Anies Baswedan: Ikhtiar untuk Indonesia Lebih Baik akan Dibukakan Jalan menuju Keberhasilan
Politik

Anies Baswedan: Ikhtiar untuk Indonesia Lebih Baik akan Dibukakan Jalan menuju Keberhasilan

Dalam acara Temu Media Koalisi Perubahan, pada Selasa (30/5/2023), Anies Baswedan (ABW) menyampaikan tentang aspirasi dan kekhawatiran masyarakat terkait Pemilu 2024 yang mungkin tidak netral dan fair.

Dirinya, dan seluruh masyarakat Indonesia tentunya berharap hal itu tidak terjadi, dan Pemilu 2024 tetap berjalan sesuai prinsip demokrasi, jujur, dan adil. ABW yakin semua pihak punya hak yang sama untuk mencalonkan dan berkampanye.

Poin utama yang ABW sampaikan pada konferensi pers ini di antaranya yakni:

1. Merespon pemberitaan yang mengungkapkan bahwa presiden akan bersikap tidak netral dan cawe-cawe

Munculnya pemberitaan adanya pernyataan bahwa presiden mengambil sikap tidak netral dan cawe-cawe menyebabkan banyak sekali ketakutan dan kekhawatiran dari masyarakat, mulai dari:

  • Khawatir akan penjegalan dan kriminalitas
  • Kekhawatiran tentang tidak netralnya penyelenggaraan pemilu
  • Khawatir terhadap caleg-caleg, partai-partai, hingga calon-calon presiden yang mungkin dapat perlakuan tidak fair
  • Potensi terjadinya kecurangan

Munculnya kekhawatiran-kekhawatiran tersebut membuat ABW berharap bahwa semuanya tidak benar, dan pemilu tetap berjalan seperti semula. Karena setiap capres atau caleg memiliki hak yang sama untuk berkampanye dan mendapat perlakukan yang sama. Dengan begitu, penyelenggara juga diharapkan bisa melakukan pemilu dengan fair, baik dan netral.

Baca Juga: Asas Partai Politik di Indonesia

2. Mengajak masyarakat untuk sama-sama menyambut pesta demokrasi yang jujur, adil, dan sesuai prinsip demokrasi di Indonesia

Ajakan ini bertujuan untuk memastikan masa depan bangsa Indonesia setahap demi setahap semakin membaik. Dengan demikian koalisi perubahan untuk persatuan tetap solid dan fokus pada agenda dasar, membereskan soal kemiskinan, membereskan soal ketimpangan, menghadirkan keadilan, memastikan bahwa ada kesetaraan kesempatan, serta dapat menyiapkan lapangan kerja yang lebih luas di semua tempat.

Dengan terus fokus di tema-tema tersebut, BW yakin pemilu yang akan kita selenggarakan menjadi tempat untuk kontestasi gagasan, rekam jejak, dan program.

3. Menjaga sikap optimis dan soliditas untuk perjalanan ke depan

Dengan sikap optimis dan soliditas ini, ABW mengajak kepada seluruh kader-kader partai dan relawan untuk terus bekerja dengan meningkatkan semangat. Yakin bahwa ikhtiar kita untuk kebaikan masyarakat, untuk Indonesia lebih baik ini akan dibukakan jalan-jalan menuju keberhasilan. Optimisme dijaga, semangat dijaga, soliditas dijaga!” tutup Anies Baswedan.

Baca Juga: Anies Baswedan Sampaikan tentang Kebangsaan: Jalani Tirakat hingga Amanat Reformasi

Nur Atinal Khusna
I'm passionate about a SEO copywriting and a data analyst. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *