Platform Pembuatan Website Toko Online dan Integrasi Marketplace Lebih Mudah
Bisnis

Platform Pembuatan Website Toko Online dan Integrasi Marketplace Lebih Mudah

Sekarang ini, berbisnis tidak perlu repot dan memakan modal yang banyak, karena Anda tidak perlu menyewa toko atau tempat untuk jualan barang. Dengan memanfaatkan platform yang canggih dan modern, Anda bisa berbisnis di rumah saja menggunakan satu platform yang bisa integrasi marketplace sekaligus pembuatan website toko online.

Selain tidak perlu menyiapkan biaya untuk menyewa tempat secara offline, ada beberapa keuntungan jika Anda berbisnis online di antaranya modal relatif kecil, mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja yang penting koneksi internet stabil, biaya operasional lebih efisien, jangkauan konsumen sangat luas, pemasaran jauh lebih murah, tidak terikat waktu, berpeluang besar untuk menerima pendapatan yang tidak terbatas, menghemat tenaga, hingga proses transaksi bisa dilakukan lebih cepat tanpa adanya tawar-menawar.

Keuntungan atau kemudahan berbisnis online inilah yang membuat sebagian besar pebisnis pemula ingin mencobanya. Apalagi untuk seseorang yang ingin memiliki pekerjaan sampingan dengan cara berbisnis, bisnis online sangat direkomendasikan sebagai pilihan karena lebih fleksibel, efektif, dan efisien.

Nah, pertama-tama, sebelum Anda benar-benar yakin ingin menjalankan bisnis online, tentunya Anda harus memiliki platform atau website untuk berjualan secara online. Selain melalui sosial media, Anda bisa dengan mudah melakukan pembuatan website toko online yang langsung terintegrasi dengan marketplace menggunakan Sakoo.

Mengenal Sakoo sebagai Platform Integrasi Marketplace dan POS

Sakoo merupakan singkatan dari Satu Toko Online, merupakan salah satu aplikasi berbasis web cloud yang bisa terintegrasi dengan channel penjualan online maupun offline, sehingga membantu para pebisnis lebih efektif dan efisien dalam berjualan.

Platform integrasi marketplace yang berada di bawah naungan Telkom Indonesia ini beralamat di Jakdiva, Telkom Landmark Tower Jl. Gatot Subroto Kav. 52, Jakarta Selatan.

Sakoo yang termasuk salah satu platform digital UMKM ini juga menyediakan pusat edukasi yang berguna untuk meningkatkan skill pebisnis maupun staff bisnis agar bisa unggul dalam persaingan bisnis online. Beberapa program edukasinya antara lain:

  • Cara Meningkatkan Penjualan dengan Cross Selling, Up Selling, dan Down Selling.
  • Belajar tentang Affiliate Marketing yang merupakan Marketing Kekinian untuk Meningkatkan Omset Bisnis.
  • Bagaimana Cara menjadi Pahlawan di Era Milenial.
  • Inovasi dalam Berwirausaha Digital.
  • Alasan Mengapa Anda harus Berjualan di Marketplace.
  • Apa Itu Omnichannel dan Bagaimana Cara Kerja serta Kelebihannya.
  • Manfaat Digital Bisnis Bagi UMKM.
  • Inovasi Usaha di Tengah Pandemi.
  • Cara Berbisnis Lebih Mudah dengan Internet.
  • Bagaimana Cara Meningkatkan Kredibilitas Bisnis.

Dan masih banyak lagi edukasi lainnya seputar bisnis dan UMKM. Anda bisa mengupdate skill Anda lebih mudah dan cepat dengan bergabung di program edukasi Sakoo.id.

Untuk Anda yang ingin memperkuat komunitas bisnis, bisa dengan mudah membuat jaringan website toko online yang terhubung ke berbagai wilayah. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan peluang-peluang baru di setiap tempat yang tergabung ke dalam bisnis Anda.

Komunitas yang sudah terbentuk saat ini adalah Rumah Kreatif BUMN sebagai etalasi display hasil produksi unggulan UKM, dan Lapak Ibu yang merupakan komunitas digitalisasi pasar yang melayani pengantaran kebutuhan ibu sehari-hari.

6 Alasan Mengapa Sakoo menjadi Platform Pilihan Pebisnis Online

1. Pengelolaan Terpusat

Pengaturan pengelolaan yang terpusat ini sangat berguna untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pebisnis online dalam mengelola produk, stok atau inventory, cetak label, sampai proses pesanan dari website toko online, marketplace, serta POS (point of sales).

2. Integrasi Data Pelanggan

Data pelanggan yang tersimpan di platform website toko online ini dapat terintegrasi ke seluruh channel Sakoo. Sehingga Anda akan selalu terhubung dengan para pelanggan, di mana pun mereka berada.

3. Penjualan Naik dengan Fitur Promosi

Selain membantu mempermudah bisnis atau UMKM dalam mengelola stok dan produknya, Sakoo juga menyediakan fitur promosi untuk meningkatkan penjualan di berbagai kanal penjualan yang ada di Sakoo.id.

4. Laporan Akunting

Di era digitalisasi ini, Anda sudah tidak perlu input pendapatan secara manual karena proses dan hasil transaksi dari seluruh channel bisa Anda pantau menggunakan menu akunting di platform website toko online ini.

5. Analisa Bisnis

Percuma jika Anda hanya punya data laporan keuangan, tanpa menganalisanya, maka bisnis Anda akan susah berkembang karena tidak mendapatkan insight atau dasar keputusan terbaik untuk perbaikan bisnis. Nah, Sakoo membantu Anda untuk mendapatkan informasi terkait laporan penjualan di toko online maupun offline seputar penjualan terbaik, produk terlaris, reminder stok yang hampir habis, serta info lainnya.

6. Multi User

Untuk Anda yang memiliki waktu terbatas dalam mengakses platform ini atau repot mengelola toko online sendirian, jangan khawatir, Anda bisa mengundang user atau admin lain untuk membantu mengelola website toko online di mana pun dan kapan pun.

Fitur-fitur Sakoo Permudah Kelola Stok & Toko di Banyak Kanal

Apakah Anda tahu? Dalam satu platform Sakoo, tersedia berbagai macam fitur untuk mempermudah melakukan bisnis online. Mulai dari katalog produk, pengelolaan stok, data pelanggan, transaksi, hingga laporan keuangan.

Fitur-fitur di dalam Sakoo terbagi ke dalam 4 kategori:

1. Fitur yang Mempermudah Memulai Bisnis

Pertama, toko online eksklusif yang memudahkan Anda memasarkan produk eksklusif dengan link toko online dari brand Anda sendiri. Fitur ini juga membantu Anda dalam menentukan promosi, memperoleh database pelanggan, serta analisa bisnis lengkap.

Kedua, tema gratis. Siapa sih yang tidak ingin memiliki toko online atau website toko online dengan tema yang unik? Tenang, selain unik, Anda juga bisa mengatur tema atau tampilan toko online Anda secara gratis dan lebih mudah.

Ketiga, eksklusif order yang dapat meningkatkan penjualan dengan kemudahan pengelolaan reseller melalui eksklusif order di katalog Sakoo.

Keempat, artikel dan FAQ untuk memudahkan pembeli menemukan toko Anda dengan cara membuat SEO di website toko online yang Anda miliki.

2. Fitur Pengelolaan Stok

Di dalam fitur pengelolaan stok, Anda bisa menggunakannya untuk pengelolaan listing produk yang selalu update dan terhubung ke toko online maupun offline, pengelolaan inventory, reminder stok opname, upload produk dan perbarui stok secara masal (dalam jumlah banyak) dengan cepat dan singkat, serta dukungan admin (jasa layanan pengguna) maupun helpdesk yang siap membantu bisnis online Anda.

3. Fitur Kanal Penjualan

Setiap bisnis yang berlangsung, pasti terjadi proses transaksi sehingga fitur kanal penjualan sangat memudahkan Anda dalam mendukung transaksi. Mulai dari fitur multi lokasi untuk mengontrol stok produk di berbagai toko hanya dengan satu platform, kustomisasi hak akses admin sesuai perannya, cetak invoice otomatis, hitung ongkir otomatis, sistem pembayaran payment gateway, SMS broadcasting untuk mengirim nomor resi pengiriman barang dan promosi produk, serta layanan logistik end to end.

Sistem layanan logistik end to end ini memudahkan pebisnis online mulai dari pengepakan, pencetakan label, penginputan nomor resi, penjemputan, sampai pengantaran barang.

4. Fitur Laporan Akunting

Ada 3 fungsi utama dalam fitur laporan akunting ini. Pertama, Anda bisa menggunakan laporan akunting yang terintegrasi. Hal ini tentu bisa membuat pencatatan seluruh transaksi hingga pencatatan laporan kinerja bisnis secara otomatis hanya dengan satu platform saja.

Kedua, kustomisasi indikator laporan kinerja bisnis yang memberikan Anda informasi mengenai penjualan terbaik, produk paling laris, pelanggan loyal, atau indikator lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis online Anda.

Terakhir adalah analisa bisnis. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tanpa adanya analisa maka kita tidak bisa mendapatkan dasar tindakan untuk perbaikan bisnis ke depannya. Jadi, dengan fitur analisa bisnis, Anda akan mendapatkan laporan performansi bisnis dari semua kanal penjualan sehingga mempermudah bisnis tumbuh kembang.

Itulah beberapa informasi terkait platform untuk pembuatan website toko online dan integrasi marketplace lebih mudah, otomatis, dan terstruktur dari Sakoo.id. Jika Anda mengalami kesulitan dalam proses pembuatan akun sakoo, baik untuk pembuatan website toko online maupun integrasi marketplace, Anda bisa menonton video tutorialnya dengan cara mengklik link ini.

Natina
a full time digital marketer, a freelance copywriter and content writer. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

One thought on “Platform Pembuatan Website Toko Online dan Integrasi Marketplace Lebih Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *