Intip 5+ Jenis Jam Tangan Terbaik Berdasarkan Mekanisme, Fitur, dan Fungsinya
Gaya Hidup

Intip 5+ Jenis Jam Tangan Terbaik Berdasarkan Mekanisme, Fitur, dan Fungsinya

Anda hobi mengoleksi jam tangan? Atau ingin punya satu jenis jam tangan terbaik untuk menemani Anda beraktivitas penting di luar rumah? Hmmm, jika Anda sudah punya satu jenis jam tangan, bukan berarti Anda tidak boleh memiliki jenis lainnya. Karena ada banyak jenis jam tangan terbaik yang dapat Anda miliki.

Bahkan di sini, KibarKabar.com akan merekomendasikan kepada Anda 5+ jenis jam tangan terbaik berdasarkan mekanisme, fitur, dan fungsinya. Yuk, intip satu per satu!

1. Jam Tangan Analog

Jam tangan analog mempunyai fitur tampilan clock face berbentuk angka 1-12. Di samping itu, ada tiga jarum-jarum menit, dan jarum detik sebagai penunjuk waktu. Jam tangan analog ini ada yang memakai angka biasa dan ada juga angka romawi.

Adapun fitur tambahan lainnya berupa penunjuk kedua waktu, stopwatch, dan kalender.Jam tangan jenis ini termasuk yang paling banyak digunakan karena tampilannya yang klasik dan elegan.

2. Jam Tangan Digital

Jam tangan digital memiliki tampilan waktu melalui teks angka dalam sebuah LCD. Jadi, tampilan jam, menit, dan detiknya berupa tampilan digital.

Umumnya, jenis jam tangan terbaik ini lebih banyak fitur tambahan yang tidak ada pada jam tangan analog. Seperti alarm, kalkulator, lampu, dan GPS. Makin lengkap fiturnya, maka makin tinggi harga jual sebuah jam tangan digital.

Baca Juga: 8 Model T-Shirt Staple di Atas 400rb untuk Pria

3. Jam Tangan Quartz

Pernahkah Anda melihat tulisan “quartz” di sebuah jam tangan? Ternyata tulisan ini mengacu pada teknologi yang digunakan pada jam tangan tersebut, yakni menggunakan mesin berbasis elektronik yang memerlukan energi listrik (baterai).

Mekanisme kerja jam tangan quartz yakni arus listrik dari baterai membuat kristal kuarsa bergetar sehingga menggerakkan motor penggerak dan membuat jarum penunjuk jam berputar. Kristal kuarsa ini merupakan jenis material yang terletak pada mesin jam.

4. Jam Tangan Mekanik

Keunikan dari jenis jam tangan ini adalah sama sekali tidak punya komponen elektronik di dalamnya. Semua penggerak mesin jamnya menggunakan daya dari pergerakan mekanis.

Cara kerja jam tangan mekanis didorong oleh sebuah pegas atau mainspring yang diputar secara berkala. Putaran inilah yang membuat pegas menjadi kencang dan setelahnya akan mengendur. Kendornya mainspring akan melepaskan gaya yang menggerakkan roda gerigi yang saling berhubungan. Roda gerigi ini lah yang kemudian membuat jarum jam bergerak.

Baca Juga: Toko Perhiasan Emas Online Terpercaya dan Terlengkap

5. Jam Tangan Otomatis

Sesuai dengan namanya, jam tangan ini mengisi daya secara otomatis lewat putaran rotor. Rotor akan berputar jika jam tangan digoyangkan. Putaran rotor akan membuat mainspring menjadi kencang. Mainspring ini kemudian akan mengendur dalam periode tertentu tergantung kemampuannya menyimpan energi.

6. Smartwatch

Smartwatch merupakan salah satu jenis jam tangan terbaik yang terbuat dari device populer saat ini. Tak hanya berfungsi menunjukkan waktu saja, tapi juga dilengkapi dengan fitur touch screen, dan bisa dihubungkan ke smartphone untuk keperluan text messaging, kelander, musik, dan health monitor di jam tangan Anda.

Harga dari smartwatch bergantung pada desainnya, ada yang sederhana hingga kompleks. Mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan smartwatch pilihan Anda dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Harga Jam Tangan Rolex Mahal

Nah, itu dia keenam jenis jam tangan terbaik berdasarkan mekanisme, fitur, dan fungsinya. Dari keenam jenis jam tangan di atas, ada lagi loh jenis-jenis jam tangan terbaik lainnya yang bisa Anda kepoin di sini!

Nur Atinal Khusna
I'm passionate about a SEO copywriting and a data analyst. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *