Rucika, Solusi Pipa Air Terbaik Harga Terjangkau
Properti

Rucika, Solusi Pipa Air Terbaik Harga Terjangkau

Membangun sebuah rumah impian tidak bisa asal-asalan, apalagi kalau itu rumah Anda sendiri. Pasti banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipikirkan sematang mungkin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Salah satunya adalah perencanaan pembangunan, mulai dari desain rumah, peralatan yang ingin digunakan, sistem listrik, hingga sistem aliran airnya. Sistem aliran air ini menjadi fokus utama dan harus diperhatikan termasuk memilih jenis pipa air terbaik untuk dipasang di rumah.

Pasalnya, setiap jenis pipa memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jika Anda berhasil mengetahui berbagai jenis pipa, deskripsi, serta fungsinya, maka Anda tak perlu bingung lagi dalam memilih pipa air terbaik untuk rumah impian. Anda bisa memastikan rumah dibangun dengan ketelitian yang akurat dan tahan terhadap kerusakan yang mungkin bisa terjadi kapan saja.

Solusi Pipa Air Terbaik dengan Harga Terjangkau

Salah satu produsen pipa PVC terbesar di Indonesia dengan fasilitas produksi terbesar di berbagai daerah di nusantara yang direkomendasikan untuk mendukung perencanaan pembangunan rumah adalah PT Wahana Duta Jaya Rucika (Rucika).

Rucika secara konsisten menghasilkan berbagai jenis pipa air terbaik unggulan selama lebih dari 40 tahun. Tidak hanya menyediakan beragam produk pipa air beserta sambungannya, industri perpipaan ini juga menjunjung tinggi nilai-nilai perusahaan dengan mengutamakan kepuasan konsumen, dengan cara menyediakan tenaga ahli yang siap memberikan penjelasan dan pelatihan terkait masalah yang dihadapi konsumen sebelum maupun saat pemasangan di lapangan.

Di samping itu, ada juga layanan pasca pemasangan pipa air yang menampung keluhan dan membantu memberikan solusi untuk konsumen dalam mengatasi masalah yang timbul setelah pipa terpasang.

Tidak hanya mendukung pembangunan rumah saja, Rucika sangat tepat menjadi solusi pipa air terbaik dengan harga terjangkau untuk sektor pertambangan, perkebunan, infrastruktur, pengelolaan air limbah, sampai bangunan bertingkat.

Jenis-jenis Pipa Air Rucika, Deskripsi, dan Fungsinya

Nah, sekarang apa saja jenis-jenis pipa air Rucika untuk rumah idaman Anda? Langsung saja simak ulasan berikut ini:

1. Rucika Standard

Rucika Standard termasuk pipa PVC yang terbuat dari bahan unplasticized Polyvinyl Chloride (uPVC) yang tahan terhadap korosi, kuat, ringan, mudah dalam pengembangan dan pemeliharaan, serta lebih bagus dibanding material polimer seperti Calcium Zinc (tanpa timbal).

Pipa jenis ini biasanya digunakan untuk jaringan sistem perpipaan air bersih bertekanan dan buangan (air limbah).  Pipa PVC dari Rucika Standard ini diproduksi mengacu standar JIS dan ISO dengan sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000.

2. Rucika Kelen Green

Sistem perpipaan ini lengkap untuk saluran pipa air panas dan dingin yang bertekanan dengan jenjang produk yang luas. Material Rucika Kelen Green ini terbuat dari material polypropylene random (PP-R) tipe 3 dan PP-R 80.

Karena khusus untuk air panas dan dingin bertekanan, maka sambungan pipa ini menggunakan sistem penyambungannya heat fusion dengan alat pemanas polyfusion atau electrofusion. Sehingga hasil penyambungan menjadi homogen, kuat, anti bocor, bebas perawatan, dan mampu bertahan sampai 50 tahun.

3. Rucika JIS

Pipa air terbaik jenis ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan instalasi pipa air minum di rumah-rumah maupun gedung bertingkat yang sangat cocok digunakan untuk instalasi air hujan, air bersih, air kotor, serta pipa ventilasi udara.

4. Rucika Kelox

Hasil kerjasama Rucika dengan Ke Kelit dari Austria melahirkan pipa air Rucika Kelox. Pipa air ini merupakan pipa multilayer berbahan plastik (PE-RT), lapisan perekat dalam, aluminium, lapisan perekat luar, dan lapisan pelindung luar.

Fungsinya khusus untuk air panas dan dingin yang bertekanan. Sangat tepat diaplikasikan untuk rumah yang memiliki instalasi pemanas air, instalasi pendingin ruangan, dan instalasi air minum karena sudah berstandar food grade.

5. Rucika Exoplas

Rucika Exoplas didesain menggunakan material uPVC (unplasticized Polyvinyl Chloride) dengan metode Biaxial (stretching) untuk meningkatkan performa pipa termoplastik. Pipa air ini memiliki performa yang tinggi dalam meningkatkan kemampuan impak, daktilitas, dan pengurangan berat pipa dibandingkan pipa PVC biasa.

6. Rucika Black

Rucika Black terbuat dari material polyethylene (PE) dengan tingkat elastisitas tinggi dan tingkat keretakan rendah, sehingga memiliki lifetime sampai lebih dari 50 tahun.

Karakteristik pipa air yang istimewa membuat Rucika Black bisa diaplikasikan untuk pipa air minum, pipa bawah tanah, relining jaringan pipa drainase, hingga pemasangan pipa di daerah sulit seperti genangan air, rawa-rawa, daerah rawan gempa, daerah labil, dan sebagainya.

7. Rucika Safe & Lok

Pipa air terbaik Rucika Safe & Lok termasuk sistem jaringan perpipaan uPVC sesuai SNI untuk mendistribusikan air minum dan air bersih ke masyarakat luas. Pipa air ini juga cocok untuk berbagai jenis proyek, seperti proyek PDAM. Sistem penyambungannya menggunakan lem (Solvent Cement / SC) atau dengan ring karet Z-Joint.

8. Rucika Gas

Pipa air ini terbuat dari Medium Density Polyethylene (PE 80) dengan warna kuning dan High Density Polyethylene (PE 100) dengan warna orange. Rucika Gas digunakan untuk home connection dan pipa utama distribusi jaringan Natural Gas, LPG & Biogas, karena mampu ditekuk tanpa mengalami keretakan. Dengan begitu, menciptakan sistem jaringan pipa gas yang bebas perawatan dan bertahan hingga lebih dari 50 tahun.

9. Rucika Lite

Rucika Lite adalah sistem pipa uPVC yang dirancang untuk menghindari sistem pembuangan terbuka. Pipa air ini menjadi pilihan bagi para konsultan dan kontraktor bangunan dalam memenuhi kebutuhannya akan jaringan limbah terpadu untuk proses urbanisasi maupun pertumbuhan kota yang pesat.

10. Rucika Siphonic System

Pipa air Rucika ini dirancang dengan sistem siphonic berdasarkan prinsip aliran pipa penuh terhadap air, dengan penggabungan desain kreatif rekayasa hidrolik secara presisi untuk solusi inovatif dan tepat bagi persyaratan atap drainase rumah Anda.

Pipa Rucika Siphonic System ini memberikan solusi untuk desain pipa air hujan dikombinasikan tanpa kemiringan untuk pekerjaan pemasangan pipa, kedalaman air di talang secara signifikan dapat diturunkan untuk memungkinkan rekayasa tepat desain pipa air hujan, serta ukuran dan jumlah pipa air hujan berkurang secara signifikan.

11. Rucika Telecom

Pipa Rucika Telecom terbuat dari plastik, merupakan satu-satunya jenis pipa yang digunakan untuk melindungi kabel serat optik. Hal ini mengingat akan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat ditandai dengan banyaknya pengguna kabel serat optik.

12. Rucika PP3

Inovasi terbaru Rucika dengan Valsir dari Itali melahirkan produk Rucika PP3 yang merupakan pipa akustik. Pipa jenis ini memiliki karakteristik material yang unik yang mampu menahan air buangan panas dan mampu meredam suara (low noise).

Pipa yang diproduksi berdasarkan Standar Eropa EN 1451-1 ini memiliki 3 layer material khusus yakni grey polypropylene, mix polypropylene dan mineral loads, serta white polypropylene.

13. Rucika Rainwater System

Meningkatnya jumlah pemukiman penduduk membuat daerah resapan air semakin berkurang. Apalagi saat musim hujan, aliran air hujan tidak dapat terserap dengan maksimal ke dalam tanah sehingga menyebabkan banjir.

Untuk itulah, Rucika mengeluarkan pipa air terbaik dengan sistem rainwater yang mampu mengatasi masalah drainase. Pipa ini bisa digunakan sebagai sistem pengendali air hujan yang dapat dipasang secara terpisah atau terhubung dengan sistem lainnya. Mulai dari drainase atap, drainase jalan, serta saluran dan sistem drainase lainnya.

Rucika Rainwater System ini sangat mendukung pengembangan perumahan, infrastruktur, sipil, hingga kelestarian lingkungan hidup yang menerapkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

14. Rucika Jacking System

Jenis pipa air terbaik yang terakhir yang dimiliki oleh Rucika adalah berbasis jacking system. Rucika Jacking System terbuat dari bahan PVC khusus untuk jacking pipe berstandar Japan Sewage Works Association Standard (JSWAS K-6).

Sistem jacking ini merupakan salah satu metode instalasi pipa bangunan yang tepat untuk digunakan di kota-kota besar padat penduduk. Prinsip kerja metode ini mendorong pipa ke depan tanpa melalui galian terbuka (open trench).

Demikian jenis-jenis pipa air terbaik dari Rucika, solusi sistem perpipaan untuk pengembangan pembangunan rumah Anda. Sesuaikan kebutuhan pipa rumah dengan fungsi masing-masing jenis pipa tersebut, sehingga sistem perpipaan di rumah Anda memiliki lifetime yang lama, lebih dari 50 tahun. Anda juga bisa menyesuaikan harga pipa air dengan budget yang telah Anda persiapkan.

Nur Atinal Khusna
a full time digital marketer, a freelance copywriter and content writer. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *