Belajar Membuat Program Lebih Mudah Lewat Kursus Pemrograman
Teknologi

Belajar Membuat Program Lebih Mudah Lewat Kursus Pemrograman

Banyak generasi muda sekarang yang semakin tahu tentang dunia pemrograman. Zaman tahun 90-an di mana perangkat komputer masih dipakai oleh kalangan terbatas, kita tidak banyak bersentuhan dengan dunia pemrograman.  Namun di zaman sekarang hampir setiap industri membutuhkan tenaga kerja pemrograman. Perangkat komputer baik hardware maupun software pendukung untuk melakukan pemrograman juga semakin mudah untuk didapatkan. Dari sini lah terbuka kursus pemrograman yang memfasilitasi seseorang untuk belajar bahasa program lebih mudah.

Selain kursus pemrograman, kita juga mengenal banyak sekolah IT atau universitas dengan jurusan IT yang mengajarkan pemrograman. Kursus bahasa pemrograman ini biasanya diperuntukkan bagi kalangan umum yang ingin mengetahui tentang dunia coding. Tapi tidak jarang juga seorang programmer yang sudah berpengalaman ikut kursus bahasa pemrograman, karena hal ini berguna untuk meng-upgrade pengetahuan programmer tersebut.

Lalu, apa saja yang diajarkan melalui kursus pemrograman dan bagaimana alur atau cara belajarnya? Jawabannya bisa sangat beragam tergantung jenis kursusnya, bahasa pemrograman yang diajarkan, latar belakang pendidikan pesertanya, dan lain sebagainya. Tapi kita bisa menyimpulkan secara general alur atau tata cara belajar pemrograman lewat kursus seperti beberapa poin di bawah ini.

Install Software Pendukung

Untuk belajar pemrograman kita butuh sejumlah software pendukung. Tidak banyak software pendukung yang diperlukan, karena tergantung bahasa pemrograman apa yang ingin kita pelajari pada kursus tersebut.

Belajar Membuat Program Lebih Mudah Lewat Kursus Pemrograman 1

Misal untuk kursus pemrograman Java maka kita perlu install Java Development Kit atau JDK untuk melakukan kompilasi program yang kita buat. Kemudian kita juga perlu menginstall IDE (Integrated Development Environment) seperti Eclipse sebagai tempat menuliskan baris coding yang akan kita buat.

IDE adalah hal yang penting untuk dipasang. Bahkan hampir semua bahasa pemrograman sebaiknya menggunakan IDE sebagai tempat penulisan baris coding. Dengan menggunakan IDE maka seorang programmer lebih dimudahkan untuk membuat dan mengatur baris-baris coding. VS Code misalnya, adalah IDE yang paling bagus dipakai untuk menuliskan baris coding JavaScript, React Js dan bahasa pemrograman berbasis .Net.

Belajar Membuat Program yang Paling Sederhana

Langkah ini adalah ritual penting pada saat awal belajar bahasa pemrograman. Tujuan dari langkah ini adalah untuk membuat program yang sangat sederhana yang dapat berjalan dengan baik.

Hal ini penting untuk membuat kesan bagi peserta kursus bahwa mereka bisa menjalankan bahasa pemrograman tersebut dengan baik. Biasanya pada langkah ini peserta kursus hanya diminta untuk menuliskan kata “Hello World” dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Belajar Variabel

Hampir semua bahasa pemrograman mempunyai variabel. Variabel adalah suatu wadah untuk menampung data. Data yang ditampung bisa berupa angka, teks, bilangan desimal atau obyek.

Pemrograman bisa dikatakan menulis perintah-perintah dengan menghitungkan data-data tersebut. Data bisa digunakan sebagai input suatu proses dan juga bisa dipakai sebagai data output suatu proses.

Belajar Materi Inti

Setelah belajar variabel baru, tahap selanjutnya akan masuk kepada materi inti belajar coding. Materi inti bisa banyak sekali ragamnya tergantung bahasa pemrograman apa yang dipelajari. Misal apabila belajar Java maka kita perlu belajar OOP (Object Oriented Programming), Array, perulangan, kondisi dan sebagainya. Untuk belajar PHP kita perlu belajar juga Array, perulangan, kondisi, ditambah dengan cara membuat dokumen HTML dengan menggunakan PHP.

Belajar Membuat Program Lebih Mudah Lewat Kursus Pemrograman 2

Tugas Akhir

Pada bagian akhir dari kursus pemrograman, biasanya peserta diminta untuk mengerjakan tugas akhir berupa mini proyek. Pada tugas akhir ini, peserta diminta untuk mengerjakan skenario yang cukup rumit dan harus menyelesaikan skenario itu dengan menggunakan bahasa pemrograman yang dipelajari sebelumnya. Tugas akhir ini nanti akan diperiksa oleh instruktur.

Mendapatkan Sertifikat

Setelah peserta menyelesaikan semua materi kursus pemrograman dan selesai mengerjakan tugas akhir biasanya peserta akan lolos dari kursus tersebut. Peserta yang lolos akan diberikan sertifikat baik sertifikat yang di-print pada kertas ataupun sertifikat digital.

Nur Atinal Khusna
a full time digital marketer, a freelance copywriter and content writer. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *