Keuntungan Usaha Air Minum Isi Ulang
Bisnis

Keuntungan Usaha Air Minum Isi Ulang

Merintis hingga mengembangkan sebuah usaha tidak semudah membalikkan tangan. Perlu kemampuan yang kompeten dalam mengelola bisnis. Mulai dari mencari market yang tepat, memilih produk yang selalu dibutuhkan oleh konsumen, pengelolaan stok produk yang baik, hingga manajemen keuangan bisnis. Semua itu pasti Anda lakukan agar usaha Anda bisa dengan mudah tumbuh kembang. Hal ini terjadi pada usaha di bidang apapun, baik itu jasa, barang, ataupun manufaktur. Perlu Anda ketahui, salah satu usaha yang bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk meningkatkan penghasilan adalah usaha air minum isi ulang.

Usaha air minum isi ulang ini menjadi incaran oleh sebagian besar pebisnis, karena selain mudah dalam mendapatkan bahan bakunya, usaha ini juga lebih menjanjikan keuntungannya. Apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah yang sama sekali belum ada kompetitor (pesaing) yang sama-sama menjual air minum isi ulang.

Nah, apa saja sih keuntungan dari usaha air minum isi ulang ini? Simak ulasan singkatnya berikut ini:

1. Termasuk Kebutuhan Pokok Manusia

Air minum merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus selalu dikonsumsi setiap harinya. Sebab air adalah salah satu cairan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh tetap terhidrasi.

Kebutuhan harian air putih untuk laki-laki dan perempuan pun berbeda. Setidaknya, laki-laki butuh mengonsumsi air sebanyak 2 liter per hari, sednagkan perempuan cukup 1,6 liter saja per hari. Hal ini tentu dengan tujuan untuk memnuhi kebutuhan cairan harian.

Selain jenis kelamin, kebutuhan cairan juga dapat berubah berdasarkan banyak faktor. Seperti pengaruh aktivitas harian, usia, tempat tinggal, hingga aktivitas seks.

2. Dibutuhkan oleh Jenis Bisnis Lainnya

Jika Anda menjual air minum isi ulang, tidak hanya dibutuhkan oleh penghuni rumah saja, tetapi juga usaha atau bisnis lain pasti membutuhkan air minum untuk kebutuhan mereka. Bisa untuk kebutuhan minum para pegawainya, air minum untuk keperluan memasak atau meracik menu bagi usaha makanan dan minuman, dan lain sebagainya. Jadi, usaha-usaha lainnya tetap akan membutuhkan air minum isi ulang yang Anda jual.

3. Mudah Menghitung Penjualan

Biasanya, para pebisnis memiliki kendala dalam menghitung penjualan, apalagi jika produk yang mereka jual banyak jenisnya. Namun, untuk usaha ini cenderung lebih mudah, karena produk yang Anda jual hanya 1 jenis. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah dalam menghitung pembelian dan stok bahan baku.

4. Mendapat Uang Cash Tiap Hari

Tak sedikit pebisnis yang harus merelakan produknya dikirim ke pelanggannya terlebih dahulu dengan sistem pembayaran bisa ditangguhkan nanti alias pelanggan bisa hutang. Jika Anda tidak teratur dalam mengelola hutang ini, maka bisa jadi keuangan bisnis Anda akan terhambat. Ketidaktersediaan uang cash membuat bisnis Anda tidak sehat dan masalah-masalah keuangan pun bisa muncul.

Mulai dari tidak bisa membayar karyawan Anda, tidak bisa membeli stok bahan baku, tidak bisa melakukan servis alat, hingga sulit membayar pajak. Hal ini bisa jadi membuat usaha Anda menjadi terpuruk dan kemungkinan besar bangkrut.

Jika Anda berbisnis air minum refill, dapat dipastikan Anda akan mendapatkan uang cash setiap harinya. Jadi, jangan khawatir, bisnis Anda akan selalu berjalan tanpa ada masalah di uang cash.

Anda bisa menjual air minum refill per galonnya seharga Rp 4.000 hingga Rp 7.000 untuk air minum mineral biasa, dan Rp 5.000 sampai dengan Rp 10.000 untuk air minum Reverse Osmosis (RO).

5. Bahan Baku Mudah Didapat

Uniknya dari bisnis ini, selain selalu dibutuhkan oleh orang-orang, bahan bakunya juga mudah sekali Anda dapatkan. Bisa dari air sumur bor, air PAM, hingga membeli air pegunungan. Tentunya pilihan ini bisa Anda sesuaikan dengan daerah di mana bisnis Anda berada.

6. Pemakaian Listrik Kecil

Jika Anda ingin membuka usaha depot air minum refill, Anda cukup menggunakan daya listrik 350 watt saja untuk pemilihan paket mesin standar. Selain daya listriknya yang tidak terlalu besar, pemakaian listrik lainnya pun cenderung kecil. Hal ini karena Anda juga tidak perlu ruangan yang terlalu besar. Cukup minimal 3 x 2 meter saja dan sebaiknya lantai menggunakan keramik putih, sesuai dengan syarat dari dinas kesehatan.

7. Bisa Digabung dengan Usaha Lain

Jika Anda sudah memiliki ruangan yang besar untuk depot air minum tersebut, sisa ruangan yang kosong itu bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan usaha lainnya. Misalnya isi ulang tabung gas, pulsa, hingga toko sembako. Namun agar penjualan Anda berjalan lancar dan lebih mudah menghitung penjualan dan arus kas bisnis Anda, berbisnis air minum isi ulang pun sudah cukup menjanjikan.

8. Bisa Dijalankan Siapa Saja

Keuntungan lain jika Anda membuka usaha air minum ini adalah segi operasional yang mudah dan bisa dijalankan siapa saja. Apalagi bagi Anda yang sebenarnya merupakan pebisnis pemula, untuk menjalankan bisnis ini tidak akan sulit Anda lakukan jika Anda memilih lokasi yang strategis baik itu dilihat dari prospek konsumen, rendahnya pesaing, hingga kemudahan memperoleh bahan baku.

Demikian beberapa keuntungan jika Anda mendirikan usaha air minum isi ulang. Agar usaha Anda bisa berkembang dengan pesat, Anda harus bisa memberikan kualitas produk yang lebih baik dari pesaing Anda dengan harga sesuai dengan harga pasaran di daerah bisnis Anda.

Pasalnya, jika Anda menjual dengan harga yang elbih murah, hal ini bisa menjadi boomerang bagi usaha Anda sendiri. Pihak kompetitor bisa dengan mudah menurunkan harga sesuai dengan harga jual produk Anda. Pada akhirnya hal ini justru akan memicu perang harga dan akhirnya membuat pebisnis sama-sama merugi.

Jadi intinya, pertimbangkan dengan baik hal apa saja yang harus Anda persiapkan untuk membangun bisnis yang menjanjikan ini. Karena modal yang yang perlu Anda keluarkan tidak terlalu banyak. Untuk menjual air minumnya saja, Anda perlu modal Rp 5 juta. Sementara modal untuk membuka depot air minum isi ulang sekitar Rp 20 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *