Keuntungan Magang di BRI: Dapat Pengalaman Magang di Bank dan Uang Saku
Gaya Hidup

Keuntungan Magang di BRI: Dapat Pengalaman Magang di Bank dan Uang Saku

Anda mahasiswa tingkat akhir yang ingin mencari pengalaman magang di bank? Namun masih bingung di mana Anda bisa menemukan lowongan magang di bank, dan apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk proses seleksi? Mendapatkan pengalaman magang di bank tentunya menjadi sesuatu yang berharga. Hal ini bisa menjadi jembatan untuk naik ke level selanjutnya untuk lebih siap bekerja di bank atau perusahaan yang berhubungan.

Kabar baiknya, saat ini, BRI TECH atau lebih dikenal dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) tengah berupaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia melalui Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

Program ini telah berlangsung sejak 2018. Dengan tujuan untuk menciptakan generasi yang unggul, berkompetensi tinggi, dan berdaya saing global. Terhitung sudah ada 440 peserta magang yang menyelesaikan PPMB di BRI dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

Baca Juga: 4 Keunggulan dari Aplikasi BRImo yang Wajib Diketahui Nasabah BRI

Syarat dan Ketentuan untuk menjadi Calon Peserta PMMB

Untuk mendaftar sebagai calon peserta PMMB, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi, di antaranya:

  1. Berstatus sebagai mahasiswa D2 hingga S2.
  2. Memiliki IPK minimal 2,75.
  3. Wajib berstatus sehat jasmani dan rohani.
  4. Bersedia magang selama minimal 6 bulan.
  5. Minimal sudah belajar di semester 5 untuk mahasiswa S1 dan D3.
  6. Mahasiswa semester akhir lebih diutamakan untuk menjadi peserta PMMB.

Adapun persyaratan-persyaratan khusus yang harus dimiliki para calon peserta PMMB yakni lulus seleksi perguruan tinggi, mendapat rekomendasi dari perguruan tinggi, dapat menandatangani pakta integritas yang diperoleh dari perguruan tinggi, melampirkan transkrip nilai, CV, dan SKCK yang dikeluarkan perguruan tinggi.

Jika persyaratan yang Anda masukkan sudah diterima oleh BRI, maka BRI akan melakukan seleksi. Jika sudah selesai, peserta wajib melakukan swab test sebelum resmi menjalani magang.

Baca Juga: Berikut Cara Aman Menggunakan Aplikasi BRImo

Keuntungan Magang di BRI: Mulai dari Mendapatkan Pengalaman Magang di Bank hingga Uang Saku

Dalam menjalani magang di perusahaan perbankan, pastinya Anda akan mendapatkan pengalaman magang di bank tersebut. Di samping itu, di BRI TECH, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan lain seperti asuransi AMKKM BRI, sertifikat PMMB BUMN, hingga mendapatkan uang saku bulanan. Bahkan, Anda juga berkesempatan menjadi Best Talent BRI dengan mengikuti seleksi masuk karyawan BRI.

Menurut Faiz Rafii Aditya Wibawa, eks pemagang di Divisi Compliance BRI yang membantu pengelolaan aturan dan undang-undang kepatuhan perusahaan. Setelah menjalani program magang wajib selama 1 bulan yang linier dengan jurusan kuliahnya (Ilmu Hukum), Faiz mengambil program magang lagi di Divisi Digital Banking Development (DDB) BRI sebagai UI/UX Designer Intern.

Divisi kedua memang menyimpang dari jurusannya. Namun Faiz merasa memiliki passion di bidang desain sejak SMP. Hingga pada akhirnya ia merasa lebih cocok di divisi kedua.

Selama magang berlangsung, Faiz mendapatkan beberapa keuntungan. Dilansir dari digital.bri.co.id, Faiz menjelaskan bahwa ia mendapatkan kolega yang terbuka, apresiatif, rendah hati, dan selalu memberikan bantuan.

Selain itu, para karyawan dan atasannya sering membagikan insight mengenai bagaimana dunia profesional bekerja. Faiz juga bisa meningkatkan soft skill-nya di dunia kerja, hingga relasi baik dari sesama rekan magang dan karyawan BRI. Faiz meyakini, dengan berbekal pengalaman magang di bank dapat menjadi langkah awal menuju karir profesional.

Di samping beberapa keuntungan yang dijelaskan Faiz di atas, ia juga memberikan tips agar bisa magang di BRI yang bisa Anda cek di link ini. Dalam menjalani program magang, Faiz tak perlu lupa akan prinsipnya, yakni tetaplah bersikap baik, karena hal baik akan kembali saat Anda melakukannya dengan setulus hati.

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Internet Banking

Nur Atinal Khusna
I'm passionate about a SEO copywriting and a data analyst. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *