7 Tips Sukses Berbisnis Kuliner di Luar Jawa
Bisnis

7 Tips Sukses Berbisnis Kuliner di Luar Jawa

Indonesia merupakan negara yang memiliki ragam budaya yang sangat kaya, mulai dari adat istiadat, bahasa daerah, hingga kuliner nusantara. Makanan khas daerah di seluruh Indonesia terkenal dengan anek olahan rempah-rempah yang sudah terkenal kelezatannya di seluruh dunia. Hal inilah membuat bisnis kuliner semakin menjanjikan. Tak terkecuali kuliner di luar Jawa. Akan tetapi, di kondisi pandemi seperti sekarang, wisata kuliner Indonesia menjadi sepi pengunjung luar provinsi. Oleh karenanya, sebagai pemilik bisnis, Anda perlu memikirkan tips sukses berbisnis kuliner di era pandemi seperti sekarang ini.

Baca Juga: 3 Provinsi Luar Jawa yang Potensial untuk Berbisnis Kuliner Online

Berikut beberapa tips sukses berbisnis kuliner yang perlu Anda praktikkan di tengah wabah pandemi Covid-19. Tips ini bisa digunakan untuk bisnis kuliner apapun yang domisilinya di luar pulau Jawa loh! Yuk simak tipsnya sampai tuntas.

1. Mempertahankan Ciri Khas Kuliner Daerah

Bagi Anda yang saat ini sedang mengembangkan bisnis kuliner atau baru mulai membuka usaha makanan di luar Jawa, maka harus mempertahankan ciri khas makanan yang Anda jual. Ciri khas ini bisa ditunjukkan melalui rasa, tampilan, desain, hingga kemasan makanan. Dengan ciri khas tersebut membuat makanan menjadi menarik karena konsumen penasaran dengan produk yang Anda tawarkan.

Tak hanya dari rasa makanan dan segi desain saja, Anda bisa menciptakan suasana restoran yang sangat kental dengan budaya daerah. Misalnya untuk restoran di Kota Makassar, Anda bisa menambahkan musik tradisional khas daerah tersebut, serta ornamen-ornamen yang berhubungan dengan budaya suku Bugis.

2. Menciptakan Ide Kreatif dan Inovatif

Tips sukses berbisnis kuliner di luar Jawa tak lepas dari strategi dalam menciptakan ide kreatif dan inovatif. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk menarik perhatian pelanggan, dan lebih mudah dikenal banyak orang.

Ide kreatif ini bisa Anda terapan pada desain restoran, menu masakan yang dijual, cara menghidangkan makanan, hingga desain toko online kalau Anda memasarkan produk Anda ke luar daerah. Dengan jangkauan meliputi dalam satu provinsi hingga ke luar Jawa.

Misalnya untuk bisnis ikan gurame, coba goreng ikan dengan cara dibelah terlebih dahulu setiap sisinya, kemudian ditambah bumbu dan tepung. Dengan begitu, setelah digoreng, ikan gurame seperti memiliki sayap terbang. Rasanya pun pasti gurih dan renyah. Apalagi jika menggunakan rempah-rempah tradisional dengan kualitas bagus. Selain itu, jenis sambal yang bervariasi juga bisa menjadi ide bisnis kuliner yang patut dicoba.

Baca Juga: Kiat Sukses Berbisnis Kuliner Kekinian yang Patut Ditiru

3. Meminta Testimoni dan Masukan dari Pelanggan

Tantangan dalam mendirikan bisnis makanan khas daerah adalah bagaimana mendapatkan rasa yang sesuai dengan daerah asalnya. Oleh karenanya, jangan sungkan untuk meminta masukan dan testimoni konsumen yang mengunjungi restoran atau membeli produk kuliner melalui online, mulai dari rasa (sudah pas atau belum), penampilan (sudah sesuai atau belum), hingga kemasan (sudah cocok dengan jenis menu makanan atau belum), dan hal lainnya.

Dari masukan dan testimoni konsumen, Anda pun dapat melakukan pengembangan cita rasa, penampilan, hingga kemasan dari kuliner tersebut. Bahkan tak ada salahnya juga jika Anda memadukan menu-menu kuliner asli daerah dengan kreativitas baru, namun tidak merubah ciri khasnya.

4. Selalu Menjaga Kebersihan

Sesuatu yang kita masukkan ke dalam sistem pencernaan harus dalam keadaan bersih. Sehingga tidak hanya menyehatkan, tapi juga membuat makanan dapat bertahan lebih lama tanpa bahan pengawet. Itulah mengapa, Anda perlu menjaga kebersihan bahan makanan, peralatan masak dan makan, dapur, kemasan, hingga restoran tempat menjual makanan tersebut.

Pasalnya, kebersihan menjadi tolak ukur yang akan menentukan kesuksesan bisnis kuliner Anda. Hal ini juga akan membuat pelanggan Anda merasa nyaman untuk makan di restoran atau order makanan lewat marketplace.

5. Mempromosikan Makanan Baik secara Offline maupun Online

Tips sukses berbisnis kuliner ini sangat penting, apalagi untuk usaha di luar Jawa. Tujuannya tak lain untuk mengenalkan produk kuliner ke para target market bisnis Anda. Sehingga usaha kuliner lebih dikenal oleh khalayak ramai, dan banyak pengunjung atau wisatawan kuliner online yang memesan jajanan tersebut.

Mungkin mempromosikan makanan secara offline melalui toko, café, atau restoran adalah hal yang biasa. Selain itu, tentu Anda bisa melakukan cara lain dengan mempromosikan kuliner ke luar kota atau luar Jawa.

Bahkan Anda tak perlu pusing memikirkan untuk buka cabang di Jawa. Cukup gunakan PaxelMarket, Anda bisa dengan mudah membuka toko kuliner online untuk meningkatkan penjualan kuliner khas daerah. Dengan jasa pengiriman ini, membuat kirim makanan ke luar kota lebih aman karena terdapat layanan Jaminan Makanan Aman dan handling frozen.

Untuk coverage area Paxel di pulau Jawa meliputi Paxel Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Cimahi, Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Purwokerto, Yogyakarta, Magelang, Solo, Semarang, Ngawi, Sidoarjo, Jember, Madiun, Kediri, Surabaya, Malang, dan Banyuwangi. Sementara untuk jangkauan di luar Jawa, meliputi Paxel Denpasar, Makassar, dan Medan. Jangan khawatir, jasa antar jemput paket / makanan ini juga akan memperluas area jangkauannya ke kota-kota lainnya loh!

Baca Juga: Tips Memasarkan Produk Kuliner Online dari Luar Jawa

6. Memberikan Pelayanan yang Terbaik

Memberikan pelayanan yang terbaik juga merupakan salah satu tips sukses berbisnis kuliner di luar Jawa. Karena percuma saja, jika hidangan yang disajikan lezat tapi pelayanannya sangat buruk. Cepat atau lambat akan membuat restoran atau toko online sepi pengunjung.

Belum lagi jika ada konsumen yang memberikan testimoni yang buruk ke orang lain dari mulut ke mulut, tentunya membuat reputasi usaha makanan Anda semakin buruk. Untuk itu, jangan sepelekan konsumen yang datang dan layani mereka dengan ramah dan sopan. Sehingga pelanggan tidak merasa malas berkunjung ke toko kuliner Anda.

7. Bersaing dengan Sehat

Tips sukses berbisnis kuliner di luar Jawa yang terakhir adalah jangan merasa takut untuk bersaing secara sehat dengan pengusaha kuliner lainnya. Jika kualitas menu makanan dapat Anda jaga dengan baik, maka sangat kecil kemungkinannya Anda kehilangan pelanggan. Karena pelanggan lebih senang dengan kuliner khas daerah yang enak, menarik, bersih, dan otentik.

Ada baiknya juga kalau Anda melakukan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pebisnis kuliner lainnya, atau dengan platform situs belanja kuliner online seperti PaxelMarket. Hal ini akan membuat keberadaan usaha kuliner semakin kuat dan pelanggan bisa mendapatkan menu tradisional khas nusantara yang lebih beragam.

Demikian ketujuh tips sukses berbisnis kuliner di luar Jawa yang harus Anda perhatikan jika ingin usaha Anda tidak cepat gulung tikar. Diskusikan hal ini dengan baik ke para pegawai, keluarga, maupun kerabat terdekat Anda, sehingga membuat Anda semakin kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bisnis kuliner di luar pulau Jawa.

Nur Atinal Khusna
I'm passionate about a SEO copywriting and a data analyst. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *