6 Ide Bisnis Baru yang Menjanjikan untuk Pejuang Freelance
Bisnis

6 Ide Bisnis Baru yang Menjanjikan untuk Pejuang Freelance

Terkadang, gaji pokok dari perusahaan tempat kita bekerja full time kurang mencukupi kebutuhan hidup, atau tidak bisa membuat tabungan kita membesar dalam waktu yang singkat. Oleh karenanya, sebagian besar orang memilih untuk menjadi pekerja lepas (freelancer). Sehingga memiliki pemasukan tambahan setiap bulannya. Ada beberapa ide bisnis baru yang menjanjikan yang bisa dilakukan oleh pejuang freelance.

Ide bisnis baru ini bisa Anda lakukan dengan waktu yang fleksibel, dan bisa menyesuaikan waktu luang Anda, tentunya. Nah, apa saja ide bisnis yang menjanjikan tersebut? Yuk simak langsung pada ulasan singkat berikut ini!

1. Reseller Kuliner

Menjalankan bisnis freelance menjadi reseller kuliner merupakan salah satu pilihan yang tepat. Terlebih jika produk makanan yang Anda tawarkan sedang viral dan diminati banyak masyarakat. Pastinya laris manis dan memberikan banyak keuntungan.

Namun, selain memikirkan kuliner online apa yang sedang viral atau laris, Anda juga perlu menentukan jasa pengiriman makanan yang aman dan tepat untuk produk Anda. Jangan sampai produk Anda hancur, rusak, basi, atau remuk ketika sampai ke tangan konsumen. Oleh karenanya, pastikan jasa pengiriman tersebut memiliki Jaminan Makanan Aman, serta ada layanan mesin pendingin untuk pengiriman frozen food.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Berbisnis Kuliner di Luar Jawa

2. Reseller atau Agen Skincare

Ide bisnis baru yang kedua adalah menjadi reseller skincare. Bagi kalangan perempuan, skincare atau perawatan kulit masih menjadi sebuah kebutuhan utama di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, mereka ingin memiliki kulit yang tetap terawat meski di rumah saja.

Jika Anda menjelajah media sosial, ada banyak skincare lokal yang diminati oleh kaum remaja hingga orang tua. Dari situlah Anda bisa menyortir merk atau produk skincare apa saja yang memiliki peminat terbanyak. Setelah itu, sebagai reseller skincare, Anda pun bisa mempromosikan produk perawatan wajah dan kulit di media sosial atau website Anda.

Jika pelanggan Anda berada di luar kota, Anda bisa dengan mudah mengirim produk skincare menggunakan jasa pengiriman Paxel. Anda bisa lebih fleksibel menentukan estimasi waktu pengiriman dan metode pembayaran yang beragam hanya dengan 1 aplikasi Paxel.

3. Menjual Hasil Panen Tanaman Hidroponik

Bagi Anda yang hobi merawat tanaman, Anda bisa memanfaatkan skill berkebun Anda sebagai ide bisnis baru dengan cara menanam tanaman hidroponik. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, sebagian orang melepaskan penatnya untuk mengurus tanaman di tengah kegiatan yang semuanya harus dilakukan di rumah.

Nantinya, hasil panen dari tanaman hidroponik tersebut bisa Anda jual, mulai dari buah-buahan hingga sayur-sayuran. Anda bisa mempromosikan hasil tanaman hidroponik tersebut melalui berbagai media promosi menggunakan foto yang menarik, pastinya.

Untuk pengiriman barangnya, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman Paxel yang memberikan Jaminan Makanan Aman dan penanganan khusus frozen food. Jika Anda ingin mengirim barang dalam jumlah banyak (hingga 20 kg), Anda bisa menggunakan layanan PaxelBig.

Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan perlindungan asuransi paket sampai dengan Rp 10.000.000 dengan memasukkan layanan asuransi tambahan senilai Rp 500. Namun, sebelum melakukan pengiriman, pastikan Anda sudah melakukan pengemasan buah dan sayur dengan tepat, ya!

4. Jual Barang Second

Barang second yang kualitasnya masih bagus menjadi incaran para konsumen yang ingin mendapatkan harga yang lebih murah. Jadi, jika Anda memiliki banyak barang yang tidak terpakai, Anda bisa menjualnya kembali dengan harga lebih rendah dibanding harga aslinya.

Tidak hanya barang second milik Anda sendiri, Anda juga bisa menjualkan barang second milik saudara, sahabat, teman, partner kerja, atau orang lain. Dari hasil penjualan tersebut, tentu Anda akan mendapatkan komisi dari setiap barang yang terjual. Anda bisa mencari pelanggan sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya dengan mempromosikan barang second ini di marketplace atau di media sosial.

Baca Juga: Layanan Sewa Gudang Terbaik untuk Segala Skala Bisnis

5. Konsultan

Skill apa yang saat ini Anda miliki? Jika Anda adalah seorang profesional di bidang tersebut, Anda bisa memanfaatkan ilmu dan kemampuan Anda untuk menjadi seorang konsultan. Ide bisnis baru untuk pejuang freelance ini sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki modal yang besar untuk membuka usaha. Contoh bisnis konsultan ini di antaranya adalah konsultan keuangan, konsultan bisnis online, konsultan SEO (Search Engine Optimization), konsultan pajak, dan lain sebagainya.

6. Konten Mikroblog Sosial Media

Bisnis konten microblog sosial media sangatlah luas, dan skill-nya juga bermacam-macam. Misalnya, untuk Anda yang memiliki skill memasak, Anda bisa membuat konten Youtube atau Instagram tentang memasak. Untuk Anda yang memiliki skill programming, Anda bisa membagikan ilmu Anda melalui video Youtube atau menjadi pemateri webinar.

Jika Anda memiliki skill menulis, Anda bisa menawarkan tulisan Anda kepada website milik orang lain. Di samping skillskill tersebut, masih banyak kemampuan lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai ide bisnis freelance. Penghasilan dari bisnis ini pun cukup banyak, mulai dari iklan, afiliasi, atau pengguna jasa itu sendiri.

Baca Juga: 6 Jenis Software Unggulan yang Dibutuhkan untuk Mengembangkan Bisnis Perusahaan

Demikian enam ide bisnis baru yang menjanjikan untuk para pejuang freelance. Anda bisa menentukan bisnis mana saja yang bisa Anda jalankan sesuai dengan minat dan bakat Anda. Sehingga ke depannya, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan bisnis bisa makin berkembang pesat.

Nur Atinal Khusna
I'm passionate about a SEO copywriting and a data analyst. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *