Harga Honda Brio 2021, Spesifikasi, dan Promo Terbaru
Gaya Hidup

Harga Honda Brio 2021, Spesifikasi, dan Promo Terbaru

Pasti Anda sudah familiar dengan Honda Brio sebagai mobil terkecil yang diproduksi oleh Honda. Kabarnya, di awal tahun ini, harga Honda Brio 2021 tetap terjangkau dan akan selalu mempertahankan ciri khasnya sebagai mobil dengan harga murah dan cocok dipasarkan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Selain itu, Honda Brio 2021 juga menawarkan value for money meskipun desainnya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Berkat mesinnya yang cukup andal yakni menggunakan mesin VTEC naturally aspirated yang tidak bisa ditemukan di pasar otomotif negara Barat, membuat Honda Brio cukup populer.

Apalagi di tahun ini ada desain dan fitur terbaru yang menambah ketertarikan para konsumennya untuk membeli mobil buatan Honda yang satu ini.

Harga Honda Brio 2021 - Blue

Masih ingin mengenal lebih dekat dengan Honda Brio? Yuk cari tahu terlebih dahulu di ulasan singkat berikut ini.

Sejarah Singkat Honda Brio

Nama Honda Brio berasal dari kata “Brio” dari bahasa Italia yang berarti “ceria”. Dengan nama ini, diharapkan para pemilik yang menggunakan Honda Brio akan selalu ceria dan semangat.

Sejak pertama kali diproduksi, model Honda Brio memang ditujukan untuk penggunaan sebagai mobil harian, tepatnya di daerah perkotaan. Hal ini sesuai dengan desainnya yang kompak, atraktif, dan memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Sejak kepopulerannya, membuat mobil ini makin digemari karena harga spare part-nya pun cukup terjangkau. Bahkan untuk harga mobil bekasnya pun masih relatif tinggi, sehingga bisa dibilang harganya tidak cepat turun.

Awalnya, mobil ini dibuat dengan model subcompact hatchback yang hanya diproduksi di Thailand dan India pada tahun 2011. Dan baru diluncurkan di Indonesia pada tahun 2012 dengan varian Honda Brio 1.2L A/T, Honda Brio RS, dan Honda Brio Satya yang merupakan mobil LCGC.

Rupanya respon masyarakat Indonesia sangat baik dengan kehadiran Honda Brio di pasaran otomotif. Sehingga membuat PT. Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM resmi Honda di Indonesia merakit Honda Brio untuk lokal di tahun 2013.

Jadi, ada dua generasi Honda Brio, yang mana dari kedua generasi tersebut punya perbedaan di bagian eksterior dan interior yang bisa dibilang cukup signifikan.

Honda Brio Phoenix Orange Pearl

Bagian Eksterior dan Interior Honda Brio 2021

Soal desain eksterior, Honda Brio 2021 memiliki basis desain yang sama dengan model-model Honda terdahulu. Namun hal ini justru dianggap sebagai celah untuk menekan harga Honda Brio 2021 lebih terjangkau dengan biaya perawatan yang murah.

Desain eksteriornya yang kompak dan mungil akan mendapat ubahan di bagian wajah Honda Brio 2021 yang lebih modern. Mulai dari headlights, grille, bumper berkarakter agresif, dan bagian wajah lainnya.

Ubahan juga terjadi pada bagian eksterior belakang. Akan tetapi perubahan bagian eksterior ini tidak terlalu mengubah model Honda Brio 2021 secara keseluruhan.

Desain body yang aerodinamis dan bergaya sporty dan disesuaikan dengan konsep double triangle form. Pada bagian sampingnya dilengkapi dengan retractable door mirror dan LED turning signal.

Fitur ini memberikan kemudahan bagi pengemudi saat melipat kaca spion hanya dengan satu sentuhan otomatis. Pada bagian samping tipe RS sudah dilengkapi side under spoiler serta velg berukuran 15 inci.

Untuk bagian belakangnya ada stop lamp di bagian buritan Brio, yang memunculkan kesan sporty. Hal inilah yang membuat tampilan belakang Brio berbeda dengan mobil LCGC lainnya.

Sementara untuk bagian interiornya, Honda Brio keluaran tahun ini masih tetap memiliki desain kabin yang standar, tidak ada fitur head unit layar sentuh, dan teknologi lainnya.

Jadi, bagian interior masih mempertahankan desain yang sama demi mempertahankan harga Honda Brio 2021 yang terjangkau.

Dashboard Honda Brio

Namun ada satu hal yang menarik, bahwa ada ubahan pada bagian dashboard untuk membuat penampilan kabin secara keseluruhan terlihat lebih segar.

Bagian dashboard dilengkapi dengan sistem hiburan seperti fitur AC, USB port, sistem audio, DVD, CD, dan fitur-fitur lainnya. Di samping itu, bagian interior lebih minimalis dengan kursi mampu menampung 5 penumpang di dalamnya.

Interior Honda Brio

Spesifikasi Honda Brio 2021

Berbicara tentang spesifikasi, Honda Brio menggunakan mesin VTEC yang diklaim menghasilkan tenaga 90 HP. Serta dipadukan dengan dua pilihan transmisi, yakni transmisi manual 5 percepatan dan transmisi CVT.

Mengingat desainnya yang ringan, kompak, dan hemat bahan bakar, membuat mobil ini cukup untuk memiliki tenaga yang tergolong rendah dibanding merk mobil yang lainnya.

Honda Brio memiliki tipe S SATYA M/T, E SATYA M/T, E CVT SATYA, RS M/T, dan RS CVT. Keseluruhan mobil perkotaan ini tampil lebih stylish, modern, dan sporty.

Untuk warnanya, terdiri dari Crystal Black Pearl (hitam), Taffeta White (putih), Modern Steel Metallic (abu-abu tua), Lunar Silver Metallic (abu-abu muda), Carnival Yellow (kuning), Rally Red (merah), dan Phoenix Orange Pearl (orange).

Sebagai mobil dengan kelas LCGC (Low Cost Green Car), Honda tidak sembarangan soal spesifikasi yang digunakan untuk Honda Brio. Hal ini bisa Anda lihat di varian Brio Satya yang menggunakan teknologi heat rejecting green tinted glass yang mampu menjaga keteduhan di dalam kabin kaca mobil dan melindungi dari sinar UV.

Sementara untuk varian RS sebagai type tertinggi dilengkapi dengan projector headlamp with LED light, yang membuatnya mampu memberikan penerangan maksimal pada malam hari.

Brio menggunakan pengereman ABS dan EBD. Untuk fitur keselamatan terdiri dari protensioner with load limiter seatbelt, prestensioner, dual front SRS airbag, dan seatbelt reminder. Adapun fitur keamanan lainnya berupa Wave Key, Keyless Entry, Immobilizer, Alarm System pada varian S, E, dan RS.

Dimensi dari Honda Brio 2021 adalah panjang 3.610 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.500 mm. Dimensi ini tergolong kecil dibanding mobil produksi Honda lainnya.

Mobil ini juga mengusung tipe mesin 1,2 L i-Vitec SOHC 4 Silinder, yang mampu berjalan pada transmisi manual automatic dengan 5 percepatan. Itulah mengapa Brio dikenal sebagai mobil ringan dan mungil.

Promo Terbaru terkait Harga Honda Brio 2021

Mengingat ubahan yang dimiliki Honda Brio tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya tidak terlalu signifikan, diperkirakan harga Honda Brio 2021 tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya. Anda bisa mengecek promo terbaru untuk harga Honda Brio 2021 di gambar berikut ini:

Harga Honda Brio 2021

Demikian ulasan singkat mengenai sejarah, spesifikasi, bagian eksterior dan interior, serta promo terbaru terkait harga Honda Brio 2021 yang lebih terjangkau dibanding model mobil lainnya.

Hal ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang sedang mencari mobil ringan, mungil, dan kompak untuk keperluan bepergian sehari-hari dan cocok digunakan di daerah perkotaan.

Natina
a full time digital marketer, a freelance copywriter and content writer. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *