Tips Memilih Conditioner untuk Rambut Kering dan Rusak
Beauty

Tips Memilih Conditioner untuk Rambut Kering dan Rusak

Memiliki rambut yang indah dan sehat adalah dambaan bagi setiap kaum hawa. Tak hanya sebagai mahkota saja, ternyata rambut menjadi prioritas wanita untuk selalu dirawat dengan baik dan benar. Bahkan untuk memilih shampoo dan conditioner pun tidak boleh asal pilih. Apalagi untuk kaum hawa yang tidak memakai jilbab, pasti mereka ingin melindungi rambutnya dari debu, polusi, dan paparan sinar matahari. Hal itulah yang sering membuat rambut menjadi kering dan rusak. Untuk itu, penting bagi Anda mencari shampoo dan conditioner untuk rambut kering dan rusak. Agar Anda senantiasa tampil percaya diri dengan tatanan rambut yang sehat dan berkilau.

Namun, meskipun banyak sekali produk perawatan rambut yang menjanjikan untuk rambut kering dan rusak, pada kenyataannya masih banyak wanita yang merasa kesulitan mencari shampoo dan conditioner untuk rambut kering dan rusak.

Ciri-ciri Rambut Kering dan Rusak

Eits, tenang dulu, sebelum memilih produk perawatan rambut yang cocok untuk mahkota tubuh Anda, ada baiknya Anda pastikan bahwa rambut Anda benar-benar butuh perawatan dengan cara kenali ciri-ciri rambut kering lebih dulu.

Pertama, ujung rambut bercabang dan mudah rusak. Kedua, tampilan rambut menjadi kusut. Ketiga, rambut juga terlihat kusam membuatnya menjadi tidak berkilau. Keempat, rambut terasa kaku dan keras apabila diraba dengan telapak tangan. Terakhir adalah warna rambut berubah menjadi lebih terang, misalnya dari yang awalnya hitam menjadi berwarna coklat hingg kemerahan.

Conditioner untuk Rambut Kering dan Rusak

Nah, jika Anda memiliki keluhan-keluhan tersebut pada rambut, maka kini saatnya Anda mencari shampoo hingga conditioner untuk rambut kering dan rusak. Di sini kita akan membahas conditioner untuk rambut kering dan rusak yang mungkin bisa menjadi rekomendasi Anda.

Salah satunya produk conditioner yang mengandung Nutri-Keratin Repair Actives yang dapat menutrisi rambut dan membantu memperbaiki kerusakan di dalam rambut. Sehingga rambut tidak mudah kusut, terlihat sehat dan kuat, serta lebih mudah disisir.

Penyebab Rambut Kering dan Rusak

Anda juga harus mengetahui penyebab rambut kering dan rusak, hal ini karena untuk mencegah kerusakan datang kembali. Sehingga rambut tetap terawat luar dan dalam. Jadi, penyebabnya di antaranya karena:

1. Adanya Musim Hujan

Musim hujan membuat kulit kepala Anda menjadi lembab dan berpotensi mengundang bakteri penyebab ketombe. Air hujan yang mengenai rambut juga membuat rambut Anda menjadi lepek seharian. Ini bisa membuat rambut Anda menjadi kotor dan mengganggu kesehatan batang rambut. Jadi, pastikan Anda selalu sedia payung di musim penghujan ya.

2. Cuaca Panas

Cuaca panas bisa menyebabkan rambut Anda menjadi kering. Apalagi jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan tanpa perlindungan atau perawatan apapun, tak heran kalau rambut Anda menjadi rusak. Sebab, sinar matahari yang jika dimanfaatkan tidak sesuai porsinya alias berlebihan akan membuat Anda terpapar sinar UV terlalu banyak sehingga merusak keratin rambut. Padahal keratin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut Anda agar tetap berkilau.

Untuk menghindari kerusakan dan keringnya rambut saat cuaca panas, maka gunakan pelindung rambut atau penutup kepala. Sehingga sinar matahari tidak langsung menyengat rambut dan kulit kepala Anda.

3. Salah Pakai Produk Perawatan Rambut

Seringkali wanita coba-coba berbagai merk produk. Karena beberapa produk memang dirancang untuk mengatasi masalah tertentu pada rambut. Namun jangan sampai Anda memiliki kulit kepala kering, tapi memakai produk untuk kulit kepala berminyak ya. Hal ini bisa membuat rambutmu menjadi semakin kering dan rusak.

Jadi, mulai dari sekarang, baca terlebih dahulu label produk dan sesuaikan dengan masalah dan jenis rambut Anda sebelum memutuskan untuk membeli.

4. Treatment dan Pewarna Rambut

Hal yang wajar jika seorang wanita ingin memiliki tampilan rambut yang lurus dan sleek. Untuk mendapatkan style rambut yang demikian, tak jarang mereka rela merogoh kocek untuk mempercantik rambutnya dengan cara rebonding, smoothing, mewarnai rambut, bleaching, dan treatment lainnya.

Jika Anda tidak rajin melakukan perawatan ekstra setelahnya, akan berisiko membuat rambut lebih kering. Untuk itu, pilih produk yang mengandung keratin yang dalam melindungi rambut dan senantiasa menjaga kelembabannya.

5. Penggunaan Alat Styling yang Berlebihan

Mengeringkan rambut dengan hair dryer, catokan, curling iron, dan sebagainya memang lebih praktis dan hemat waktu. Namun jika penggunaannya sering dan berlebihan bisa membuat rambut cepat kering dan kusam. Oleh karenanya, gunakan heat protection spray setiap menggunakan alat styling rambut.

6. Kekurangan Protein

Kurang asupan protein ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan rambut, karena semua komponen rambut terdiri dari protein. Kekurangan protein bisa membuat rambut Anda jadi mudah patah, kusam, dan kering.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi protein yang cukup setiap harinya. Selain itu, seimbangkan juga dengan makanan yang mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin A, B, C, E, magnesium, selenium, dan zat besi.

7. Bilasan Keramas Kurang Bersih

Hati-hati ketika Anda berkeramas, selain memilih produk yang tepat untuk kondisi dan masalah rambut Anda, pastikan bilasan keraman bersih dan tidak menyisakan shampoo dan conditioner yang menempel pada kulit kepala dan helaian rambut.

Di samping itu, pijatlah bagian rambut hingga kulit kepala secara merata dengan 5 jari. Hindari menggosok kulit kepala dengan kasar karena bisa melukai kutikula rambut yang dapat membuat rambut menjadi kasar.

8. Hormon yang tidak Seimbang

Ketidakseimbangan hormon pada saat menstruasi, kehamilan, dan menopause dapat meningkatkan sensitivitas folikel rambut. Hal ini membuat minyak alami rambut tidak terdistribusi secara merata sehingga rambut menjadi kering.

9. Sering Keramas dengan Air Hangat

Meski terasa nyaman di kulit, keramas dengan air hangat ternyata bisa meluruhkan minyak alami rambut. Jika ingin keramas dengan air hangat, maka tentukan suhu yang sedikit lebih hangat dari suhu tubuh Anda.

10. Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Saat rambut masih basah, kondisi rambut lebih rapuh dan mudah rontok. Bahkan jika sering dilakukan bisa berpotensi meluruhkan kelembaban rambut.

Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan handuk microfiber agar air yang terkandung di rambut terserap maksimal. Setelah rambut mengering, gunakan vitamin rambut dan sisir rambut Anda menggunakan jari atau sisir bergigi jarang untuk mempermudah proses penyisiran.

11. Membiarkan Rambut Basah Saat di Luar Ruangan

Buat Anda yang sangat sibuk dan tidak punya waktu untuk mengeringkan rambut Anda sebelum beraktivitas di luar ruangan, sekarang saatnya Anda merubah kebiasaan itu.

Rambut yang masih basah apalagi diikat dengan tali rambut, berpotensi rusak, rontok, patah, dan kusut dengan sangat cepat. Apalagi jika rambut Anda yang masih basah itu terkena sinar UV yang terik, maka kondisi rambut Anda makin mudah rapuh.

Begitu halnya dengan musim hujan, rambut yang masih basah karena habis keramas jika dibiarkan terkena air hujan maka akan menjadi lepek, lembab, dan susah kering dengan cepat.

Demikian tips memilih shampoo dan conditioner untuk rambut kering dan rusak dan hal-hal yang menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak yang perlu Anda ketahui. Karena rambut yang sehat adalah investasi bagi tubuh Anda.

Oleh karenanya, luangkan waktu Anda untuk merawat rambut dengan baik dan benar. Misalnya bangun lebih pagi untuk memastikan rambut kering terlebih dahulu sebelum keluar rumah, atau dengan keramas di malam hari dan pastikan rambut benar-benar kering sebelum Anda tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *