pinjaman online
Bisnis

Definisi, Jenis-jenis, Keuntungan, dan Cara Mendapatkan Pinjaman Online dengan Cepat

Meminjam uang atau dana merupakan hal yang wajar dalam dunia bisnis maupun rumah tangga. Tinggal Anda harus teliti dan cerdas dalam memilih jasa yang akan meminjami Anda dana tersebut. Apakah penyelenggara pinjaman uang tersebut sudah masuk ke daftar Otoritas Jasa keuangan (OJK) atau merupakan jasa perbankan Indonesia. Hal ini berlaku untuk pinjaman dalam bentuk apapun, baik itu Kredit Usaha Rakyat, koperasi, peer to peer landing, hingga pinjaman online (pinjol).

Nah, saat ini yang masih marak digunakan adalah pinjaman online. Semakin maraknya jenis-jenis pinjol dan banyaknya lembaga / instansi / jasa keuangan yang menawarkan pinjaman ini, membuat Kibar Kabar tertarik untuk membahas penjelasan khusus tentang pinjaman online.

Definisi Pinjaman Online

Pinjaman online disebut sebagai sebuah fasilitas untuk meminjam uang yang diselenggarakan oleh penyedia jasa keuangan (fintech) dengan cara beroperasi secara online. Biasanya jenis pinjaman ini langsung cair dan tanpa jaminan apapun. Ditambah lagi, mereka tidak perlu tatap muka secara langsung, tidak perlu mengajukan permohonan, dan tidak perlu repot-repot mendatangi kantor jasa pinjaman online. Itulah mengapa banyak masyarakat yang tertarik mengambil pinjol.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, serta perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yang sebagian besar ingin cashless dan serba internet, memudahkan fintech mendapatkan para kliennya.

Biasanya pemohon hanya mengirimkan sejumlah persyaratan yang dibutuhkan, itu pun dilakukan secara online. Setelah semua persyaratan terpenuhi, jasa fintech akan mengadakan wawancara kelayakan kredit via telepon.

Ya, Anda cukup mengajukannya di kantor atau sambil bersantai di rumah, lalu akses website jasa pinjol, dengan begitu transaksi keuangan terkait transfer dana pinjaman akan dilakukan secara cepat, mudah, di mana pun, dan kapan pun Anda butuhkan.

Jenis-Jenis Pinjaman Online

Hampir sama dengan pinjaman konvensional, pinjaman online juga dibagi menjadi beberapa jenis. Pada umumnya, jenis-jenis pinjaman ini dibedakan berdasarkan jumlah pinjaman, suku bunga, agunan, tujuan pembiayan, hingg jangka waktu pinjaman (tenor).

Sekarang saatnya kita bahas mengenai jenis-jenis pinjaman online, di antaranya:

  1. Kredit Karyawan atau pinjaman karyawan merupakan salah satu jenis pinjol yang dirancang khusus untuk karyawan yang aktif bekerja di lembaga, instansi, perusahaan, startup, atau badan usaha mana pun. Syarat utamanya hanya melampirkan SK Pengangkatan PNS atau Pegawai Tetap, rekomendasi pejabat atau atasan yang berwenang, serta slip gaji.
  2. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan salah satu jenis pinjol yang ditujukan kepada nasabah yang ingin membeli rumah dengan sistem pembayaran cicilan. KPR ini biasanya sering diminati oleh para pasangan yang baru saja menikah yang ingin memiliki tempat tinggal tetap berupa rumah. KPR ini biasanya diselenggarakan fintech dengan kerja sama bank milik negara maupun swasta.
  3. Kredit Kendaraan, baik berupa motor maupun mobil, juga dapat Anda ajukan secara online. Biasanya para jasa pinjol meminta bukti kepemilikan tempat sendiri, uang muka sesuai ketentuan, dan slip gaji.
  4. Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan jenis produk pinjaman secara online dan bersifat pribadi. KTA ini tidak mensyaratkan agunan atau jaminan atas kredit yang diajukan oleh pemohon. Hanya saja biasanya fintech memberikan syarat utama pengajuan KTA berupa kepemilikan kartu kredit.
  5. Pinjaman usaha atau kredit usaha merupakan pinjaman yang digunakan dengan tujuan untuk modal sebuah usaha atau bisnis. Biasanya pinjaman ini diajukan oleh para pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya hingga naik kelas.

Keuntungan Mengambil Pinjaman Online

Perlu Anda ketahui, salah satu bank terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan regional hingga internasional yang mengadakan berbagai jenis pinjol adalah Maybank. Anda bisa mengambil pinjol dari Maybank sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Selain menawarkan pinjaman, bank swasta terkemuka di Indonesia ini juga memiliki produk reksa dana. Reksa dana ini bisa Anda gunakan sebagai solusi investasi masa depan. Pastinya Anda tak perlu mempertanyakan lagi kinerjanya, karena sudah pasti berpengalaman dan profesional dalam melayani nasabahnya.

Adapun keuntungan yang Anda dapatkan ketika mengambil pinjaman online di Maybank Indonesia adalah:

  1. Limit pinjaman cukup besar, yakni mulai dari Rp 150 juta untuk nasabah non payroll, hingga Rp 250 juta untuk nasabah payroll.
  2. Tenor cukup lama, yaitu 3 tahun untuk nasabah non payroll dan 5 tahun untuk nasabah payroll.
  3. Cicilan tetap dilakukan setiap bulan.
  4. Suku bunga yang rendah, mulai dari 0,79%.
  5. Waktu pencairan dana cepat, dana akan cari dalam 3 hari sejak semua dokumen diterima bagi nasabah yang sudah memiliki Maybank Tabungan.

Cara Mendapatkan Pinjaman Online secara Cepat

Setelah Anda mengetahui definisi, jenis-jenis, dan keuntungan mengambil pinjol, Anda bisa mendapatkan pinjaman online tersebut dengan mengunjungi website Maybank tentang pinjaman online. Jika semua persyaratan sudah Anda lengkapi, Anda bisa mendapatkan dana tersebut secara cepat. Tapi, sebaiknya Anda ajukan 3 hari sebelum Anda benar-benar butuh dana tersebut ya. Jangan terlalu mendadak juga. Semoga keuangan Anda aman terkendali dan lancar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *