Apa Itu Diabetes Mellitus? Waspadalah Penderitanya yang Tak Hanya Orang Dewasa dan Lansia
Kesehatan

Apa Itu Diabetes Mellitus? Waspadalah Penderitanya yang Tak Hanya Orang Dewasa dan Lansia

Mungkin Anda sering mendengar penyakit diabetes mellitus, baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitar Anda. Apa itu penyakit diabetes mellitus? Diabetes mellitus atau yang biasa kita sebut sebagai kencing manis / penyakit gula adalah penyakit di mana kadar gula darah cukup tinggi disebabkan tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin sehingga gula di dalam darah tidak dapat dimetabolisme.

Bagaimana cara mengetahui bahwa seseorang menderita diabetes mellitus? Caranya dengan melakukan tes gula darah. Biasanya dokter akan merekomendasikan pasien untuk menjalani tes gula darah pada waktu dan dengan metode tertentu. Ini adalah pemeriksaan yang mutlak untuk mendiagnosis diabetes tipe 1 atau tipe 2. Hasil pengukuran gula darah ini nantinya yang akan menunjukkan apakah seseorang terserang diabetes atau tidak.

Apa Itu Penyebab Diabetes Mellitus?

Ada 2 tipe diabetes mellitus, yakni tipe-1 dan tipe-2. Diabetes melitus tipe-1 terjadi karena penyakit autoimun yang menyebabkan pankreas tidak dapat memproduksi insulin, penyebab lainnya bisa dari faktor genetik dan lingkungan.

Sedangkan, diabetes melitus tipe-2 muncul sebagai efek dari pola makan tidak sehat karena tidak bisa mengontrol asupan gula yang masuk dalam tubuh. Selain pola makan, faktor usia, berat badan, genetik, dan gaya hidup juga berperan dalam penyebab diabetes tipe-2.

Nur Atinal Khusna
I'm passionate about a SEO copywriting and a data analyst. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *