Kuliner

Nasi Tumpeng, Pilihan Tepat Menu Selamatan Suro

Mengenal Bulan Suro

Bulan Suro atau Muharram adalah bulan pertama pada kalender Hijriyah, di mana para umat Islam biasa melakukan selamatan atau syukuran. Dengan tujuan demi memperoleh keselamatan hidup di dunia maupun akhirat. Tak hanya selamatan saja, umat Islam pun juga melakukan sejumlah ibadah lainnya. Seperti puasa di tanggal tertentu di bulan Suro, ziarah kubur, hingga menyantuni anak yatim dan piatu.

Peribadatan di Bulan Suro

Uniknya, di bulan Suro ini, umat Islam berbondong-bondong untuk melakukan sejumlah peribadatan untuk meraih pahala dan keberkahan. Apakah di daerah Anda juga berlaku demikian? Jika iya, peribadatan apa yang sebagian besar dilakukan oleh umat Islam di daerah Anda?

Misalnya umat Islam di Jawa Tengah melakukan puasa (tanggal 1, 9, 10) di bulan Muharram, ziarah kubur dan mengadakan selamatan dengan bubur atau nasi tumpeng. Selamatan tersebut terkesan sangat menarik. Sebab setiap warga di kampung melakukan selamatan secara bergantian (hari demi hari) selama bulan Suro.

Selamatan Nasi Tumpeng di Bulan Suro

Nasi tumpeng menjadi pilihan tepat untuk selamatan di bulan Suro, dan merupakan salah satu menu selamatan yang menjadi andalan mereka untuk dibagi-bagikan kepada tetangga sekitarnya. Ada yang membagikan dengan porsi besar, ada pula yang membagikannya dengan porsi kecil. Nasinya pun bermacam-macam, ada tumpeng yang menggunakan nasi putih, nasi kuning hingga nasi uduk.

Selain itu, lauk yang disajikan bersama nasinya pun tak kalah menggugah selera makan Anda, seperti: urap, ayam goreng, tahu dan tempe (goreng/bacem), telur, ikan, perkedel kentang, sambal, bihun, mie telor, lalapan (mentimun, wortel, kubis, tomat), kentang goreng balado, tumis tempe kering (tempe oreg), serundeng daging, serundeng kelapa biasa, kerupuk, ikan asin, dan lauk lainnya sesuai selera Anda.

Tak hanya di Jawa Tengah (Sego Tumpeng) saja, nasi tumpeng juga dikenal di daerah Jawa Barat (Sangu Tumpeng), di daerah Jakarta (Nasi Tumpeng Jakarta), dan daerah-daerah lain di Indonesia. Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan cara menanak nasi putih seperti biasa. Jika Anda menginginkan nasi uduk, maka campurkan nasi yang telah direbus sebelumnya dengan campuran santan kelapa (1 kilogram beras menggunakan 1 butir kelapa santan).

Jika Anda ingin membuat nasi kuning, Anda bisa menggunakan resep seperti membuat nasi uduk hanya saja ditambah dengan campuran kunyit untuk memberikan warna kuning. Apabila nasi sudah jadi, cetaklah nasi berbentuk kerucut, dan siap dihidangkan dengan lauk-lauk pilihan sesuai selera Anda.

Namun, jika Anda tak memiliki waktu luang untuk membuatnya, Anda pun bisa memesannya ke catering nasi tumpeng terdekat di daerah Anda. Misalnya bagi Anda yang tinggal di Jakarta, Anda pun bisa mencari informasi untuk pesan nasi tumpeng Jakarta. Sebab seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, hidup Anda menjadi dipermudah untuk bisa pesan nasi tumpeng melalui sistem online.

Pilihan Acara untuk Selamatan Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng dapat Anda pilih sebagai menu makanan untuk selamatan berbagai acara, seperti:

  • selamatan di bulan Suro,
  • selamatan tujuh bulan kehamilan,
  • ulang tahun (milad),
  • anniversary,
  • dan acara penting lainnya.

Jadi, jangan bingung dengan berbagai pilihan menu makanan yang ada di daerah Anda. Pilihlah nasi tumpeng sebagai pilihan tepat untuk acara selamatan Anda. Pasalnya, Anda pun bisa menikmati sejumlah lauk yang beragam yang membuat nafsu makan Anda semakin meningkat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *