Pengertian dan Manfaat Internet Banking
Teknologi

Pengertian dan Manfaat Internet Banking

Internet banking adalah layanan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Ini merupakan kegiatan perbankan yang memanfaatkan teknologi internet sebagai media untuk melakukan transaksi dan mendapatkan informasi lainnya melalui website milik bank.

Kegiatan ini menggunakan jaringan internet sebagai perantara atau penghubung antara nasabah dengan bank tanpa harus mendatangi kantor bank. Nasabah dapat menggunakan perangkat komputer desktop, laptop, tablet, atau smartphone yang terhubung ke jaringan internet sebagai penghubung antara perangkat nasabah dengan sistem bank.

Internet banking juga terkadang dikenal dengan istilah Electronic Banking atau E-Banking. Selain kedua istilah tersebut, juga disebut sebagai Virtual Banking, Cyber Banking, Online Banking dan Home Banking.

Di Indonesia sendiri sudah banyak bank yang menggunakan E-Banking salah satunya Bank BRI Indonesia Internet Banking. Nasabah akan dipermudah untuk pelayanan perbankan melalui electronic banking. Pasalnya, fitur layanan dari E-Banking antara lain berisikan informasi umum rekening tabungan atau giro, rekening deposito, informasi mutasi rekening, transfer dana, baik transfer antar rekening maupun antar bank, pembelian pulsa, layanan informasi seperti suku bunga dan kurs, dan pembayaran, misalnya pembayaran telepon, internet, kabel TV, listrik dan berbagai jenis pembayaran lainnya.

BRImo

Untuk menggunakan online banking, nasabah harus memiliki user id, password, token atau One Time Password (kode BRI OTP), dan jaringan internet. User id, password, dan token dapat diperoleh dengan mendaftarkan ke bank BRI.

Saat menggunakan virtual  banking, nasabah harus memastikan website yang diakses adalah website E-Banking milik bank BRI, kemudian nasabah akan diminta untuk memasukkan user id dan password pada halaman muka atau login.

Pada saat melakukan transaksi finansial, nasabah akan diminta untuk memasukkan OTP yang diperoleh dari token.  Setelah transaksi selesai, nasabah harus memastikan telah keluar atau log out dari halaman E-Banking. Bank mengirimkan notifikasi melalui e-mail sebagai bukti bahwa transaksi telah berhasil.

Fasilitas internet banking memiliki berbagai keuntungan bagi nasabah. Pada awalnya fasilitas ini memang disediakan oleh bank dengan tujuan memudahkan nasabah maupun pihak bank dalam melakukan transaksi bank.

Nur Atinal Khusna
a full time digital marketer, a freelance copywriter and content writer. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *