maka juallah makanan atau minuman yang unik, yang berbeda dari yang dijual di tempat hiburan tersebut.

Namun, jika ingin Anda jadikan sebagai kantor, maka bisa Anda jadikan sebagai bisnis fitness atau gym. Yang mana setiap kali orang yang berolahraga di ruko Anda, setelah itu mereka bisa jalan-jalan ke tempat hiburan di dekatnya. Sama-sama menguntungkan, bukan?

Tips Mencari Tempat Usaha atau Bisnis yang Strategis: Ruko

5. Jalanan Mudah Diakses

Rekomendasi tempat usaha atau bisnis yang strategis yang kelima adalah jalanannya mudah diakses. Mudah diakses ini artinya tidak rawan macet, terhindar dari banjir, kondisi jalan yang bagus, dan transportasi yang memadai.

Tentu ini sangat menguntungkan bagi orang yang sewa kantor untuk bisnisnya. Karena klien ataupun customer Anda akan merasa nyaman selama perjalanan sehingga menimbulkan perasaan senang ketika berkunjung ke kantor Anda.

6. Harga Sewa / Beli Terjangkau

Bagi Anda yang ingin beli maupun sewa kantor atau ruko, meskipun Anda menginginkan tempat yang strategis, Anda juga harus mempertimbangkan harganya. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga yang mahal karena tempatnya yang bagus dan mudah dijangkau. Di sini Anda harus tetap menawar untuk mendapatkan kesepakatan harga yang sesuai dengan budget Anda.

Tips Mencari Tempat Usaha atau Bisnis yang Strategis: Startup

7. Memiliki Bangunan Unik

Tips yang terakhir dalam mencari tempat usaha atau bisnis yang strategis adalah bangunan tersebut unik dan mudah diingat oleh pengunjung pemula. Jika bangunan sewa ruko atau kantor yang Anda temukan itu kuno, Anda bisa merenovasi kembali. Sehingga memunculkan kesan lain daripada yang lain.

Demikian 7 tips dalam mencari tempat usaha atau bisnis yang strategis, baik itu sewa kantor maupun ruko yang wajib Anda ketahui. Dengan memperhatikan dan mempraktikkan tips tersebut, kemungkinan besar usaha Anda akan tumbuh berkembang secara cepat dan mendapatkan klien atau pelanggan yang loyal. Semoga sukses selalu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *