Strategi dalam Memilih Asuransi Rawat Inap Terbaik
Kesehatan

Strategi dalam Memilih Asuransi Rawat Inap Terbaik

Tinggal di Indonesia membuat kita semua harus senantiasa siap jika sewaktu-waktu dihampiri penyakit tropis, seperti demam berdarah, malaria, tifus, dan penyakit lainnya. Kesiapan ini bisa dalam bentuk pencegahan terkait kebersihan lingkungan, kesehatan diri sendiri, menjaga pola makan dan tidur, hingga mempersiapkan asuransi rawat inap. Hal ini dilakukan apabila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan sebelumnya, yakni membutuhkan perawatan khusus di rumah sakit.

Asuransi rawat inap ini merupakan salah satu jenis asuransi kesehatan yang dapat digunakan oleh nasabahnya sebagai pertanggungan atas biaya yang terpakai karena gangguan kesehatan maupun kecelakaan.

Jika dibandingkan asuransi rawat jalan, rawat inap ini cenderung memiliki biaya yang mahal. Oleh karenanya, banyak yang ingin memiliki asuransi ini untuk penyembuhan penyakit dan tentunya sebagai persiapan dana pengobatan.

Berikut ini strategi yang perlu Anda perhatikan dalam memilih asuransi rawat inap yang terbaik untuk Anda sekeluarga:

1. Perhatikan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mempertimbangkan kredibilitas perusahaan asuransi. Ini bisa Anda lakukan dengan mencari informasi kinerja, klaim, layanan dan fasilitas perusahaan asuransi rawat inap, serta mengecek apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Pilih Berdasarkan Kebutuhan

Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan Anda sekeluarga, pilihlah asruansi rawat inap terbaik yang memang membantu dan berpengaruh pada kesehatan Anda sekeluarga. Di samping itu, kebutuhan dari asuransi yang Anda pilih ini juga akan berpengaruh pada premi yang dikeluarkan.

3. Biaya Premi Terjangkau

Premi ini maksudnya adalah biaya yang harus Anda bayar per bulan sebagai kewajiban nasabah atas keikutsertaannya dalam asuransi. Oleh karenanya, sebaiknya, biaya premi ini Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan bulanan saat ini.

4. Gunakan Sistem Klaim Cashless

Mengapa perlu menggunakan sistem klaim yang cashless? Dengan sistem klaim cashless, akan mempercepat proses pembayaran yang dilakukan oleh pihak rumah sakit, dan Anda tinggal menunjukkan kartu keanggotaan asuransi rawat inap saja. Dengan begitu, proses perawatan dan pengobatan akan dilakukan lebih cepat dan mudah.

5. Memiliki Plafon Tertinggi

Plafon ini berhubungan dengan maksimum fasilitas yang akan diterima oleh nasabah. Tiap perusahaan asuransi kesehatan pasti memiliki kebijakan dan aturan mengenai manfaat yang akan diterima kliennya. Di sinilah tugas Anda untuk mengecek terlebih dahulu detail layanan yang diberikan. Mulai dari konsultasi dokter umum, dokter spesialis, poli gigi, biaya obat-obatan, klaim penggantian kacamata, rawat inap kecelakaan, kemoterapi, dan fasilitas lainnya.

6. Cek Rumah Sakit Rekanan yang Terdekat dengan Rumah Anda

Perlu Anda ingat, semakin bonafit sebuah perusahaan asuransi kesehatan, maka jaringan ruamh sakit yang bekerja sama pun akan semakin banyak. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mencari rumah sakit rekanan yang terdekat dengan rumah Anda. Lebih idealnya lagi apabila perusahaan tersebut memiliki rujukan dokter langganan yang bekerja di rumah sakit rujukan dekat rumah Anda.

7. Pilih Proteksi Satu Keluarga bukan Perorangan

Umumnya, produk asuransi rawat inap ditawarkan hanya untuk satu orang, namun ada juga yang menawarkan dalam bentuk pasangan maupun keluarga. Sebaiknya Anda pilih perlindungan untuk menyeluruh satu keluarga, mengingat risiko bisa terjadi pada siapa saja di anggota keluarga Anda.

8. Pertimbangkan Pemilihan Limit

Biasanya ada dua limit yang berlaku pada produk asuransi, yaitu limit per satu perawatan dan limit pengobatan total. Jika disuruh memilih, sebaiknya Anda pilih limit pengobatan total. Hal ini bertujuan untuk mencegah biaya rawat inap yang cukup besar. Sehingga dengan limit ini, tidak hanya dilihat dari pembiayaan per jenis perawatan saja, melainkan secara total keseluruhannya.

Demikian 8 strategi dalam memilih asuransi rawat inap yang terbaik yang perlu diperhatikan untuk Anda sekeluarga. Sebab kesehatan merupakan anugerah Tuhan yang tak ternilai harganya, untuk itu Anda harus selalu waspada jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada kesehatan tubuh Anda.

Sebisa mungkin Anda harus mempersiapkan asuransi kesehatan sejak dini agar bisa melakukan pengobatan dengan mudah. Dengan menggunakan asuransi rawat inap ini, otomatis akan sangat mempermudah Anda dalam melakukan klaim terkait berbagai tindakan pengobatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *