9 Cara Membersihkan Sepatu Putih Terlihat Seperti Baru Beli
Gaya Hidup

9 Cara Membersihkan Sepatu Putih Terlihat Seperti Baru Beli

Membersihkan sepatu putih terbilang cukup susah jika Anda tidak tahu caranya. Pasalnya, sepatu termasuk jenis fashion yang dipakai sebagai alas kaki, yang sering digunakan untuk berjalan dan menginjak tanah. Sehingga tak heran kalau sepatu yang Anda pakai sering cepat kotor, apalagi sepatu yang warnanya putih. Itulah mengapa Anda harus bisa mengerti cara membersihkan sepatu putih agar selalu terlihat seperti baru beli.

Cara Membersihkan Sepatu Putih Kesayangan Anda

Nah, jangan pusing, jangan pening, caranya mudah kok. Yuk simak 9 cara membersihkan sepatu putih yang bisa Anda lakukan yang tidak perlu usaha lebih dan sepatu putih yang Anda miliki pun tampak selalu bersih dan baru lagi.

1. Membersihkan dengan Pasta Gigi

Siapa yang langsung ingat menyikat gigi lebih bersih dan putih jika memakai pasta gigi? Nah, ternyata pasta gigi juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan sepatu putih lho!

Cara membersihkan sepatu putih dengan pasta gigi tidak terlalu rumit dan menguras tenaga. Cukup oleskan saja ke permukaan sepatu putih yang kotor secara perlahan. Kemudian segera bersihkan dengan handuk basah atau lap basah. Sehingga bekas pasta gigi dan noda sepatu bisa hilang menyeluruh.

2. Menghilangkan Noda Minyak dengan Shampoo

Sepatu putih yang ketumpahan minyak pasti langsung membekas noda minyaknya. Tenang, Anda bisa gunakan shampoo yang biasa Anda pakai untuk menghilangkan noda minyak yang membandel tersebut.

Cara membersihkan sepatu putih dengan shampoo, cukup sikat perlahan bagian yang terkena tumpahan minyak. Kemudian bilas menggunakan air hangat agar noda bisa terangkat maksimal.

3. Menghilangkan Noda Membandel dengan Cuka

Namanya juga sepatu putih, pasti kalau ada noda sedikit langsung kelihatan. Namun bagaimana jika nodanya membandel dan sulit dibersihkan dengan menggunakan sabun?

Maka Anda bisa gunakan cairan cuka dengan cara menggosokkannya secara perlahan pada permukaan sepatu yang kotor. Lakukan penggosokan secara berulang-ulang sampai noda membandel itu hilang.

4. Menutup Goresan Permukaan Sepatu dengan Kuteks

Kuteks atau cat kuku ternyata bisa Anda gunakan untuk menutup goresan pada permukaan sepatu. Biasanya goresan itu terlihat pada sepatu berbahan kulit sintetis yang terkena benda tajam.

Meskipun kuteks yang menempel pada permukaan sepatu tidak bersifat permanen, namun Anda bisa mengoles kuteks pada permukaan sepatu yang tergores secara berulang.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari secara Langsung

Tahapan pengeringan yang harus Anda lakukan ketika menjemur sepatu putih adalah jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari. Karena sinar matahari yang terlalu kuat bisa membuat warna sepatu yang putih berubah menjadi kecoklatan. Kemudian simpan juga sepatu Anda di tempat sejuk dan gelap, sehingga warna aslinya tetap terjaga.

6. Percepat Pengeringan dengan Tisu

Cara ini bisa Anda lakukan saat musim hujan, karena mengeringkan sepatu pasti terasa lebih lama daripada biasanya. Tisu memiliki daya serap yang sangat tinggi, sehingga membantu sepatu cepat kering.

7. Rendam Tali Sepatu Putih di Dalam Air Hangat

Hanya tali sepatunya saja ya, untuk sepatunya sendiri sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat lem yang menempel di sepatu menjadi tidak rekat lagi. Cara merendam tali sepatu adalah dengan memasukkannya ke dalam air hangat dicampur sabun. Rendam selama 10 menit (minimal). Lalu kucek dengan menggunakan tangan, atau disikat dengan sikat gigi agar nodanya menghilang.

8. Hindari Mencuci dengan Mesin

Sepatu putih yang terbuat dari kulit sintetis sangat rentan terhadap goresan, apalagi jika Anda cuci dengan mesin. Jadi, hindari pencucian sepatu dengan mesin ya agar permukaan sepatu tetap terawat.

9. Membersihkan dengan Sabun Cuci Piring

Mungkin sabun deterjen sudah biasa, tapi ada juga sabun deterjen yang ampuh membersihkan sepatu putih. Tapi kalau sabun detergen Anda kurang maksimal kinerjanya, Anda bisa gunakan sabun cuci piring. Cara membersihkannya hampir sama dengan saat Anda membersihkan sepatu putih menggunakan pasta gigi.

Demikian 9 cara membersihkan sepatu putih yang mudah, cepat, dan aman. Jangan lupa sesuaikan dengan bahan sepatu putih yang Anda miliki ya. Karena percuma jika Anda menggunakan cat kuku untuk menutup goresan sepatu yang berbahan kanvas.

Mudah-mudahan cara tersebut bermanfaat untuk Anda, dan dapat menjadikan sepatu putih Anda menjadi seperti bar uterus. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *