Aneka Jenis CCTV Beserta Kelebihannya
Teknologi

Aneka Jenis CCTV Beserta Kelebihannya

CCTV biasanya digunakan di tempat-tempat yang vital, seperti ruang kantor, lobby hotel, rumah, jalan raya, dan lain sebagainya. Tentu saja setiap tempat tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga jenis CCTV yang digunakan juga berbeda setiap tempatnya.

Hal ini disebabkan oleh spesifikasi dan fungsi CCTV yang sangat beragam, dimana setiap CCTV memiliki fungsi serta kelebihan tersendiri. Di sini Anda harus tahu terlebih dahulu macam-macam CCTV sebelum membeli dan menggunakannya.

Aneka Jenis CCTV Beserta Kelebihannya

Umumnya CCTV dibedakan menjadi beberapa jenis, mulai dari Dome Camera, IP Camera, Weather Camera, dan masih banyak lainnya. Setiap kamera memiliki fungsi serta kelebihan masing-masing yang harus Anda ketahui saat ingin memasang kamera CCTV tersebut.

1. Dome Camera

Dome Camera menjadi jenis CCTV yang paling sering digunakan saat ini. Bentuknya yang fleksibel serta desain modern membuatnya banyak disukai. Dome Camera umumnya memiliki bentuk bulat seperti kubah, dimana kameranya bisa diputar hingga 360° sesuai dengan kebutuhan.

Kamera ini sendiri biasanya digunakan di indoor, namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan di outdoor juga. Tak heran Anda bisa menemuinya dengan mudah di berbagai tempat, seperti kantor, mall, hotel, rumah, tempat umum, dan lain sebagainya.

Alasan lain mengapa jenis CCTV ini digemari ialah dari segi harganya, karena harganya yang cenderung lebih terjangkau daripada kamera lainnya. Dome Camera biasa dibanderol dengan harga satu hingga dua jutaan saja per unitnya, sehingga cocok untuk digunakan di tempat yang membutuhkan CCTV banyak.

2. Weather Camera

Ada juga jenis kamera berupa Weather Camera, seperti namanya CCTV ini dibuat khusus untuk kebutuhan outdoor. Hal ini karena ia memiliki ketahanan yang sangat kuat, terutama tahan iklim panas atau hujan seperti di negara Indonesia.

Weather Camera biasanya ditempatkan di area yang lebih terbuka, misalnya saja halaman depan mall, area parkir, hingga untuk CCTV jalan sekalipun. Tentunya bila Anda butuh kamera pengawas untuk area terbuka, maka Weather Camera bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda miliki.

Selain tahan akan cuaca yang ekstrem, CCTV ini juga tahan terhadap faktor lingkungan lain. Semisal angin kencang, debu, atau faktor eksternal lainnya. Hal inilah yang membuat kamera tersebut semakin bagus untuk dipilih sebagai kamera outdoor.

Untuk mendapatkan Weather Camera ini, Anda bisa mengunjungi situs Bhinneka.com. Di sini terdapat banyak varian Weather Camera yang bisa Anda pilih, selain itu ada juga peralatan elektronik lain lengkap bila Anda juga membutuhkannya.

3. IP Camera

CCTV yang tak kalah eksis lainnya ialah IP Camera, dimana kamera ini sendiri lebih praktis ketimbang kamera lainnya. IP Camera bekerja menggunakan jaringan nirkabel seperti Wi-Fi, sehingga proses pengiriman data menjadi lebih efektif.

Misalnya saja Anda menempatkan kamera ini di kantor, sedangkan Anda keluar kantor untuk beristirahat. Maka Anda bisa tetap mengecek kondisi kantor melalui laptop ataupun HP yang Anda miliki.

Di beberapa jenis IP Camera juga sudah dilengkapi dengan battery, sehingga bila terjadi listrik mati maka ia tetap bisa menyala selama beberapa waktu. Hal ini membuatnya sangat bagus untuk Anda gunakan dalam mengawasi tempat-tempat yang dinilai sangat penting.

4. Speed Dome Camera

Speed Dome Camera merupakan jenis CCTV paling canggih saat ini, ia bekerja dengan cara mengenali objek yang ada dengan sinar infrared. Kamera akan mengikuti pola atau gerakan objek sesuai dengan perintah, sehingga Anda bisa melihat semua gerakan yang ada dalam sebuah ruangan.

Apalagi Speed Dome Camera mempunyai rotasi yang lebih kompleks, mulai dari horizontal 360°, vertikal 90°, ataupun berbalik arah hingga 180°. Dengan begitu, semua objek di bawahnya akan bisa dilihat tanpa terkecuali sedikitpun.

Mengingat menggunakan jaringan wireless, CCTV ini juga sangat fleksibel untuk ditempatkan dimana saja. Bahkan Anda bisa memasangnya sendiri tanpa ribet harus meminta operator untuk memasangnya.

5. Explosion Proof Camera

Selanjutnya terdapat CCTV berjenis Explosion Proof Camera, mungkin jenis inilah yang memiliki ketahanan paling kuat di antara kamera lainnya. Hal tersebut dilihat dari penggunaannya yang ada di tempat rawan, seperti pabrik, pertambangan, gudang, hingga tempat yang rawan ledakan sekalipun.

Explosion Proof Camera akan tetap bertahan meski terkena air, asap, api, ataupun hal berbahaya lainnya. Tentunya bila Anda butuh CCTV dengan proteksi sangat kuat, maka kamera berjenis Explosion Proof Camera bisa menjadi pilihan yang tepat.

Terlepas dari ketahanannya yang sangat kuat, jenis CCTV ini juga memiliki kualitas perekaman yang cukup baik, seperti color camera, resolusi HD+, optical zoom, realtime transfer data, dan masih banyak lagi lainnya.

6. Camouflage Camera

Menggunakan CCTV untuk mengawasi secara tersembunyi bisa Anda lakukan dengan menggunakan Camouflage Camera. Seperti namanya kamera ini mampu merekam di tempat-tempat yang rahasia, karena ia berbentuk benda lain yang terlihat seakan bukan kamera pengawas.

Biasanya kamera jenis ini digunakan untuk mengawasi tempat yang benar-benar penting, dimana ia bisa mengetahui secara luas di area sekitar. Bentuknya yang fleksibel juga membantu agar kamera bisa diletakkan dengan posisi apa saja.

7. Infrared Camera

Merekam kondisi di area gelap menjadi kelebihan utama CCTV berjenis Infrared Camera, cara kerja kamera ini sendiri ialah dengan menembakkan sinar inframerah. Dengan begitu, saat terkena objek akan ditampilkan berupa bentuknya di layar monitor.

Infrared Camera bisa Anda gunakan di gudang penyimpanan, aula rumah, halaman, dan tempat lain yang benar-benar gelap. Di sini Anda tidak perlu lagi takut bila mempunyai tempat yang minim cahaya, karena sudah ada CCTV Infrared Camera tersebut.

Walaupun menggunakan sinar inframerah sebagai media perekamnya, namun hasil dari CCTV ini sudah sangatlah jelas. Setidaknya Anda bisa mengetahui karakteristik atau wajah seseorang yang masuk tanpa izin ke rumah yang Anda miliki.

8. Standard Box Camera

Jenis CCTV yang terakhir merupakan yang paling sering digunakan, dimana CCTV ini biasanya dijual dalam bentuk paket atau biasa disebut Standard Box Camera. Jenis CCTV ini bisa bekerja secara bersama-sama dan memantau banyak tempat sekaligus.

Umumnya ia terkoneksi secara langsung ke sebuah monitor besar, di situ terdapat bagian-bagian CCTV yang mengawasi tempat yang berbeda-beda pula. Namun, yang menjadi kekurangan kamera pengawas ini adalah tidak bisa digunakan secara otomatis.

Di sini Anda perlu memantau sendiri atau menyuruh orang memantau melalui monitor, karena Standard Box Camera tidak bisa bergerak dengan sendiri. Anda harus mengarahkan kamera secara manual melalui media control untuk menentukan area mana yang harus direkam, apalagi area perekaman juga masih terbilang sempit dan belum bisa 360°.

Bila Anda tertarik membeli salah satu jenis CCTV di atas, maka Anda bisa membeli berbagai CCTV Terbaru di situs bernama Bhinneka.com. Dimana situs ini menawarkan aneka paket kamera pengawas, setiap paket berisi 2, 4, 6, atau 8 kamera. Tentunya cocok untuk Anda yang butuh CCTV dalam jumlah banyak, baik untuk kantor atau mengawasi tempat bisnis yang Anda miliki.

Nur Atinal Khusna
a full time digital marketer, a freelance copywriter and content writer. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *