Teknologi

Cara Membuat Blog Termudah bagi Para Blogger Pemula

Di era mileneal ini, sudah banyak sekali blog / website / web yang sukses meraih kepopulerannya di dunia internet. Di samping kepopulerannya itu, ada banyak sekali keuntungan yang bisa mereka dapatkan. Seperti dari pemasangan eksternal di artikel, pemasangan iklan, review produk, dan lain-lain. Seiring meningkatnya penggunaan blog, memicu seseorang harus mengetahu bagaimana cara membuat blog termudah.

Sebenarnya dalam membuat blog itu tidaklah mudah. Tapi ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti dengan baik. Apabila Anda ingin memiliki blog yang berkualitas.

Pengertian Blog

Lantas, apa yang disebut dengan blog?

Blog merupakan sebuah aplikasi yang mucul di internet apabila kita ketikkan alamatnya pada pencarian google. Sebuah blog biasanya berisi data-data tertentu. Bisa berupa foto, video, tulisan, dan lain-lain. Blog pertama kali dipopulerkan oleh platform milik Pyra Labs, dengan nama blogger(dot)com.

Sebuah blog akan semakin mudah berkembang dan berkualitas jika didukung oleh banyaknya komunitas blogger. Tentunya para blogger tersebut adalah seseorang yang aktif mengelola blog-blog tertentu di internet.

Cara Membuat Blog

Berikut langkah-langkah yang menjelaskan cara membuat blog ermudah bagi para blogger pemula:

1. Menentukan tema blog yang akan dikelola

Terdapat beragam jenis tema blog yang bisa Anda gunakan sebelum membuat blog yang sebenarnya. Tema-tema blog tersebut misalnya tentang:

  • Tutorial
  • Informasi
  • Food dan Traveling
  • Review Produk
  • Berita (News)
  • Game
  • Teknologi
  • Politik
  • Kesehatan
Foto oleh digitalentrepreneur.id

2. Sesuaikan tema blog dengan nama domain

Domain merupakan sebuah nama yang unik yang merepresentasikan alamat sebuah blog. Nama domain tersebut sangat menentukan perkembangan blog. Semakin bagus nama domainnya maka blog akan semakin mudah diingat dan memiliki banyak pengunjung.

Nama domain terdiri dari beberapa macam sesuai dengan ekstensinya. Di dalam cara membuat blog, nama domain harus disesuaikan dengan tema. Misalnya:

  • .com digunakan untuk blog yang cocok untuk segala kebutuhan.
  • .net digunakan untuk blog yang mengacu pada internet.
  • .id digunakan untuk blog yang berada di Indonesia.

4. Pilih nama domain yang unik

Pikirkan dan pilih nama domain yang unik agar mudah dikenal. Namun Anda harus tetap memperhatikan ekstensi domain yang digunakan dengan tema blog Anda. Cara membuat blog ini menjadi investasi terbesar bagi Anda di masa yang akan datang jika blog Anda selalu aktif.

5. Cek domain availability dan authority

Langkah dalam cara membuat blog selanjutnya adalah mengecek domain availability (ketersediaan domain) dan domain authority. Pengecekan domain availability bisa menggunakan tools cekdomain.com. Sedangkan untuk mengecek domain authority bisa menggunakan tools moz.com.

6. Pilih hosting sesuai dengan kebutuhan

Hosting merupakan media penyimpanan data-data yang dimiliki oleh blog. Hosting ini sangat berhubungan dengan beberapa fitur yang menunjang kinerja blog. Seperti core CPU, bandwidth, SSD, dan fitur lainnya. Anda bisa mencari panduan termudah dalam membeli domain dan hosting untuk memudahkan Anda dalam mengelola website/blog.

Biasanya para blogger lebih hati-hati dalam memilih hosting dan disesuaikan dengan kebutuhan blog. Mereka lebih tertarik dengan hosting yang murah dan fiturnya berkualitas tinggi. Seperti hosting murah DomaiNesia. Hal ini akan membuat pengeluaran lebih hemat. Selain itu, keamanan dan kualitas blog pun akan selalu terjaga.

4. Gunakan fitur instant deploy

Fitur instant deploy cocok digunakan bagi user yang ingin membuat blog profesional. DomaiNesia ternyata menyedikan fitur ini. Instant deploy merupakan fitur yang memudahkan Anda dalam membuat blog/website. Di DomaiNesia, Anda dapat membuat blog hanya dengan sekali klik dengan menggunakan fitur instant deploy.

5. Mempercantik blog

Inilah hal yang ditunggu-tunggu dalam melakukan cara membuat blog. Mempercantik blog merupakan usaha yang gampang-gampang susah. Hal ini bergantung pada kreativitas Anda dan pengetahuan dalam mengisi sesuatu yang akan tayang di blog. Bisa berupa pengaturan tema dan isinya mengenai kustomisasi blog. Serta mengisi blog dengan tulisan, video, gambar, dan lain-lain.

6. Optimisasi blog mulai dari sekarang

Sembari Anda mempercantik blog dengan mengisinya menggunakan beberapa konten. Anda juga harus melakukan optimisasi blog agar cepat dikenal oleh pengunjung. Optimisasi blog harus didasarkan pada SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas blog. Sehingga blog akan:

  • memiliki traffic yang tinggi,
  • berada di halaman Google teratas,
  • berada di peringkat satu Google
  • memiliki pengunjung blog yang banyak
Foto oleh advancedwebranking.com

7. Amankan blog Anda dengan perangkat khusus

Cara membuat blog yang terkahir adalah memperhatikan segi keamanan. Apabila Anda serius dan ingin mengembangkan blog menjadi situs yang lebih besar. Maka amankan blog Anda dengan perangkat khusus. Perangkat khusus tersebut seperti SSL. Fitur keamanan ini bisa mencegah blog Anda dari serangan malware, hacker, virus, dan lain-lain.

Foto oleh aajinfotech.com

Anda juga harus:

  • menggunakan username default (admin),
  • menggunakan password yang aman,
  • memasang plugin security, seperti All In One WP Security & Firewall atau WordFence,
  • melakukan update WordPress.

Serta beberapa cara yang lain yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan blog Anda.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membuat blog termudah yang bisa dilakukan oleh para blogger pemula. Cara ini sudah dicoba oleh blogger sejati yang serius dalam mengelola blognya. Sebab blog termasuk investasi tersebesar di dalam dunia internet. Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan uang dari blog yang Anda miliki. Syaratnya Anda harus benar-benar serius mengelola blog tersebut. Beberapa langkah tersebut harus Anda perhatikan dengan saksama. Untuk bisa mendapatkan blog yang memiliki tingkat keamanan dan kualitas yang tinggi. Selamat mencoba, semoga Anda menjadi blogger yang profesional!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *